Perdana, Presiden Jokowi Groundbreaking Tiga Proyek Investasi Asing di IKN

Laporan jurnalis Tribunenews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar peletakan batu pertama lima proyek di ibu kota nusantara hari ini, Rabu (25 September 2024). 

Tiga dari lima langkah inovatif tersebut merupakan penanaman modal asing di IKN.

Yang pertama di bidang pendidikan adalah perintis Australian Independent School Nusantara. 

Kedua di bidang real estate, groundbreaking Magnum Resort Nusantara dari Rusia, dan terakhir di bidang real estate, groundbreaking Delonix Nusantara dari China.

“Iya ini yang terpenting bagi investor, investasi asing sudah masuk ke ibu kota nusantara,” kata Jokowi kepada IKN.

Presiden mengatakan, penanaman modal asing pada IKN menunjukkan adanya kepercayaan terhadap penanaman modal pada proyek-proyek pengembangan IKN. 

Padahal pembangunan fasilitas negara dilakukan oleh pemerintah.

“Bahwa nusantara sebenarnya merupakan tempat yang sangat menarik untuk berinvestasi. Tapi urusan lembaga pemerintah semua ditangani pemerintah,” ujarnya.

Presiden yakin investasi asing di IKN akan meningkat. Sudah banyak investor asing yang tertarik menanamkan modalnya di IKN. Namun Presiden mengatakan, pemerintah akan melakukan screening terlebih dahulu untuk membangun ekosistem investasi yang baik.

“Banyak yang sudah menandatangani LoI, sudah diseleksi, sudah diseleksi. Tidak semuanya akan masuk langsung ya, itu akan terjadi, akan terjadi, disesuaikan dengan kebutuhan IKN. Ekosistem yang baik dibangun agar nusantara menjadi tempat yang menarik,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *