Oppo A3s di 2024: Apakah Masih Worth It? Lihat Spesifikasi dan Harganya

TRIBUNNEWS.COM – Oppo merupakan salah satu produsen ponsel yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Masih banyak produk yang masih diminati masyarakat meski sudah lama dirilis, salah satunya adalah Oppo A3s.

Oppo A3s merupakan salah satu produk yang mampu bersaing dengan smartphone lainnya. Dengan diperkenalkannya berbagai fitur dan spesifikasi, Oppo A3s telah menjadi perbincangan hangat. 

Lantas, apakah Oppo A3 masih layak dibeli di tahun 2024? Sementara itu, masih banyak produk lain yang tak kalah pentingnya, seperti Oppo A31. Untuk memberi Anda banyak pertimbangan, berikut kelebihan dan kekurangan Oppo A3.

Keunggulan OPPO A3s 

1. Desain Oppo A3s

Oppo A3s memiliki desain ramping yang dibalut warna merah. Bagian belakang perangkat menggunakan material komposit dengan kaca reflektif. Perpaduan warna merah dengan material kaca solid memberikan tampilan yang menarik. 

Di sisi kanan terlihat tombol atas dan bawah serta slot MicroSD. Sedangkan di sisi kiri terdapat tombol power. Di bagian bawah ponsel terdapat speaker, port USB, jack mikrofon, dan jack audio 3,5 mm. 

Sementara bagian atasnya dibuat sederhana sehingga tampilan perangkat tidak terlalu ramai. Ponsel pintar Oppo A3s berukuran 156,2 × 75,6 × 8,2 mm. Bobotnya tergolong ringan, hanya 168g sehingga sangat nyaman di genggaman dan mudah dibawa kemana saja. 

2. Layar yang digunakan 

Layar penuh berukuran 6,2 inci dengan resolusi 1520 x 720 piksel terlihat jelas di bagian depan ponsel ini. Di atas layar terdapat notch untuk menampung kamera depan atau selfie, penerima speaker, sensor jarak, dan LED notifikasi. 

Tampilan depan ponsel OPPO ini terlihat sangat lega sehingga memuaskan Anda saat mengakses multimedia maupun bermain game.  

3. Kamera bagus

Kamera pada smartphone ini terdiri dari satu kamera depan dan dua kamera belakang. Kamera depannya 8MP, dan kamera belakang 13MP dan 2MP. 

Terdapat juga lampu flash LED di bagian belakang perangkat yang memudahkan pengambilan foto dan video dalam kondisi gelap. 

4. Baterai 4230mAh

Baterai pada OPPO A3s berkapasitas besar yakni 4.230mAh. Dengan kapasitas daya yang besar, waktu pengisian baterainya memakan waktu sekitar 2 jam ketika baterai kurang dari 20 persen.

Sedangkan jika diisi dengan baterai lebih dari 20 persen akan memakan waktu 1 hingga 1,5 jam. Sementara itu, kisah daya tahan baterainya mampu bertahan hingga 48 jam. Jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti berkirim pesan, membuka email, browsing internet dan lainnya, OPPO A3 mampu bertahan hingga 24 jam. 

Sedangkan jika digunakan untuk streaming mampu bertahan hingga 5 jam. Jika digunakan untuk browsing internet biasa, daya tahan baterainya mampu bertahan hingga 9 jam. Sedangkan bermain game secara terus menerus bisa bertahan hingga 7 hingga 8 jam. 

5. Perangkat keras dan kinerja 

Oppo A3s diperkaya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan prosesor 8 Core 64-bit clock 1,8 Ghz serta GPU Adreno 506 memiliki konfigurasi penyimpanan dengan RAM 2 GB dengan ROM 16 GB. Memorinya bisa diperluas dengan tambahan kartu microSD berkapasitas hingga 256 GB. 

Saat Anda bermain game mobile, Anda bisa merasakan performa perangkat ini. Layarnya yang mengesankan membuat bermain game lebih menyenangkan dan tetap lancar tanpa gangguan apa pun. 

6. Komunikasi 

Untuk konektivitas OPPO A3s mendukung Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, port microUSB 2.0, USB On-The-Go dan 4G/3G/2G. Kecepatan download rata-rata 34,1 Mbps dengan upload 25,5 Mbps. Namun tetap tergantung pada penyedia yang digunakan. 

7. Harga 

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, berapa harga Oppo A3s? Dari segi harga, OPPO A3s tergolong murah. Harga OPPO A3 berkisar antara Rp1.496.000 hingga Rp2.699.000. Harga tersebut tergolong murah untuk sebuah smartphone premium dengan fitur, spesifikasi, performa, dan daya tahan baterai yang memuaskan.

Padahal smartphone ini memiliki banyak keunggulan dengan harga kurang dari Rp 2 jutaan. Namun bukan berarti Oppo A3s tidak memiliki kekurangan. Ada sedikit kekurangan yang akan Anda dapatkan, namun mengingat harganya yang murah masih lumayan.

Kekurangan OPPO A3s 

Tidak ada produk yang sempurna bahkan untuk produk smartphone premium sekalipun. Smartphone kelas atas juga memiliki sejumlah kekurangan, sehingga wajar juga jika Oppo A3s memiliki kekurangan untuk smartphone di bawah 2 jutaan.

Salah satu kekurangan OPPO A3s adalah kurangnya fast charge. Seperti yang kalian ketahui, ponsel masa kini sudah menggunakan fast charge, sehingga hal ini akan membantu mempercepat pengisian daya.

Namun penambahan baterai pada Oppo A3s tidak membutuhkan waktu lama. Jadi dalam hal ini reservasi tersebut masih sah. Meski fast charge akan menambah daya tarik Oppo A3.

Sedangkan untuk kualitas kameranya cukup memadai untuk Anda yang menggunakannya untuk kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Namun, jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan melihat bahwa gambar akan memiliki noise saat Anda menggunakan kamera di area dengan cahaya redup.

Sedangkan untuk layarnya tidak dilindungi perlindungan Gorilla Glass. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat menyimpannya. Jika tidak hati-hati, layar Oppo A3s bisa saja tergores, seperti terkena tombol, ritsleting dompet, pulpen, dan lain-lain. 

Baterai berkapasitas sekitar 4.230 mAh saat peluncuran sudah cukup untuk referensi mesin yang dipasang. Namun untuk penggunaan tahun 2024, kapasitas baterai Oppo A3s tergolong rendah.

Pasalnya, smartphone terbaru yang dirilis pada tahun 2022 biasanya menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh. Namun jika Anda hanya menggunakan Oppo A3 untuk pekerjaan sehari-hari dan bukan untuk bekerja, tetap disarankan.

Berikut beberapa kekurangan yang ditemukan pada Oppo A3s. Namun jika dibandingkan dengan smartphone terbaru, Oppo A3s pasti tertinggal jauh. Namun, jika Anda mencari smartphone berkualitas bagus namun dengan budget terbatas, Anda bisa memilih Oppo A3s.

Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan Oppo A3, tentunya informasi diatas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat ingin membelinya. Tak perlu kesana kemari, Anda bisa membeli OPPO A3 dengan harga murah dan terjangkau. Jika Anda sedang mencari Oppo A3 bekas, Anda bisa mengunjungi OLX karena banyak sekali iklan Oppo A3 bekas dalam berbagai kondisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *