3 Agenda Pokok Rakernas V PDIP: Sikap Politik PDIP, Program Kerakyatan, Pemenangan Pilkada 2024

TRIBUNNEWS.COM – Mulai hari ini, Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024), PDIP akan menggelar Rapat Bisnis Nasional (Rakernas) ke-5 di Beach City International Stadium Ankol, Jakarta Utara.

Ketua Dewan Pengarah (SC) Rakernas Dajarot Saiful Hidiat pun membeberkan tiga agenda utama Rakernas V PDIP.

“Isi Rakernas ke-5 PDIP akan membahas permasalahan terkait 3 tema besar,” kata Degerot seperti dilansir WartakotaLive.com, Jumat (24/5/2024).

Isu utama yang pertama adalah sikap politik PDF baik internal maupun eksternal terhadap PDF.

Kedua, rapat kerja nasional PDIP V akan membahas rumusan rencana rakyat.

Ketiga, PDIP akan membahas strategi untuk memenangkan Pilkada berikutnya pada tahun 2024.

Menurut Dejarot, ketiga topik utama tersebut akan dibahas dengan membaginya menjadi beberapa kelompok.

Dalam masing-masing kelompok tersebut akan terdapat subkelompok tersendiri yang akan membahas permasalahan secara komprehensif.

Khusus untuk strategi memenangkan Pilkada 2024 akan dibagi menjadi 3 subkelompok.

Menurut Degerot, para pengurus DPC dan DPD yang tingkat suaranya lebih dari 20% akan mengikuti subkelompok pertama.

Artinya, di Grup 1 ada presiden, sekretaris, dan bendahara partai yang bisa mencalonkan calonnya sendiri, tapi kami akan terus bekerja sama dengan partai politik lain, kata Degerot.

Selanjutnya, subkelompok 2 terdiri dari partai DPC dan DPD yang memperoleh antara 10 hingga 20% kursi. Sedangkan DPC dan DPD kurang dari 10% akan masuk dalam subkelompok 3.

Jadi, sebelum masuk rapat komite, rapat kerja nasional kelima akan mendengarkan pandangan umum seluruh DPD.

Pandangan keseluruhan ini terkait dengan keadaan pembentukan dan evaluasi pelaksanaan Pemilu 2024, serta arah politik dan usulan program DPD DPD se-Indonesia, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Lebih lanjut Jarot menegaskan, PDIP merupakan partai yang tegas menerapkan ideologi Pancasila yang bersumber dari pemikiran dan ajaran Bong Karno.

PDIP tetap menggunakan sistem demokrasi terpimpin dengan mendengarkan seluruh pandangan DPD partai.

“Dari situlah keputusan-keputusan akan dibahas di komite-komite dan sub-komite. Di hari terakhir akan dibacakan rekomendasi dari pihak internal dan eksternal. Semua keputusan dalam rapat kerja nasional diambil berdasarkan prinsip musyawarah dan mufakat. . Degerot menambahkan.

Perlu diketahui Rakernas kali ini mengangkat tema “Satyam Ava Jayata: Kebenaran Akan Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kenyataan”.

Sebanyak 4.858 peserta terdiri dari pengurus DPP partai, ketua, sekretaris, bendahara partai DPD dan DPC, anggota DPR RI, badan dan bagian partai, presiden, sekretaris, bendahara DPLN 16 negara bagian, anggota kabupaten, DPRD Polda Kota, ketua daerah dan Wakil Ketua PDIP, serta calon anggota DPR RI non petahana terpilih pada Pemilu 2024, hadir langsung dalam pembukaan rapat kerja nasional partai V. Jokowi di Yogyakarta tidak menghadiri rakernas PDIP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hadir pada Rakernas ke-5 PDIP.

Deputi Protokol, Pers dan Komunikasi Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana mengatakan Presiden Jokowi sedang melakukan kegiatan dalam negeri di Yogyakarta.

“Kegiatan internal di Istana Joja,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi enggan berkomentar terkait tak diundangnya Rakernas V PDIP yang digelar di Beach City International, Ankol, Jakarta pada 24-26 Mei 2024.

Menurut Presiden, persoalan tersebut sebaiknya dilimpahkan ke PDIP.

“Tanya pengundangnya, bukan saya,” kata Jokowi usai meninjau lokasi pengungsian Batu Taba, Kabupaten Danau, Sumatera Barat, Selasa (21/5/2024).

Tak diundangnya Jokowi diungkapkan Ketua Pengarah (SC) Rakernas Buruh V PDIP, Djarot Syaiful Hidayat.

Ia mengatakan, tidak diundangnya Jokowi-Maruf karena kesibukan.

“Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa? Karena beliau sendiri sangat sibuk dan sibuk,” kata Degerot di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2021) lalu. ) 2024).

Degerot mengatakan, rapat kerja nasional PDIP V hanya dihadiri kader dan anggota partai yang dipimpin Megawati Sukarnopotri.

Jadi internal PDIP saja, pesertanya internal PDIP, kata Degerot.

Artikel ini sebagian telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Agenda Rakernas ke-5 PDIP Akan Menentukan Sikap Politik dan Memenangkan Pilkada 2024.

(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani/Taufik Ismail) (WartakotaLive.com/Alfian Firmansyah)

Baca berita lainnya terkait Rakernas PDI Perjuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *