Kunci Jawaban Geografi Kelas 12 SMA Halaman 152-156 Kurikulum Merdeka: Asesmen Pilihan Ganda

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kunci jawaban Geografi Kelas 12 SMA halaman 152 153 154 155 156 Program Studi Mandiri.

Kunci jawaban soal tersebut ada pada Buku Geografi SMA/MA kelas XII karangan Budi Handoyo.

Dalam artikel ini terdapat kunci untuk menjawab pertanyaan pada halaman 152 153 154 155 156 Bab 2 Pembangunan Daerah, Revolusi Industri, dan Dampaknya Terhadap Tanah dan Kesejahteraan.

Soal ini ada pada bagian penilaian pilihan ganda.

Kunci jawaban ini diperuntukkan bagi orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban berikut, sebaiknya siswa menjawab pertanyaan terlebih dahulu.

Ringkasnya, berikut kunci jawaban Geografi SMA Kelas 12 halaman 152 153 154 155 156 Kurikulum Merdeka yang dikutip Tribunnews.com dari Buku Guru dan Siswa serta sumber lain: MENGAJAR a. Banyak pilihan

Petunjuk: Lingkari huruf a, b, c, d, atau e untuk jawaban yang benar. Masukkan ke dalam bukumu!

1. Pasca pembangunan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), jumlah wisatawan ke Pulau Madura meningkat signifikan, dari 1.376.251 orang pada tahun 2009 menjadi 1.531.322 orang pada tahun 2010; dan 1.837.695 pada tahun 2011 dengan adanya perbaikan jalan, transportasi dan sektor usaha baru yang meningkatkan perekonomian masyarakat. Makna pembangunan yang dapat dipetik dari kegiatan ini adalah….

A. perubahan yang dilakukan untuk memperbaiki tata ruang kawasan. perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui pertumbuhan ekonomi. perubahan dilakukan untuk menghubungkan kota Surabaya dengan Madurad. perubahan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berziarah. perubahan yang meningkatkan aktivitas ekonomi dan aktivitas pariwisata

Kunci Jawaban:b

2. Sebelum dibangunnya Jembatan Suramadu, penggunaan kapal feri Jawa-Madura sulit dilakukan. Jumlah kendaraan yang tercatat setiap hari dari Surabaya-Madura atau sebaliknya sebanyak 315.1.036 kendaraan ringan. truk kecil, 324 . truk besar, 260 bus, dan 8.128 sepeda motor. Pembangunan jembatan yang kini menyatu dengan jembatan tersebut berdampak pada struktur tata ruang selat aslinya. Teori yang mungkin untuk menjelaskan fenomena ini adalah. . . .

A. teori perkembanganb. teori ketergantungan c. teori perkembangan sperma. teori kontak area. teori Rostow

Kunci Jawaban : c

3. Pemerintah Indonesia secara bertahap berupaya merencanakan inisiatif pembangunan rendah karbon (PRK). Langkah pertama inisiatif CRP Indonesia diadopsi dalam Rencana Nasional Pembangunan Berkelanjutan (RPJMN) 2020-2024. Saat ini inisiatif PRK di Indonesia telah memasuki tahap ke-2, tahap implementasi inilah yang diharapkan dapat berkontribusi pada program peningkatan kapasitas SDM, mendorong pembangunan ekonomi yang lebih maju dan permanen di Indonesia. Konsep pembangunan yang sejalan dengan program ekonomi hijau adalah. . . .

A. pembangunan berkelanjutan, konservasi sumber daya alam dan produksi karbon dioksida. pembangunan sosial, menghasilkan karbon dioksida, dan tidak menghasilkan gas berbahaya. keadilan sosial, pembangunan ekonomi berkelanjutan yang memperhatikan aspek lingkungan hidup, dan tidak mengeluarkan karbon dioksida. pembangunan yang melestarikan sumber daya alam, memperhatikan aspek lingkungan hidup, dan mengurangi emisi berbahaya. pembangunan ekonomi yang berkeadilan sosial, memperhatikan aspek lingkungan hidup, dan mengurangi emisi berbahaya

Kunci Jawaban : c

4. Penggiat Global Movement of Sustainable Settlement (city changer) yang tumbuh pada tahun 2014 diharapkan dapat mendukung terwujudnya visi 100-0-100 untuk mencapai permukiman yang layak huni, berkelanjutan, dan berkualitas. Melalui acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan perkotaan demi mencapai kota yang lebih baik. Berdasarkan pasal tersebut, pembangunan perumahan/perkotaan yang sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan adalah. . . .

A. membangun permukiman/kota yang strategis di berbagai industri sehingga masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. menciptakan perumahan fisik/kota dengan meningkatkan infrastruktur perkotaan dan meningkatkan sistem pelayanan. membangun perumahan/desa yang ramah lingkungan, inklusif secara sosial, efisien dan layak yang dapat meningkatkan produktivitas. penyelenggaraan kawasan pemukiman/perkotaan dengan ruang hijau kecil dan peningkatan pembangunan fisik. membangun perumahan/perkotaan yang aman, sehat, dan ramah lingkungan dengan memperbanyak ruang terbuka hijau

Jawaban: e

5. Risiko banjir yang dialami sebagian besar wilayah Indonesia pada tahun 2022 disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, perubahan lahan dan pemukiman, serta perilaku warga yang membuang sampah sembarangan. Rumusan masalah yang dapat disusun berdasarkan permasalahan tersebut adalah. . . .

A. Apakah perubahan lahan berpengaruh terhadap banjir yang melanda banyak tempat di Indonesia b. Apakah banjir mempengaruhi perubahan lahan di anak-anak sungai Indonesia c. Apa penyebab terjadinya banjir di berbagai wilayah Indonesia saat ini d. Apakah perubahan lahan di hutan lindung berpengaruh terhadap banjir di kota Batu e. Apa pengaruh hujan terhadap perubahan lahan yang menyebabkan banjir di Indonesia?

Kunci Jawaban : a

6. Perhatikan gambar di bawah ini! Gambar 2.29 Contoh soal nomor 6

Kota ini dikelilingi oleh bagian tengah kota yang berfungsi untuk menyuplai kebutuhan kota. Jika sebagian besar masyarakat dalam gambar bermatapencaharian sebagai buruh mebel, maka perkembangan kota akan beralih ke jalan raya. . . .

A. hutan, karena bahannya dekat. sawah, karena pembangunan perumahan dimungkinkan. daerah tandus, karena bisa didirikan bidang usaha mebel baru. hutan, karena bisa dijadikan pusat pabrik mebel. sawah, sebagai perkebunan pohon ekonomi akan didirikan

Kunci Jawaban : c

7. Perkembangan Kota Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2008-2013 mengakibatkan adanya perluasan kota menjadi Kota Polewali. Perluasan ini menyebabkan terjadinya perubahan peran lahan pertanian menjadi lahan non pertanian. Banyak lahan yang dialihfungsikan menjadi lahan tidak bisa digarap, terutama untuk pemukiman dan komersial karena tingginya biaya. tingkat kesejahteraan petani akibat hilangnya mata pencaharian 4) Sempitnya lapangan kerja penduduk kota sehingga menimbulkan permasalahan sosial Apabila dampak perubahan lahan tidak dicarikan solusi yang tepat, maka dampak yang ditimbulkan adalah: . . .

A. 1,2 dan 3b. 1,3 dan 4c. 1 dan 4d. 2 dan 4. 3 dan 4

Kunci Jawaban : a

8. Revolusi industri dan informasi telah membawa banyak perubahan dalam bidang pekerjaan di masyarakat yang mempermudah pola kerja. Staf independen yang menggunakan internet berkecepatan tinggi membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Selama mereka terhubung ke Internet, pekerjaan jarak jauh dapat dilakukan. Manakah dari berikut ini yang membahas dampak perkembangan teknologi informasi dan cara kerja masyarakat?

A. memudahkan akses terhadap layanan tertentu dalam jarak jauh b. menghemat waktu dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. mudah untuk bekerja di rumah atau bekerja dari rumah. memudahkan pencarian dan pengambilan informasi melalui akses internet. memfasilitasi akses ke media sosial atau streaming film dan musik

Kunci Jawaban : c

9. Kota-kota di Indonesia menghadapi masalah kemacetan lalu lintas yang serius, yang mengakibatkan pemborosan bahan bakar, polusi udara, pengeluaran rumah tangga, dan waktu yang terbuang sia-sia. Akibat banyaknya kendaraan yang tidak berada di jalan, kurangnya peraturan lalu lintas, sempitnya jalan menjadi penyebab kemacetan ini. Sebagai solusi budaya dan teknologi utama. . . .

A. perluasan jalan untuk teknologi rooftop dan solarb. untuk memperlebar dan memperlebar jalan kotac. menggunakan mobil ekonomi untuk angkutan umum. menggunakan energi matahari dan air untuk transportasi. mengemudi dengan angkutan umum listrik

Jawaban: e

10. Perhatikan gambar di bawah ini! Gambar 2.29 Peta Rencana Pembangunan PLTMH

Peta tersebut merupakan denah lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di kota Kalongan, di Curug Gending Asmara. Peta lokasi dibuat menggunakan citra satelit Google dan observasi lapangan oleh mahasiswa KKN tahun 2022. Tindakan positif apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kawasan tersebut secara permanen?

A. Tidak setuju, karena program pembangunan PLTMH sangat mahal. Setuju, karena airnya banyak dan PLTMH tidak memerlukan biaya besar untuk pemeliharaannya. Kami tidak setuju, karena listrik yang dihasilkan PLTMH akan berkurang di musim panas akibat berkurangnya air. Tidak setuju, karena perakitannya sulit dibuat dan biaya pemeliharaannya sangat tinggi dan itu bisa menjadi teknologi yang bisa digunakan. Diakui bahwa PLTMH merupakan program pengembangan energi terbarukan yang menyediakan energi bersih dan terjangkau bagi kehidupan

Jawaban: e

*) Disclaimer: Jawaban di atas digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anaknya.

Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri terlebih dahulu, dan menggunakan teks ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Latifah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *