Lewat Pelatihan Citizen Journalism & Konten Edukatif, JIP Ajak Siswa Wujudkan Jakarta Modern

TRIBUNNEWS.COM – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) perwakilan Generasi Z mengikuti pelatihan jurnalisme warga dan pembuatan konten edukasi yang diadakan di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan pada Rabu, 25 September 2024.

Proyek ini merupakan proyek kerjasama antara PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), Warta Kota Mengajar dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Proyek ini bertujuan untuk mendukung pemahaman Indonesia modern khususnya Jakarta yang indah dan ramah lingkungan. 

Sekaligus membekali siswa dengan keterampilan di bidang pembuatan video, konten kreatif, serta pemahaman dan kesalahpahaman budaya media sosial.

“Melalui proyek ini, kami ingin mendorong generasi muda tidak hanya menjadi pengguna informasi saja, namun juga berperan penting sebagai pencipta konten-konten yang baik dan mendidik. Kami percaya bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam mewujudkan Jakarta Modern,” katanya. Aji Rizqi Yodhana, CEO PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP).

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi para peserta, namun juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia kerja di era digital yang serba canggih.

Selain itu, para peserta juga belajar tentang layanan teknologi informasi dan komunikasi yang ditawarkan seperti menara komunikasi, digital out of home (OOH) signage.

Selanjutnya, pemberian internet gratis oleh JIP mendukung rencana Pemprov untuk menyediakan layanan internet dengan mendukung penyelenggaraan layanan telekomunikasi di Rusunawa.

Lalu ada sistem penyediaan infrastruktur perkotaan melalui program Fasilitas Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) yang berperan penting dalam mempercantik dan menata Jakarta secara modern dan berkelanjutan.

“Kami sangat berterima kasih atas upaya PT JIP yang melibatkan mahasiswa kami dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dunia digital saat ini. Pelatihan seperti ini tidak hanya menambah pemahaman peserta tetapi juga mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi perkembangan digital dan dunia kerja yang semakin berkembang”. Mucklis Kepala SMA N 3 Jakarta Selatan.

Untuk mendorong partisipasi pemuda dalam pembangunan kota, JIP juga menyelenggarakan Instagram Reels Challenge dengan tema “Harapan Pemuda untuk Pembangunan Jakarta dan Jakarta Global”. 

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Purwosusilo menambahkan, program seperti ini diharapkan dapat menjadi bagian dari kurikulum yang mendukung pengembangan keterampilan digital siswa. 

“Pemuda harus dipersiapkan dengan baik agar dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pembangunan Jakarta secara modern dan berkelanjutan, Jakarta sebagai kota dunia,” ujarnya.

Melalui rangkaian kegiatan ini, PT JIP berharap dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya peran mereka dalam menjamin pembangunan kota yang berkelanjutan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *