Bappenas: Penjualan Ritel 2024 Akan Meningkat, Tercermin dari Indeks Penjualan Riil

Laporan jurnalis Tribunnews.com Endrapta Pramudhiaza

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan penjualan ritel dalam negeri akan meningkat pada tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Perdagangan, Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian PPN/Bappenas Laksmi Kusumawati saat memberikan Kuliah Dagang Gambir No. 15 bertajuk “Transformasi Ritel Modern di Era Digital: Peluang dan Tantangan” di Jakarta, Rabu. (14/08/2024).

“Kinerja ritel pada tahun 2024 diperkirakan akan membaik seiring dengan peningkatan penjualan,” ujarnya mengutip hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia.

“Hal ini tercermin dari Rasio Penjualan Riil (IPR) Juli 2024 yang diperkirakan sebesar 212,0 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4,3 persen,” kata Laksmi.

Beberapa kelompok barang yang mengalami peningkatan hak kekayaan intelektual pada Juli 2024 antara lain suku cadang dan aksesoris; makanan, minuman dan tembakau; bahan bakar untuk kendaraan bermotor; subkelompok pakaian; dan barang lainnya.

Laksmi memperkirakan ekspektasi penjualan ritel akan terus meningkat dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

Menurut dia, pertumbuhan perdagangan ritel juga didorong oleh investasi yang sebagian besar investasinya dilakukan pada sektor real estate.

Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bahwa pada tahun 2026, akan ada empat ruang ritel baru dengan luas total 206.860 meter persegi yang akan diinvestasikan di Indonesia, khususnya di Jakarta.

“Secara makro, investasi pada sektor perdagangan dan reparasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan realisasi penanaman modal asing (PMA) mencapai USD 943,8 juta dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp 48,5 triliun pada tahun 2023.” – kata Laksmi.

Laksmi mengatakan, angka investasi ini bisa mengindikasikan pertumbuhan penjualan ritel di Tanah Air akan semakin cepat di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *