PINTU Incubator Kembali Mengirim Brand Mode Indonesia ke Première Classe, Paris Trade Show 2024

Pekan Mode TRIBUNNEWS.

Melalui inisiatif ini, Pintu Inkubator melanjutkan misinya untuk membina talenta muda berbakat di industri fashion untuk mengembangkan bisnis berkelanjutan di pasar internasional.

PINTU Inc. .

Program ini menyatukan budaya yang berbeda dan mempromosikan kolaborasi antara lingkungan mode lokal dan global.

Melalui seminar dan kolaborasi dengan institusi dan orang-orang penting di Indonesia dan Perancis, Pintu Inkubator berhasil membuka peluang bagi brand/desainer muda untuk memperluas pengetahuan dan menemukan solusi bagi pengembangan bisnisnya. 

Tak hanya itu, Pintu Inkubator juga mengedepankan pertukaran budaya sehingga diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta fesyen baru yang menghargai nilai-nilai budaya sekaligus merangkul dunia.

Fabian Penon, Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, menjelaskan: “Pintu menjalin kemitraan baru antara Perancis dan Indonesia di bidang fashion. 

Sejak dimulainya pada tahun 2022, program ini telah mendukung lebih dari tiga puluh lima desainer di kedua negara. Untuk ketiga kalinya, dua puluh desainer dan pakar fesyen Perancis akan mengambil bagian dalam berbagai program termasuk pertemuan bisnis, peragaan busana, konferensi, kunjungan studio, dan konsultasi. 

Akhir pekan ini, para desainer Indonesia akan terpilih untuk memamerkan koleksinya di Paris pada September 2024. Program PINTU merupakan kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang-orang yang penuh semangat, bertukar ide, dan menghadapi tantangan untuk menjangkau pasar internasional. ”

Pada tahun 2024 Pintu Inkubator akan mencetak sejarah baru dengan berkolaborasi dengan École Duperré Paris, sekolah mode terkemuka di Perancis, yang akan menawarkan beasiswa 6 bulan kepada peserta PINTU. Sekolah mode ini menerima jumlah siswa yang sangat sedikit setiap tahunnya, termasuk siswa dari Perancis.

Theresia Maretta, pendiri Lekan Indonesia sekaligus pendiri Pintu Inkubator, mengungkapkan kebahagiaannya: “Kami senang program Pintu 2024 mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak. Program ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan Pintu C. Ekosistem yang dinamis yang mempertemukan pemain-pemain fashion show generasi baru dari Indonesia dan Perancis.

Mendorong pemberdayaan dan pembangunan bagi semua peserta, memfasilitasi pertumbuhan dan pembangunan bagi semua yang terlibat, baik secara nasional maupun internasional. Menjadi bagian dari jaringan lingkungan hidup global yang mempunyai dampak signifikan terhadap bagaimana kita dapat mulai mendapatkan pengakuan internasional. ”

Soegianto Nagaria, Direktur JF3 dan Co-Inisiator Pintu Inkubator, mengatakan, “JF3 telah mendukung dan memberdayakan usaha kecil dan menengah di wilayah tersebut selama 20 tahun sebagai program hiburan utama di Indonesia, termasuk PINTU Inkubator juga mencakup program yang berfokus pada pengembangan kreativitas generasi muda dan membantu mereka mengembangkan bisnisnya.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari Pintu Inkubator, melihat talenta-talenta muda berbakat ini menerima penghargaan dan hadiah di industri fashion global, yang merupakan salah satu cara kami melestarikan warisan tradisional Indonesia.”

Untuk ketiga kalinya di tahun ini Pintu Incubator mengikuti Premier yang berlangsung pada tanggal 28 hingga 30 September 2024, di Carousel du Louvre, Paris. Kali ini terpilih dua brand fashion Indonesia yang siap memasuki pasar fashion internasional, yakni Enigma dan Sensus.

ENIGMAA Fashion memadukan seni dan mode, menciptakan desain modern yang terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia. Setiap kreasi buatan tangan terbuat dari 100 persen serat organik, menakjubkan dan dibuat oleh pengrajin ahli di Jawa Tengah dan Bali.

Mengutamakan bahan organik, Enigma Art Textile tidak hanya menyediakan produk berkualitas tinggi, namun juga mengedepankan keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan dalam setiap langkah produksinya.

Koleksi baru yang diberi nama “Circulation” terinspirasi oleh kolaborasi antara desainer, pengrajin, produsen, pengecer, dan konsumen.

Koleksinya menampilkan siluet ramah lingkungan yang berkisar pada teknik menjahit tanpa limbah, dan memadukan fungsionalitas serbaguna dengan desain uniseks untuk menciptakan gaya penuh gaya dan canggih untuk semua gaya busana. Informasi selengkapnya dapat dilihat di akun Instagram @enigmartextile dan www.enigmartextile.com  

Sense Merek ini menghadirkan warisan budaya secara modern dengan memadukan gaya tradisional dengan pakaian modern. Menampilkan jahitan yang kuat dan detail halus, ini menunjukkan keahlian luar biasa dan perhatian terhadap detail.

Semua pakaian dibuat dengan pengerjaan yang bagus. Melalui koleksi “Gala Part 01”, Sense akan menghadirkan koleksi yang terinspirasi dari tradisi legendaris Jawa Roro Jonggrang. Gala berasal dari bahasa Jawa yang berarti “berteriak” dalam bahasa Inggris, tercermin dalam produksi pakaian, desain warna.

Koleksinya memberi penghormatan kepada mitologi Indonesia kuno melalui kain putih dan kuning, memadukan gaya tradisional dengan kain modern dan siluet modern. Penggambaran beragam rempah, tumbuhan, dan hewan sebagai inspirasi utama desainnya banyak dijumpai pada budaya Jawa Tengah. Pelajari lebih lanjut tentang Sense di Instagram @ studio.sense dan www.studio-sense.com 

Selain mengirimkan dua brand fesyen Tanah Air, brand peserta PINTU Incubator tahun 2023, FUGUKU, juga akan mengikuti putaran pertama untuk kedua kalinya. 

FUGUKUBrand ciptaan para inovator muda berbakat di Jakarta menghadirkan produk-produk baru yang inovatif menggunakan botol plastik daur ulang. Fuguku memasuki kancah fashion Indonesia pada tahun 2022, dengan filosofi dan desain yang membutuhkan kekuatan ikan buntal atau dikenal dengan istilah “fugu” dalam bahasa Jepang.

Baju Fuguku dibuat dengan inovasi berdasarkan teknik tenun tradisional Indonesia – teknik memadukan pakaian dengan menggunakan botol PRET daur ulang.

Fuguku berkomitmen terhadap keberlanjutan, menggunakan bahan daur ulang dan memberdayakan komunitas lokal melalui solusi inovatif. Fuguku kembali hadir dengan koleksi bertajuk “Waterways”, terinspirasi dari dunia luar yang penuh warna cerah dan pola organik, koleksi ini memadukan teknik tradisional Indonesia dengan elemen desain. Cari tahu lebih lanjut tentang Apakabar di www.fuguku.com dan Instagram @Fuguku.id.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pintu Incubator, Anda dapat menghubungi melalui website www.pintuincubator.co.id atau Instagram @pintu_incubator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *