Kunci Jawaban Post Test Modul 3 PPABK 1, 2, 3 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus PPG 2024

TRIBUNNEWS.COM – Inilah kunci jawaban Post Test Modul 3 Pengenalan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PPABK) di PPG 2024.

Pada posttest PPABK 1, 2, 3 PPG 2024, guru diminta menjawab 15 soal pada latihan pemahaman Modul 3.

Modul 3 Soal post test PPABK 1, 2, 3 muncul di platform Merdeka Mengajar (PMM) pada saat guru mengikuti pelatihan PPG untuk guru tertentu pada posisi 2024.

Guru dapat menggunakan kunci jawaban dibawah ini sebagai referensi dalam menjawab Post Test PPABK 1, 2, 3 PPG 2024 Modul 3.

Salah satu soal yang akan muncul pada Post Test PPABK 1, 2, 3 Modul 3 adalah Anda akan ditugaskan untuk memimpin kelas inklusif pada semester ini. Siswa berkebutuhan khusus berjumlah empat orang, dua orang disleksia dan dua orang tunagrahita.

Di sini Anda akan menemukan jawaban lengkap dari soal-soal terpenting pada post-test modul 3 PPABK 1, 2 Pengenalan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Kunci Jawaban Pasca Tes PPABK Modul 3 1

1. Pada masa transisi semester ini, Anda akan ditugaskan untuk memimpin kelas inklusif. Siswa berkebutuhan khusus berjumlah empat orang, dua orang disleksia dan dua orang tunagrahita. Data BK menunjukkan keempat siswa tersebut mempunyai gaya belajar kinestetik. Di sisi lain, Anda belum memiliki pengalaman mengajar di kelas inklusif, sehingga sulit bagi Anda untuk menentukan rencana pembelajaran di kelas tersebut. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

A. Berusaha menciptakan kegiatan belajar yang tidak memerlukan terlalu banyak duduk untuk memenuhi kebutuhannya. Pertimbangkan rencana pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar kinestetik siswa berkebutuhan khusus. Memperkenalkan materi dalam kegiatan yang melibatkan gerakan lengan, tungkai, dan badan. D. Pertama, menggunakan rencana belajar yang sama dengan pembelajaran semester sebelumnya. Merencanakan kegiatan belajar kelompok yang meliputi gerak fisik dan latihan langsung. Kunci Jawaban : E. Merencanakan kegiatan pembelajaran kelompok yang melibatkan gerak fisik dan latihan langsung.

2. Anda adalah guru baru yang mengajar bahasa asing di kelas inklusif. Mendekati ujian tengah semester, waktu Anda untuk mempersiapkan soal sangat terbatas, sementara beberapa siswa mempunyai kebutuhan khusus, artinya kemampuan berbahasa mereka tidak selalu terlihat dalam suatu metode penilaian. Tindakan apa yang Anda prioritaskan dalam situasi ini?

A. Pertimbangkan kemungkinan berbagai jenis pertanyaan yang lebih sesuai untuk siswa berkebutuhan khusus di Kelas B. Pertama, gunakan pertanyaan yang sama untuk semua siswa untuk menilai perbedaan kinerja. Membuat variasi soal atau model penilaian berdasarkan tingkat bahasa siswa. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi guru yang sebelumnya mengawasi siswa di kelas. Di sini Anda akan menemukan link ke model penilaian alternatif yang dapat digunakan untuk siswa berkebutuhan khusus dan kendala bahasa. Kunci Jawaban : C. Membuat variasi soal atau model penilaian berdasarkan tingkat bahasa siswa

3. Anda adalah guru kelas inklusif. Saat mengajarkan materi geografi, Anda mungkin memerlukan alat bantu untuk beberapa siswa berkebutuhan khusus. Namun permintaannya kepada pihak manajemen sekolah terkait fasilitas pendidikan tidak dipenuhi. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

A. Mencari bahan yang tersedia untuk membuat media alternatif yang mendukung proses pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. B. Mempertimbangkan kemungkinan adanya media lain sebagai pengganti fasilitas pendidikan yang disediakan bagi siswa berkebutuhan khusus. C. Berkonsultasi dengan senior yang pernah mengajarkan materi geografi kepada siswa berkebutuhan khusus untuk mempelajari cara mengatasi keterbatasan media pendukung tersebut. Memasukkan materi pembelajaran yang terbuat dari bahan daur ulang untuk membantu siswa berkebutuhan khusus memahami konsep geografi. Dahulu banyak digunakan media massa dengan harapan siswa berkebutuhan khusus dapat mengikuti proses pembelajaran seperti siswa lainnya. Kunci Jawaban : D. Membuat bahan ajar dari bahan daur ulang untuk membantu siswa berkebutuhan khusus dalam memahami konsep geografi

4. Sudah seminggu sejak Anda diminta mengajar di kelas yang belum pernah Anda ikuti. Belum ada informasi konkrit mengenai kondisi siswa tersebut, namun terlihat terdapat lebih dari tiga siswa yang selalu kesulitan mengikuti kelas, dan terdapat satu siswa yang menunjukkan perilaku berbeda saat berinteraksi dengan teman lainnya. Sebagai seorang guru, tindakan apa yang Anda prioritaskan dalam situasi ini?

A. Menyesuaikan kegiatan kelas untuk siswa dari berbagai latar belakang. B. Pahami hal ini sebagai bagian dari lingkungan kelas yang beragam dan ajarlah seperti biasa. Cobalah untuk mengamati lebih jauh perbedaan keadaan kehidupan siswa untuk memperoleh informasi yang lebih komprehensif. Berdiskusilah dengan guru lain untuk mendapatkan ide kegiatan pembelajaran yang lebih tepat. Mengubah kurikulum untuk meningkatkan keberagaman siswa

5. Ada kejadian bullying di kelas anda yang menyebabkan siswa berkebutuhan khusus takut untuk kembali bersekolah. Bahkan sebelum kejadian ini, dia dianggap sebagai siswa pekerja keras dan antusias. Anda mengenalnya sebagai guru kelas, tetapi Anda masih belum bisa meyakinkannya. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

A. Memberikan waktu kepada siswa untuk menenangkan diri. B. Meminta konselor atau psikolog untuk membantu siswa tersebut. Mintalah orang tua siswa untuk terus meyakinkan mereka untuk bersekolah. Mintalah petunjuk dari konselor sekolah tentang apa yang harus dilakukan. Cobalah bertemu lagi dan ajak dia kembali ke sekolah di lain waktu. Kunci Jawaban : B. Mintalah kepada konselor atau psikolog untuk membantu siswa dalam mengikuti tes Kunci Jawaban Modul 3 PPABK 2

1. Anda mempersiapkan rencana kegiatan reflektif untuk mengevaluasi kinerja kerja lapangan. Untuk itu, Anda telah menyiapkan formulir refleksi yang dapat diisi siswa secara tertulis. Saat Anda membagikan lembar tersebut, Anda melihat beberapa siswa penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk menuliskan pemikirannya pada lembar tersebut. Sebagai asisten pengajar lapangan, apa yang akan Anda lakukan jika dihadapkan pada situasi ini?

A. Tetap menggunakan lembar refleksi tertulis karena tidak memungkinkan adanya bentuk refleksi lainnya. Media atau sarana lain untuk memperoleh informasi reflektif dari siswa berkebutuhan khusus. C. Bertanya kepada guru lain yang sebelumnya telah memberikan evaluasi tertulis terhadap siswa tersebut. Tanyakan secara lisan kepada siswa secara langsung tentang hasil refleksinya kemudian dicatat. Rancanglah metode atau alat sederhana untuk membantu siswa menulis refleksi mereka. Kunci Jawaban: E. Merancang metode atau alat sederhana untuk membantu siswa menuliskan refleksinya

2. Minggu depan adalah jadwal untuk membimbing siswa melalui studi lapangan dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi spesifik yang Anda ajarkan. Anda sedang merencanakan kegiatan apa yang akan Anda lakukan, namun kemudian Anda ingat bahwa ada empat siswa berkebutuhan khusus yang lebih suka membaca buku atau melihat gambar daripada terjun ke lapangan. Apa prioritas Anda sebagai guru dalam situasi ini?

A. Pikirkan tentang pokok-pokok studi lapangan yang akan menarik bagi semua siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Usahakan untuk memilih alternatif kegiatan pada area ini yang akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh siswa tanpa terkecuali. Kelompokkan kegiatan di tempat berdasarkan gaya belajar siswa Kelas D. Siapkan bahan bacaan dan gambar yang dapat digunakan selama karyawisata. Melaksanakan rencana kegiatan yang telah disusun sebelumnya, karena waktu persiapannya sangat mendesak. Kunci Jawaban : C. Kegiatan kelompok di tempat berdasarkan gaya belajar siswa di kelas.

3. Kelas Anda mempunyai siswa baru yang pindah dari sekolah lain. Setelah belajar di kelas selama sebulan, Anda merasakan ada kondisi dan perilaku tertentu yang berbeda dengan siswa lain pada umumnya. Namun belum ada informasi konkrit selain ijazah dan surat pindahan dari sekolah sebelumnya. Apa yang Anda lakukan sebagai guru kelas ketika menghadapi situasi ini?

A. Mencari informasi yang dapat menjelaskan kondisi dan perilaku yang ditemukan. Tanyakan kepada siswa lain tentang kesesuaian perilaku yang berbeda ini.C. Konsultasikan dengan konselor sekolah atau psikolog yang paling tahu.D. Cobalah untuk menonton lebih banyak lagi dalam beberapa minggu mendatang.E. Pahami bahwa hal ini biasa terjadi pada siswa baru. Kunci Jawaban : C. Konsultasikan dengan konselor sekolah atau psikolog yang paling memahami Anda.

4. Guru meminta nasihat kepada anda mengenai kondisi beberapa siswa di kelasnya yang kemampuan dan kecepatan pemahaman materinya sangat berbeda dengan siswa lainnya. Mereka sebenarnya ingin membantu, namun posisinya sebagai guru senior mungkin menyulitkan memperbaiki kebiasaan mengajarnya yang sudah lama ada. Apa solusi Anda terhadap situasi di atas?

A. Menyarankan agar siswa sekolah menengah mendiskusikan hal ini dengan rekan lain yang lebih berpengalaman dalam mengajar siswa yang beragam. Memberikan petunjuk singkat tentang berbagai modifikasi yang dapat menjadikan kelas lebih inklusif.C. Minta dia untuk berbicara lebih jauh tentang cara menciptakan Kelas D yang lebih inklusif. Pahami keadaan orang yang lebih tua dan katakan padanya bahwa tidak ada masalah jika dia mengajar seperti sebelumnya. Mendorong orang dewasa untuk belajar tentang pembelajaran inklusif di kelas. Kunci Jawaban : C. Minta beliau berdiskusi lebih lanjut mengenai pengelolaan kelas inklusif.

5. Siswa autis selalu kesulitan memahami penjelasan di kelas, meskipun dibuat sederhana. Faktanya, Anda tahu bahwa menggunakan media visual seperti “Social Stories” membantu mereka memahami informasi dengan lebih mudah, namun membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Di sisi lain, Anda memiliki tugas administratif yang menyita banyak waktu. Sebagai guru di kelas inklusif, apa yang Anda lakukan ketika menghadapi situasi seperti ini?

A. Sabar dan teliti dalam penjelasan Anda seperti sebelumnya. Belajarlah dari guru yang lebih berpengalaman menangani siswa autis. Membuat alat peraga yang sederhana namun membantu menjelaskanD. Pertimbangkan alat bantu visual yang dapat dibuat dengan cepat untuk menjelaskan E. Carilah contoh “kisah sosial” sebagai referensi sehingga Anda dapat membuatnya di kelas. Kunci Jawaban: C. Membuat alat bantu visual yang walaupun sederhana, membantu memberikan penjelasan. Modul 3 Kunci Jawaban Kuis PPABK 3

1. Diskusi mengenai permasalahan proses pendidikan di kelas dilaksanakan dalam forum guru. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya dan beragamnya siswa berkebutuhan khusus. Di sisi lain, banyak guru yang belum memahami bagaimana merancang pembelajaran inklusif. Bagaimana reaksi Anda sebagai guru di sekolah ini?

A. Mengungkapkan perlunya pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan kelas yang inklusif bagi seluruh siswa. Hindari kesalahan guru lain dan penuhi tugas guru kelas semaksimal mungkin. Memberikan gambaran mengenai berbagai reformasi yang harus segera dilaksanakan untuk menjadikan pengajaran lebih inklusif. Dalam forum tersebut, ungkapkan kesediaan Anda untuk berbagi lebih banyak informasi tentang bagaimana memfasilitasi pembelajaran di kelas inklusifE. Sarankan rekan-rekan di forum guru untuk berdiskusi lebih lanjut dan berbagi pengalaman tentang proses pembelajaran inklusif di kelas: D. Menyatakan kesediaan dalam forum untuk berbagi lebih banyak informasi tentang bagaimana mengelola proses pembelajaran di kelas inklusif.

2. Anda terbiasa melakukan penilaian tertulis untuk menilai pemahaman siswa dengan menggunakan metode dan materi yang sama untuk semua siswa. Saat ini di kelas Anda terdapat beberapa siswa berkebutuhan khusus yang sangat aktif sehingga tidak memungkinkan untuk mengisi formulir evaluasi tertulis seperti biasanya. Bagaimana Anda menghadapinya?

A. Menggunakan alat penilaian yang sama untuk semua siswa karena jumlah siswa berkebutuhan khusus sangat sedikit. Mintalah masukan dari guru lain yang lebih berpengalaman dalam pengelolaan kelas. Pertimbangkan kemungkinan alat penilaian yang lebih mencerminkan karakteristik siswa yang sangat aktif ini. Menemukan alternatif soal yang cakupannya pendek dan tidak memerlukan waktu penyelesaian yang lamaE. Mengembangkan metode penilaian yang dapat mengukur pemahaman siswa meskipun aktif secara fisik: E. Metode penilaian yang dapat mengukur pemahaman siswa meskipun aktif secara fisik

3. Seorang siswa berkebutuhan khusus mengubah perilakunya, seringkali secara emosional. Meskipun Anda telah mencoba merancang kegiatan pendidikan agar sesuai dengan keadaannya, dia menghadiri semua kelas di awal semester. Apa yang Anda lakukan sebagai asisten pengajar ketika menghadapi tantangan seperti ini?

A. Mintalah nasihat dari konselor bimbingan dan konselor atau konselor sekolah Anda tentang apa yang harus dilakukan. Mintalah seorang konselor atau psikolog untuk membantu siswa tersebut. Sampaikan masalah ini kepada pimpinan sekolah untuk menerima saran guna tindak lanjut yang lebih efektif. Pertimbangkan berbagai pengobatan yang dapat diberikan untuk mengembalikan perilaku siswa menjadi kooperatif. Berikan waktu istirahat kepada siswa tersebut untuk menenangkannya agar ia tidak dapat berangkat ke sekolah untuk sementara waktu. Kunci Jawaban : B. Mencari bantuan kepada konselor atau psikolog untuk membantu siswa tersebut.

4. Anda akan diberitahu bahwa akan ada beberapa siswa berkebutuhan khusus dengan karakteristik tertentu di kelas Anda semester depan. Mereka tidak suka membaca, namun mereka mendengarkan dengan penuh minat ketika guru bercerita. Hal ini sangat membingungkan karena Anda tidak memiliki pengalaman dengan kursus inklusif. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

A. Cobalah untuk mengidentifikasi materi yang dapat direkam untuk diakses oleh siswa. Menggunakan RPP semester sebelumnya yang telah berjalan dengan baik C. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan diskusi kelompok kecil agar siswa dapat mengemukakan pendapatnya D. Beberapa materi mempunyai kegiatan baca nyaring untuk memenuhi kebutuhan siswa. Memikirkan kemungkinan penyesuaian kurikulum dengan karakteristik siswa berkebutuhan khusus: C. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan diskusi dalam kelompok kecil sehingga siswa dapat mengemukakan pendapatnya.

5. Sebagai guru baru, Anda ditempatkan di kelas yang berisi siswa tunanetra. Mereka telah menyiapkan layar yang akan digunakan untuk menjelaskan materi, namun menurut guru bimbingan dan bimbingan, siswa tunanetra ini sangat peka terhadap cahaya dan warna saat melihat layar, meski terkadang ia dapat membacanya. Apa yang Anda lakukan jika menghadapi masalah di atas?

A. Mencari informasi lebih lanjut tentang membuat presentasi media pembelajaran yang tepat untuk siswa tunanetra. B. Gunakan presentasi yang telah disiapkan dan bersiaplah untuk menjelaskan secara perlahan. Dapatkan saran dari guru berpengalaman di kelas dengan siswa serupa. Sesuaikan pengaturan visual tampilan untuk memudahkan pembelajaran bagi siswa tunanetra. Pertimbangkan untuk menyesuaikan tampilan yang telah disiapkan untuk menyampaikan penjelasan dengan lebih baik. Kunci Jawaban: D. Menyesuaikan pengaturan visual pada tampilan untuk membantu siswa tunanetra belajar lebih efektif.

*) Disclaimer: Kunci Jawaban PPABK Modul 3 Soal Post Test 1, 2, 3 PPG 2024. Artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang menggunakan PPG Daljab 2024 untuk bekerja di PMM.

Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *