Pernyataan Resmi PBSI Terkait Update Kematian Zhang Zhi Jie, Keluarga Belum Bawa Pulang Jenazah

TRIBUNNEWS.COM – PBSI baru saja merilis pernyataan resmi terkait update meninggalnya pebulu tangkis China Zhang Zhize.

Diketahui, Zhang Zhijie meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024) saat berlaga di Asian Junior Badminton atau Kejuaraan Asia Junior 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Indonesia (30/6/2024).

Sebelum meninggal, Zhang Zhiji yang sedang bertanding dengan Kazuma Kawano dari Jepang tiba-tiba pingsan dan mengalami kejang.

Setelah mendapat perawatan medis dan dibawa ke rumah sakit terdekat, nyawa Zhang Zhi Jie tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024) sekitar pukul 23.20.

Bertepatan dengan berakhirnya Kejuaraan Junior Asia 2024, PBSI memberikan update informasi terkait Zhang Zhijie.

Hal itu diumumkan PBSI melalui Instagram resmi @badminton.ina pada Minggu (7/7/2024).

“Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024 resmi berakhir pada hari ini (7/7).

“Acara ini turut berduka cita atas meninggalnya pemain Tiongkok Zhang Zhi Jie, namun secara keseluruhan Badminton Asia, PBSI dan panitia penyelenggara telah bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan yang terbaik.”

“Dalam perjalanannya, panitia penyelenggara memberikan bantuan dan dukungan penuh dalam menindak lanjuti kejadian tersebut,” tulis PBSI. PBSI merilis keterangan resmi pada update Minggu (7/7/2024) terkait meninggalnya pebulu tangkis China Zhang Zhijie. (@badminton.ina tangkapan layar Instagram resmi)

Selain itu, PBSI mengabarkan kakak laki-laki Zhang Zhijie dan perwakilan Persatuan Bulutangkis China (CBA) tiba di Yogyakarta pada Selasa (2/7/2024).

Sang ibu kemudian menyusul pada Kamis (4/7/2024).

Keesokan harinya, PBSI dan penyelenggara melakukan audiensi dengan keluarga Zhang Zhijie dan perwakilan CBI pada Jumat (5/7/2024).

Sidang yang digelar untuk menjelaskan detail kronologi meninggalnya Zhang Zhijie ini dihadiri oleh dokter turnamen dan dokter RSPAU Dr. Suhadi Harjolukito dan Dr.RSUP. Sarjito: 

Hasilnya, audiensi berhasil.

Kakak laki-laki Zhang Zhijie dan perwakilan Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA) datang ke Yogyakarta pada 2 Juli 2024, disusul ibunya pada 4 Juli. Sang ibu didampingi oleh administrator administrasi olahraga di Zhejiang Sports College, tempat Zhang berada. anggota”.

“Kami memfasilitasi segala kebutuhan mereka dan membantu mereka mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan. Pada hari Jumat tanggal 5 Juli 2024, panitia penyelenggara melakukan audiensi dengan pihak keluarga dan menghadirkan semua pihak yang terlibat pada saat kejadian.”

“Di auditorium ini keluarga dan CBA dapat mendengarkan informasi dari dokter turnamen, RSPAU dr Suhadi Hardjolukito selaku RS rujukan dan RSUP Dr Sarjito. Selain itu pihak keluarga dan CB juga diberikan kesempatan untuk bertanya: pertanyaan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kasus ini.”

Audisi berjalan dengan baik dan keluarga Zhang Zhijie mengucapkan terima kasih atas apa yang telah ditunjukkan oleh panitia penyelenggara, kata PBSI. Pihak keluarga belum membawa pulang jenazahnya

Dalam sidang tersebut, PBSI juga menjelaskan pihaknya mendukung penuh pengisian surat-surat agar pihak keluarga bisa membawa pulang jenazah.

Namun hingga kemarin, Minggu (7/7/2024), PBSI belum menerima keputusan keluarga Zhang Zhijie terkait hal tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan jenazah Zhang Zhi Tze masih berada di Yogyakarta.

PBSI berharap keluarga Zhang Zhize bisa mengambil keputusan mengenai pemulangan jenazah dalam 1-2 hari ke depan.

“Kami juga siap mendukung penuh pengurusan surat atau dokumen pendamping yang diminta pihak keluarga hingga jenazah dipulangkan.

“Namun hingga saat ini, kami belum menerima keputusan dari keluarga Zhang Zhize mengenai langkah selanjutnya. Kami berharap dalam 1-2 hari ke depan kami sudah bisa mengambil keputusan mengenai apa yang akan dilakukan terhadap jenazah tersebut bersama keluarga. “.

Sekali lagi, atas nama seluruh elemen yang terlibat dalam Kejuaraan Bulutangkis Junior Asia 2024, kami menyampaikan belasungkawa dan simpati yang sebesar-besarnya kepada keluarga dan Bank Sentral, pungkas PBSI. Profil Zhang Zhi Jie

Dikutip dari situs resmi BWF: Zhang Zhijie merupakan pemain bulu tangkis kelahiran 30 Januari 2007.

Saat ini, Zhang Zhijie menduduki peringkat kedelapan dunia pada kategori junior.

Zhang Zhijie merupakan salah satu pemain tunggal Tiongkok yang potensial, sejumlah prestasi telah diraihnya.

Pada musim ini, Zhang Zhiji berhasil mencapai babak final di kedua turnamen yang diikutinya.

Pertama, Zhang Zhiji berhasil mencapai final Yonex Dutch Junior International 2024 pada Februari lalu.

Alhasil, Zhang Zhiji menjadi juara Yonex Dutch Junior International 2024 dengan mengalahkan rekan setimnya Hu Hze An.

Sebulan kemudian, Zhang Zhiji kembali mencapai final Yonex Germany Junior 2024.

Sayangnya, Zhang Zhijie tak mampu finis kedua di Yonex Germany Junior 2024 setelah kalah dari wakil Tiongkok lainnya, Wang Zijun.

Usai menunjukkan performa impresif, Zhang Zhijie kemudian masuk dalam daftar pemain yang mengantarkan Tiongkok menjuarai Asian Youth Championship 2024.

Namun Kejuaraan Junior Asia 2024 akan menjadi kompetisi terakhir Zhang Zhize.

(Tribunnews.com/Isnaini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *