Houthi Klaim Sukses Luncurkan Drone ke Tel Aviv, Capai Target hingga Israel Tak Mampu Menghadapinya

TRIBUNNEWS.COM – Kelompok Houthi Yaman mengatakan mereka ‘mencapai tujuannya’ dalam serangan pesawat tak berawak di Tel Aviv, Israel.

Sementara itu, belum ada konfirmasi mengenai serangan Houthi dari otoritas Israel.

Namun militer Israel mengatakan pihaknya mencegat “target mencurigakan” di pantai tengah Israel, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

“Operasi tersebut berhasil mencapai tujuannya karena drone mencapai sasaran, tetapi musuh tidak dapat menghadang atau menembak mereka,” kata juru bicara militer Houthi Yahya Shari, Kamis (3/10/2024), dilansir Al Jazeera.

“Serangan tersebut merupakan kelanjutan dari kemenangan atas ketidakadilan yang dialami rakyat Palestina dan Lebanon,” tambahnya. Rudal jelajah Houthi di Israel

Pada Rabu (10/2/2024), Houthi mengatakan mereka menembakkan rudal jelajah ke Israel, menyusul pemboman besar-besaran Iran di negara itu pada malam sebelumnya, menurut Arab News.

Pekan lalu, kelompok Houthi mengatakan mereka menembakkan rudal ke Bandara Internasional Ben Gurion dekat Tel Aviv, memicu serangan udara Israel di Yaman, termasuk pelabuhan Hodeidah.

Kelompok Houthi, yang telah menguasai sebagian besar Yaman selama beberapa dekade, adalah bagian dari “Poros Perlawanan” Iran terhadap Israel dan Amerika Serikat.

Sejak November 2023, mereka telah menyerang kapal-kapal di lepas pantai Yaman di Laut Merah dan Teluk Aden, sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina selama konflik Israel-Hamas di Gaza.

Sebelumnya, Houthi mengancam akan “mengintensifkan aksi militer” terhadap Israel pada Senin (30/9/2024) setelah Israel diduga menembak jatuh drone militer AS di Yaman.

AP News melaporkan bahwa serangan Houthi di masa lalu menargetkan kapal-kapal di sepanjang jalur air untuk mencegatnya.

Drone digunakan oleh Houthi.

Kapal itu menuju ke utara menuju Terusan Suez dengan pengawal pribadi bersenjata di dalamnya, kata perusahaan keamanan swasta Ambrey.

Serangan rudal lainnya menargetkan kapal terpisah yang juga menuju utara ke Terusan Suez dengan personel keamanan bersenjata, kata Ambrey.

Pusat Operasi Perdagangan Maritim Inggris telah mengidentifikasi kapal tersebut sebagai Minoan Courage berbendera Liberia.

Kelompok Houthi telah menargetkan lebih dari 80 kapal dagang dengan rudal dan drone sejak dimulainya perang Gaza pada Oktober 2023.

Mereka mengambil satu kapal dan menenggelamkan dua kapal dalam aksi yang juga menewaskan empat pelaut.

Rudal dan drone lainnya dicegat oleh koalisi pimpinan AS di Laut Merah atau meleset dari sasarannya, termasuk kapal perang Barat.

Para pemberontak mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel, Amerika Serikat atau Inggris untuk memaksa Israel menghentikan operasi melawan Hamas di Gaza. Ilustrasi – Tentara Yaman dikaitkan dengan gerakan Houthi Ansarallah di Sana’a. (MNA/screenshot) Update konflik Israel-Hamas

Setidaknya enam orang tewas dan delapan luka-luka dalam serangan udara Israel yang menargetkan pusat kota Beirut semalam.

46 orang tewas dan 85 orang terluka dalam serangan Israel di Lebanon dalam 24 jam terakhir, Kementerian Kesehatan Lebanon mengumumkan.

Pejuang Hizbullah dan tentara Israel bertempur di Lebanon selatan, dan Israel telah mengkonfirmasi bahwa delapan tentaranya telah tewas sejauh ini dalam pertempuran jarak dekat.

Israel telah meningkatkan serangannya di Gaza, menewaskan puluhan orang dalam serangan terpisah terhadap tempat penampungan dan sekolah, termasuk panti asuhan.

Militer Israel telah memperingatkan warga sipil Lebanon yang diperintahkan untuk mengevakuasi puluhan desa di Lebanon selatan untuk pergi “sampai pemberitahuan lebih lanjut”.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut larangan perjalanan Israel terhadap Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sebagai “serangan lain” terhadap stafnya yang dilakukan pemerintah Israel.

PBB berencana meluncurkan vaksinasi polio putaran kedua di Gaza akhir bulan ini untuk sekitar 640.000 anak-anak Palestina.

Hizbullah mengatakan pihaknya menembakkan rudal udara ke udara ke helikopter serang Israel yang terbang di atas Israel utara, memaksa pesawat militer tersebut mundur.

Gambar satelit yang diperoleh The Associated Press menunjukkan kerusakan pada sebuah bangunan di pangkalan militer Nevatim Israel – rumah bagi jet tempur siluman F-35 Lightning II – menyusul serangan rudal Iran ke Israel awal pekan ini.

Seorang warga Amerika yang tinggal di kota Dearborn di negara bagian Michigan tewas dalam serangan Israel di Lebanon, Reuters melaporkan.

Delapan tentara Israel tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam pertempuran dengan pasukan Hizbullah di Israel selatan, Al Jazeera melaporkan.

Di Gaza, 41.689 orang tewas dan 96.625 orang terluka akibat serangan Israel sejak Oktober 2023.

Di Israel, 1.139 orang tewas dalam serangan Hamas pada 7 Oktober dan lebih dari 200 orang dipenjarakan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lainnya terkait konflik Palestina vs Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *