Toyota Kartrid Hidrogen, Solusi Baterai Masa Depan Mobil Ramah Lingkungan 

 

Laporan reporter Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM – Penggunaan kendaraan listrik yang melambat membuat Toyota terus mengembangkan inovasi baru. Banyak teknologi terkini yang akan dipamerkan di Bizweek 2024 Japan Mobility Show.

Yang paling menonjol adalah langkah Toyota yang memperkenalkan mobil hidrogen portabel di Jepang untuk pertama kalinya. 

Produsen mobil mampu mengurangi ukuran dan berat tangki hidrogen untuk membuat berkendara lebih mudah. Hal ini bertujuan menjadikan hidrogen sebagai sumber energi yang umum dan aman serta dapat digunakan dalam berbagai situasi sehari-hari.

Menurut Carscoop, kartrid hidrogen Toyota memiliki beberapa kegunaan, seperti memberi daya pada sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik atau untuk memasak dengan membakar gas hidrogen.

Untuk memasak pribadi, Toyota bekerja sama dengan Rinnai Corporation untuk mengembangkan kompor bertenaga hidrogen. Menariknya, Toyota mengklaim kartrid hidrogennya bisa digunakan seperti baterai AA raksasa.

Perusahaan juga mempertimbangkan tabung hidrogen portabel sebagai cara untuk memberi daya pada gedung dan pangkalan di daerah terpencil.

Selain cartridge, Toyota akan menampilkan mobil balap GR Corolla yang menggunakan hidrogen. Sejak tahun 2023, mobil tersebut telah berkompetisi di ajang balap ketahanan.

Terakhir, pabrikan akan menunjukkan sistem penyimpanan energi lengkap yang menggunakan baterai, yang diambil dari mobil listrik yang sudah tidak terpakai.

Toyota mengatakan berbagai jenis baterai bekas dapat didaur ulang dengan tingkat yang berbeda-beda untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan energi sisa setiap baterai.

Baterai akan berkontribusi pada pasokan listrik yang stabil dan penyebaran energi terbarukan melalui sistem energi surya, angin, dan energi terbarukan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *