Rusia Ancam Hancurkan, Jika AS-Inggris Kirim Rudal Jarak Jauh ATACMS dan Storm Shadows ke Ukraina

 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Rusia mengancam akan menghancurkan segala upaya Amerika Serikat untuk mengirim rudal jarak jauh ATACMS ke Ukraina untuk mendukung serangan negara itu terhadap Rusia.

ATACMS adalah sistem rudal taktis Angkatan Darat Amerika Serikat yang dirancang sebagai rudal jarak jauh dengan jangkauan 190 mil atau 305 kilometer.

Rusia juga mengancam akan menghancurkan rudal jarak jauh Storm Shadows yang dipasok Inggris untuk melawan Ukraina.

Rudal Storm Shadows merupakan rudal jarak jauh dan memiliki jangkauan 155 mil atau sekitar 249 kilometer.

Sejauh ini, Ukraina telah menembakkan dua rudal ke sasaran Rusia di wilayah yang diakui secara internasional sebagai wilayah Ukraina. Ukraina menggunakan rudal ATACMS dan Storm Shadows untuk menyerang pangkalan di Rusia.

Rusia memperingatkan Barat pada Rabu (9/11/2024) bahwa keputusan apa pun yang mengizinkan Rusia menyerang Ukraina dengan rudal jarak jauh milik Barat akan memperdalam keterlibatan langsung AS dan Eropa dalam perang Rusia-Ukraina. .

Situasi ini akan memicu respons Rusia.

Rusia mengeluarkan peringatan tersebut ketika pejabat senior pemerintah Ukraina meminta Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy selama kunjungan bersama ke Kiev untuk mengizinkan Ukraina meluncurkan rudal ATACMS jarak jauh AS dan rudal jelajah Storm Shadow Inggris, menurut laporan Reuters. . Salah satu target terdalam Rusia.

Washington sebelumnya enggan memberikan senjata jarak jauh ke Ukraina, karena khawatir hal itu dapat meningkatkan konflik yang telah berlangsung selama 2,5 tahun. Namun ada tanda-tanda bahwa posisi AS sedang berubah.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa pemerintahannya “sedang mengerjakan hal tersebut saat ini,” ketika ditanya apakah ia akan mencabut pembatasan penggunaan rudal mirip ATACMS oleh Kiev.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa Moskow mencurigai keputusan AS yang mengizinkan Kiev menembakkan rudal ke Rusia sudah dibuat. Jadi, jika ini terjadi maka jawabannya akan tersedia. Storm Shadows merupakan rudal jarak jauh asal Inggris dan memiliki jangkauan 155 mil atau sekitar 249 kilometer.

“Itu (tanggapan kami) adalah tanggapan yang tepat,” kata Peskov.

Menurutnya, keterlibatan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dalam konflik Ukraina bersifat langsung, dan setiap langkah baru meningkatkan tingkat keterlibatan tersebut.

Vyacheslav Volodin, ketua Duma Negara, majelis rendah parlemen Rusia dan sekutu dekat Presiden Vladimir Putin, mengatakan Moskow akan terpaksa menggunakan senjata yang lebih kuat dan mematikan terhadap Ukraina jika Kiev mulai meluncurkan rudal jarak jauh Barat ke Rusia.

“Washington dan negara-negara Eropa lainnya berpartisipasi dalam perang di Ukraina,” kata Volodin melalui telegram.

Sergei Ryabkov, salah satu wakil menteri luar negeri Rusia, seperti dikutip oleh kantor berita negara mengatakan bahwa Moskow prihatin dengan apa yang disebutnya sebagai situasi eskalasi yang berbahaya.

Rusia akan mencoba menghancurkan rudal ATACMS jarak jauh yang dipasok ke Ukraina oleh AS.

“Semuanya akan dihancurkan, sama seperti senjata AS sebelumnya yang dipasok ke rezim Kiev,” kata Ryabkov, menurut TASS. Namun, bahaya dan risikonya semakin meningkat, katanya.

Penulis : Barathut Takia Rafi | Sumber: Uang

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *