Kabar Terbaru Kisruh Kadin Indonesia, Wajah Arsjad Terpampang di Website, Nama Anindya Bakrie Hilang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sudah 11 hari sejak Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang dan Industri Indonesia terpilih Anindia Bakri sebagai Presiden.

Namun Munas tersebut ditolak oleh Arsjad Rasjid yang akan menjadi ketua umum Munas VIII yang akan digelar di Kendari pada tahun 2021. 

Kabar terbaru kisruh Kadin Indonesia saat ini adalah adanya perubahan situs resmi Kadin.id di Kadin.id.

Selasa (24/9/2024), wajah Arsjad Rasjid langsung muncul dengan tulisan SATU WANITA saat dilansir Tribunnews.com.

Kemudian di bawahnya adalah Ketua Kadin Indonesia Tahun 2021-2026.

Kemudian Kadin Indonesia punya artikel yang sarat informasi terkait AD/ART.

Tribun kemudian mencoba mencari nama Anindya Bakri dalam struktur organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Sebelum di Anindia Munaslub, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina. Website Kadin India Bakri Indonesia tidak memuat jabatan dan gelar Ketua Dewan Kadin.

Namun saat ini nama dan jabatannya bukan sebagai anggota Direksi, melainkan hanya sebagai Wakil Ketua Direksi dan anggota Direksi.

Tribun kemudian berupaya mencari nama Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Namun nama Bamsoet tidak masuk dalam jajaran pimpinan Badan tersebut.

Siaran pers dikeluarkan agar Bamsoet menghadiri Musyawarah Nasional Kadi dan mengumumkan Anindia Bakri sebagai Ketua Kadi. Anindya Bakri Safari ke beberapa menteri

Hasil munas, Aninya melakukan perjalanan bersama beberapa menteri, namun pemerintah belum menyetujui posisi Ketua Kadin Indonesia.

Putra Aburizal Bakri, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Kepala Badan Pertanahan dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurthy Uddhoyono (AHY) dan Menteri Pertanian Amran Solomon.

“Ini bagian dari upaya Kadin Indonesia untuk bergerak cepat dan membahas kerja sama bilateral antara Kadin dan pemerintah,” kata Anindya saat ditemui Amran di kantor Kementerian Pertanian pada 20 September 2024.

Sebelumnya, Anindia, Buksoet, bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Mencumham) Suprathman Andi Agtas, di Kadin Indonesia, Jakarta pada Minggu (15/9/2024).

Saat itu, Andi Agtas menyambut baik Anindya Bakri sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia.

Kepemimpinan baru Kadin Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah sebagai mitra pembangunan ekonomi Indonesia.

Menkum HAM menyampaikan, pemerintah membutuhkan kerja sama dunia usaha, khususnya Kadin Indonesia.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada pemerintahan baru dan berdirinya Kadin Indonesia,” kata Menkum HAM. Ini cukup mengganggu AD/ART

Kadin Indonesia dari kubu Arsjad Rasid mengatakan, ada bukti pelanggaran aturan AD/ART untuk menyelenggarakan Munas.

Pada tahun 2021 hingga 2026, pengurus Kadin Indonesia akan melakukan pemeriksaan tambahan terhadap Munaslub yang dinyatakan tidak layak.

“Kami akan menempuh jalur hukum untuk menjaga keutuhan organisasi dan mematuhi peraturan perundang-undangan. Saat ini Direksi Kadin Indonesia sedang melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penyidikan atas pelanggaran peraturan AD ART. hasil investigasi ini, kami akan transparan,” jelas Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid dalam konferensi pers JS Luwan JS, Minggu (15/9/2024).

Selain itu, Arsjad mengatakan, alat bukti asli dan meyakinkan diperoleh berupa surat dan dokumen terkait persiapan Munas yang mengindikasikan adanya keterlibatan individu dan/atau kelompok di Kadin Indonesia.

Munas Kadin akan menindak tegas pihak-pihak yang terlibat. Sanksi seperti pembekuan sertifikat keanggotaan (CTA) kemudian akan diterapkan.

Arsjad mengatakan, “Kami akan mengambil segala tindakan terhadap para peserta untuk memastikan Kadi menjadi rumah bersama bagi semua pengusaha, mulai dari perusahaan mikro, kecil, menengah, besar, pekerja, hingga profesional.”

Ia juga menambahkan, Kadin Indonesia beroperasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 dan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2022.

“Agar Kadin Indonesia tetap berkarya untuk kepentingan nasional, maka seluruh pengurus Kadin Indonesia, Kadin provinsi, dan Kadin kabupaten, harus terus bekerja, terus fokus, katanya. Jokowi tidak mau ikut serta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyelesaikan kisruh pemerintahan tersebut.

Menurut Jokowi, Kadin adalah organisasi bisnis, bukan organisasi politik.

“Ini bukan organisasi politik. Ini organisasi bisnis. Jadi tolong selesaikan masalah ini dengan damai,” kata Jokowi di Danarexa Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Jokowi meminta persoalan Kadin diselesaikan secara internal. Jangan biarkan masalah ini menimpa Anda.

“Ada seorang wanita di dalam. “Jangan sampai bola panas itu mengenai saya,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *