Pengebom Kedubes Jepang di Jakarta 1986 yang juga Eks Tentara Merah Jepang Tewas Tersedak Makanan

Laporan reporter Tribunnews.com, Jepang Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Tsutomu Shirosaki (76), mantan anggota Tentara Merah Jepang, meninggal setelah makan makanan di penjara Fuchu saat menjalani hukumannya.

Dialah orang yang menembakkan mortir yang menghancurkan Kedutaan Besar Jepang di Jl. Thamrin Jakarta Sebelum 14 Mei 1986 “Sutomu Shirozaki, mantan anggota Tentara Merah Jepang berusia 76 tahun yang dibebaskan melalui “tindakan luar biasa” dalam kasus pembajakan pesawat Dhaka Jepang, meninggal kemarin (20/7/2024), kata sumber Tribunnews.com, Minggu (21/7/2024).

Menurut sumber tersebut, mantan anggota Tentara Merah Jepang itu meninggal setelah menyantap makanan untuk makan malam di penjara Fuchu tempatnya dipenjara.

Shirozaki adalah salah satu anggota pengeboman pesawat Dhaka Jepang pada tahun 1977 ketika dia dibebaskan berdasarkan “tindakan luar biasa”.

Dia ditangkap atas tuduhan keterlibatan dalam pemboman kedutaan Jepang di Jakarta, Indonesia tahun 1986, dan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara karena percobaan pembunuhan dan kejahatan lainnya.

Dalam Insiden Jakarta pada bulan Juni 1986, penyerangan terhadap kedutaan Jepang dan AS, dan Departemen Keamanan Publik dari Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo mengorganisir pengaturan internasional pada tahun 1992 untuk melepaskan bahan peledak di sebuah ruangan (dulu di Hotel Presidential, sekarang di Hotel Pullman ) menuju Kedutaan Besar Jepang. Dia ditahan di Nepal pada tahun 1996.

Dia dijatuhi hukuman 30 tahun penjara di Amerika Serikat atas penyerangan terhadap kedutaan Amerika selama pembantaian di Jakarta pada tahun 1998, dan dibebaskan setelah menjalani hukumannya pada tahun 2015. dan mereka menangkap raja dari Kementerian Pertahanan Jepang.

Pada bulan September 2018, Mahkamah Agung Tokyo menguatkan hukuman 12 tahun yang dijatuhkan oleh Pengadilan Distrik Tokyo, dan menolak banding Shirozaki. Kemudian, mereka memenjarakannya.

Sedangkan UKM kerajinan dan pecinta Jepang yang berminat berpameran di Tokyo dapat bergabung di grup WhatsApp gratis Japan Lovers dengan mengirimkan email ke [email protected] subject: WAG Japan Lovers. Tulis nama, alamat dan nomor WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *