Soal Wacana Reshuffle, Mendag Zulhas: Mau Tanggal 19 atau 20 Itu Prerogatif Presiden

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Rizki Sandi Subutra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan Indonesia (Mendag) Zulkifli Hasan angkat bicara soal pergantian menteri atau reformasi pemerintahan Indonesia di akhir kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Zulhaas, sebenarnya restrukturisasi merupakan hak prerogratif mutlak presiden.

“Iya restrukturisasi itu hak mutlak mereka Pak Presiden, mereka punya hak eksklusif,” kata Julhas saat ditemui awak media di Kantor DPP PAN, Rabu (14/8/2024).

Oleh karena itu Zulhas sebagai menteri sepenuhnya mengikuti dan tunduk hanya kepada Presiden Jokowi.

Dia juga mengatakan, tanggal restrukturisasi seharusnya sudah diperhitungkan oleh Presiden.

Namun terkait kabar restrukturisasi yang beredar saat ini, Julhas tak membeberkan kebenarannya secara detail.

“Rekonfigurasi yang ke-19 atau ke-20 terserah Presiden, itu hak prerogratifnya ya, itu hak prerogratif Presiden,” tegasnya.

Sebelumnya, pihak Istana melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayan membantah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet dalam beberapa hari mendatang.

Hal itu disampaikan Ari menanggapi kabar Jokowi akan merombak kabinetnya dalam waktu dekat.

“Belum ada rencana/tidak ada agenda reshuffle kabinet tanggal 14 atau 15 Agustus 2024, rumornya,” kata Aary, Rabu (14/8/2024).

Menurut Ari, sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, restrukturisasi merupakan hak prerogratif presiden. Renovasi ini dapat dilakukan jika diperlukan.

“Sebagaimana disampaikan Presiden kepada media pada 13 Agustus 2024 di IKN, pengangkatan dan pemberhentian menteri merupakan hak prerogratif Presiden yang dapat digunakan apabila diperlukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal isu reshuffle pemerintahan yang diperkirakan akan terjadi dalam waktu dekat. Menurut Presiden, kabinet bisa saja direshuffle jika diperlukan.

“Iya kalau perlu,” kata Jokowi kepada Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Ada kabar Jokowi akan merombak 4 kabinetnya. Beredar kabar dua menteri dari partai politik bakal hengkang dari pemerintahan.

Jokowi mengaku punya kewenangan untuk melakukan perombakan kabinet. Presiden kembali menegaskan bahwa restrukturisasi akan dilakukan jika diperlukan.

“Kalau perlu, saya sudah bilang jauh-jauh hari, kalau perlu saya punya kewenangan khusus,” ujarnya.

Jokowi akan melakukan perombakan kabinet lanjutan menyusul mundurnya Airlanga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar. Airlangga sendiri saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Meski demikian, Presiden mengatakan posisi Airlanga di pemerintahan masih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *