Iran Telah Siapkan Respons jika Israel Balas Menyerang, Ada Banyak Target Iran

Iran siap membalas jika Israel menyerang lagi, ini tujuan Iran

TRIBUNNEWS.COM- Sumber militer di Iran, Minggu, mengatakan Teheran telah mempersiapkan tanggapannya jika Israel menyerang wilayahnya. 

Selasa lalu, Iran menembakkan 200 roket ke Israel dalam serangan kedua dalam enam bulan.

Menurut Teheran, serangan itu diyakini secara luas sebagai tindakan “balas dendam” Israel atas pembunuhan kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli di ibu kota Iran dan pembunuhan sekretaris jenderal Hizbullah di Beirut. Hassan Nasrallah atas serangan Israel pada 27 September. 

Seorang perwira Korps Garda Revolusi Islam juga tewas dalam serangan di Beirut.

Israel telah berjanji bahwa Iran akan menanggung akibat yang besar atas serangan roketnya, dan Teheran telah memperingatkan bahwa tanggapannya terhadap serangan apa pun akan lebih keras daripada serangan hari Selasa. 

“Rencana respons yang diperlukan untuk setiap kemungkinan tindakan Zionis telah dipersiapkan sepenuhnya,” kata sumber tersebut kepada kantor berita Tasnim, seraya menambahkan bahwa jika Israel mengambil tindakan, niscaya akan ada serangan Iran. 

Dia menambahkan bahwa Iran “memiliki banyak tujuan di Israel,” dan mencatat bahwa serangan hari Selasa “menunjukkan bahwa kita dapat menghancurkan dan menyerang titik mana pun yang kita inginkan.”

“Rencana Iran mencakup berbagai jenis serangan spesifik, dan tergantung pada sifat operasi Zionis, keputusan akan segera diambil untuk menggunakan satu atau lebih serangan tersebut,” kata sumber itu.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Arachi berada di Damaskus pada hari Sabtu, memperingatkan bahwa Iran akan merespons “mungkin dengan keras” terhadap setiap serangan terhadap Teheran. 

“Untuk setiap tindakan, akan ada reaksi yang setara dan konsisten dari Iran, bahkan mungkin lebih kuat.”

Meskipun tidak jelas apa tanggapan Israel, Presiden AS Joe Biden Jumat lalu mendesak Israel untuk menahan diri dari menargetkan ladang minyak Iran, sementara kandidat Gedung Putih dari Partai Republik Donald Trump mendesak Tel Aviv untuk menyerang fasilitas nuklir Iran.

Menteri Perminyakan Iran Mohsen Bagnejad mengunjungi ladang minyak utama pada hari Minggu. 

Shana, kantor berita Kementerian Perminyakan, mengatakan menteri tersebut mengunjungi fasilitas tersebut dan bertemu dengan para pekerja di pulau Cork. Terletak di Teluk Persia, pulau ini adalah rumah bagi terminal ekspor minyak mentah terbesar Iran.

Bagnejat juga mengunjungi kota pesisir Teluk Asaluye pada hari Sabtu. Dia sedang melakukan “perjalanan bisnis rutin” ke pabrik petrokimia besar, televisi pemerintah Iran melaporkan.

Sumber: Monitor Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *