Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 140 Kurikulum Merdeka: Kegiatan Ekonomi

TRIBUNNEWS.COM – Berikut Kunci Jawaban Pelajaran IPS (IPS) Pelajaran 8 Silabus Belajar Mandiri Halaman 140.

Pada halaman 140 soal IPS kelas 8, siswa diminta mempelajari kegiatan ekonomi.

Siswa diharapkan menjawab sendiri soal-soal tersebut sebelum melihat Kunci Jawaban IPS Kelas 8 halaman 140.

Orang tua menjadikan kunci jawaban ini sebagai pedoman dan acuan dalam mengoreksi pekerjaan anaknya. Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 140

1. Kegiatan perekonomian yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu produksi, konsumsi dan distribusi sangat beragam. Jelaskan kegiatan perekonomian di daerah tempat anda tinggal! Berikan contoh masing-masing kegiatan ekonomi!

Menjawab:

Satu. Manufaktur adalah suatu kegiatan yang menyediakan produk atau jasa.

Contohnya termasuk pengecer makanan, toko serba ada, pengecer peralatan pertanian, dan produsen pelatih bulutangkis.

B. Konsumsi adalah tindakan mengonsumsi barang atau jasa.

Contohnya seperti membeli minyak goreng, membeli sayur mayur dan lauk pauk, membeli dan menggunakan perlengkapan mandi, serta menggunakan alat elektronik.

C. Distribusi adalah suatu kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Contoh: Agen distribusi membawa pesanan barang dan jasa dari produsen ke konsumen, seperti agen pengiriman.

2. Kota A adalah kota berpenduduk. Lahir 560 orang, meninggal 330 orang. Sementara itu, 68 orang bekerja di luar negeri, 147 orang pulang dari luar negeri. Pertumbuhan penduduk kota A tahun ini.

Menjawab:

P = (L – M) + (I – E)P = (560 – 330) + (147 – 68) = 230 + 79 P = 309

3. Jelaskan jenis-jenis gerakan sosial yang terjadi di masyarakat tempat anda tinggal! Berikan contoh segala bentuk gerakan sosial!

Jawaban: Mobilitas vertikal ke atas (social ascension) terjadi ketika status seseorang naik ke tingkat yang lebih tinggi. Peningkatan ini dapat terwujud dalam bentuk ukuran ekonomi dan mobilitas vertikal ke bawah (penurunan sosial). Kondisi orang yang berada di lantai bawah semakin menurun. Contoh: Horizontal mover, yaitu orang yang berpindah rumah atau berpindah tempat dari suatu daerah ke daerah lain.

 4. Jelaskan proses masuknya Islam di Indonesia!

Menjawab: 

Mahri

Perkawinan campur antara saudagar Islam dengan penduduk setempat membawa dampak positif bagi perkembangan Islam. Para saudagar yang berdagang di Indonesia tidak membawa keluarganya lalu menikah dengan penduduk setempat sebelum calon istrinya masuk Islam. Dari perkawinan antara saudagar dan perempuan setempat, khususnya di pesisir pantai Indonesia, terbentuklah suatu bentuk masyarakat Islam. Ada juga saudagar yang mengawini putri raja atau pangeran. Oleh karena itu, banyak keluarga kerajaan atau bangsawan yang menganut Islam. Ketika raja dan pangerannya menerima Islam, rakyat pun menerima Islam.

Pengetahuan

Ulama mendirikan pesantren untuk mendidik santrinya dalam ilmu agama. Karena model ini dipandang sebagai model tradisional pada zaman Hindu, maka para ulama mendirikan lembaga pendidikan pesantren.

Berdagang

Perdagangan merupakan salah satu cara penyebaran Islam yang pertama dan utama dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. Sekitar abad ke-7 dan ke-16, lalu lintas perdagangan melewati Indonesia. Hal ini menimbulkan interaksi antara pedagang Indonesia dengan pedagang asing (Islam) dari Gujarat dan Timur Tengah yang saling mempengaruhi. Hal ini menyebabkan berkembangnya Islam di nusantara.

Dakwah

Disebarkan melalui dakwah, mereka adalah para pendakwah (para ustadz, ulama, tokoh agama) yang menyebarkan agama Islam di lingkungannya. Dengan cara ini, agama Islam telah menyebar di masyarakat. Ulama memajukan atau menyebarkan agama Islam dengan cara pergi ke jamaah, bazar, tempat-tempat umum yang banyak orang berkumpul.

5. Jelaskan salah satu kerajaan Islam yang berdiri di Indonesia bagian barat!

Menjawab:

Kesultanan Aceh

Sultan Ali Mughayat Siyah adalah raja pertama (1514-1528). Aceh berkembang pesat bahkan diserang Portugis di Malaka (1515), meski tidak berhasil. Pada tahun 1521, Portugis berhasil menguasai Aceh.

Raja terbesar adalah Sultan Iskandar Muda (1607-1636) yang mampu memperluas kekuasaannya hingga Delhi, Johor, Bintan, Pahang, Kedah, Perak.

VOC mengganggu perdagangan maritim Aceh. Pada akhir abad ke-17, Aceh kehilangan kedudukannya sebagai pusat perdagangan dan kekuasaan politik.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar anak. Biarkan anak Anda mengajukan pertanyaan terlebih dahulu, lalu gunakan kunci jawaban ini untuk mengoreksinya.

(Tribunnews.com/Ifan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *