Menperin Klaim Making Indonesia 4.0 Berhasil Pacu Kinerja Sektor Manufaktur

Laporan reporter Tribunnews.com Lita Febriani 

 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta – Laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II-2024 mencapai 5,05%, lebih tinggi dibandingkan banyak negara anggota G20, termasuk China, Rusia, dan Brasil.

Industri nonmigas menjadi penyumbang PDB terbesar sebesar 16,70%, dengan pertumbuhan sektor sebesar 4,63%. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kinerja sektor manufaktur tidak lepas dari strategi yang diterapkan pemerintah.

“Kinerja sektor manufaktur yang sangat baik juga didorong oleh percepatan implementasi rencana penciptaan Indonesia 4.0.”

“Ini merupakan strategi kunci bagi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 ekonomi teratas dunia pada tahun 2030,” kata Agus pada acara Penguatan Industri melalui Optimalisasi Teknologi, Penghargaan Pelopor Teknologi Industri dan INDI 4.0 Awards 2024 yang diselenggarakan pada Selasa (1/10) di Jakarta . . / 2024).

Pencapaian industri tersebut tidak lepas dari strategi transformasi menuju Industri 4.0 yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 melalui program Making Indonesia 4.0.

Menteri Perdagangan, Perindustrian, dan Energi mengapresiasi laporan survei 76 industri yang menyandang predikat INDI 4.0 Champion. Hal ini karena kami telah mencapai hasil positif dalam upaya penerapan Transformasi Industri 4.0.

Industri-industri utama ini memenuhi kriteria transformasional, termasuk pengurangan konsumsi energi sebesar 4-40%, peningkatan produktivitas sebesar 5-22%, dan pengurangan biaya produksi sebesar 3-78%.

“Kami sangat gembira bahwa ada 24 industri lagi yang bergabung dalam INDI 4.0 Champions, sehingga total kami menjadi 100 Industri INDI 4.0 Champion.”

“Kami berharap bisa menambah sedikitnya 50 perusahaan industri pada tahun depan, namun kami tetap menerapkan standar yang ketat,” kata Mendag Perindustrian dan Energi. 

Mendag, Perindustrian, dan Energi menghimbau kepada industri-industri yang tergabung dalam INDI 4.0 Juara untuk terus melanjutkan transformasi berkelanjutan menuju Industri 4.0 agar semakin banyak anggota yang dapat menjadi mercusuar model Industri 4.0 di tingkat nasional dan global di masa depan. Jaringan Mercusuar Global – Forum Ekonomi Dunia (WEF).

“Mari kita jadikan peringatan enam tahun program Making Indonesia 4.0 sebagai peluang untuk mengakselerasi pencapaian transformasi sektor manufaktur kita,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *