Dikepung 7 Front, Israel Masih Cari Masalah Sama Mesir, Klaim Temukan Terowongan Besar di Perbatasan

TRIBUNNEWS.COM – Israel menggunakan dalih menemukan serangkaian terowongan berstatus “khusus” di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir untuk mempertahankan kendali atas wilayah tersebut.

Pada Senin (5/8/2024), pasukan pendudukan Israel (IDF) merilis foto-foto “terowongan luar biasa besar” yang mereka klaim telah ditemukan pekan lalu di perbatasan Gaza-Mesir.

“Terowongan itu tingginya sekitar tiga meter dan cukup besar untuk dilewati semua kendaraan,” menurut pernyataan IDF yang disiarkan oleh RNTV pada hari Senin.

Terowongan tersebut ditemukan di sepanjang Koridor Philadelphia dan dieksplorasi oleh teknisi tempur IDF sebelum pembongkaran dimulai.

IDF sebelumnya mengklaim telah menemukan setidaknya 25 terowongan melintasi Mesir. ISRAEL INGIN MENGONTROL – Lokasi Koridor Philadelphia (juga dikenal sebagai Poros Salah al-Din) di perbatasan dengan Mesir di Jalur Gaza. Israel ingin menguasai wilayah tersebut dengan dalih mengendalikan gerakan Hamas di Jalur Gaza. (jcpa) IDF tidak ingin menarik pasukannya dari Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah

Terkait hal tersebut, Perdana Menteri pendudukan Israel, Benjamin Netanyahu, dalam video yang diunggah di situs X mengumumkan bahwa Israel tidak akan menarik pasukannya dari Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah.

Netanyahu mengatakan dalam sebuah tweet bahwa dia “bersedia melakukan apa pun untuk menjamin pembebasan para sandera sambil menjaga keamanan Israel.”

Netanyahu menegaskan komitmennya untuk terus menekan Hamas agar membebaskan seluruh sandera.

Dia menambahkan: “Komitmen kami sepenuhnya bertentangan dengan kebocoran dan disinformasi mengenai masalah pembebasan sandera.”

“Pengarahan ini merusak perundingan, menyesatkan keluarga para sandera dan memberikan kesan yang salah bahwa Hamas telah mencapai kesepakatan ketika pemerintah Israel menentangnya,” katanya.

Netanyahu mengatakan dia tidak menambahkan tuntutan apa pun ke dalam rancangan proposal negosiasi kesepakatan senjata, dan bersikeras bahwa sebagian besar perubahan didukung oleh Hamas.

Dia melanjutkan tuduhannya, dengan alasan bahwa Hamas tidak mengurangi tuntutannya untuk mencegah Israel kembali berperang, dan bahwa Hamas telah menuntut penarikan pasukan dari Koridor Philadelphia dan perbatasan Rafah.

“Kami tidak akan menarik pasukan dari koridor Philadelphia dan penyeberangan Rafah,” tegas Netanyahu.

Dia menambahkan: “Hamas menolak mekanisme apa pun yang mencegah senjata dan militan memasuki Gaza utara. Hamas, bukan kami, yang menghalangi kesepakatan itu dan menolak garis besarnya.” Abaikan peringatan Mesir selama pengepungan 7 front

Manuver tentara IDF untuk melepaskan dan menguasai perbatasan Mesir-Gaza di perlintasan Rafah mengabaikan peringatan berulang kali Mesir bahwa tindakan tersebut berpotensi meningkatkan konflik di Timur Tengah.

Selain itu, Israel saat ini dikepung oleh 7 medan perang: Gaza, Tepi Barat, Lebanon, Suriah, Irak, Yaman, dan Iran.

Sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada 7 Oktober, Mesir diketahui telah melakukan serangkaian upaya untuk menutup sepenuhnya perbatasan antara negaranya dan Gaza.

Mesir telah membangun tembok perbatasan beton sedalam enam meter dan menutupinya dengan kawat berduri.

Mereka juga membangun barikade dan meningkatkan pengawasan di pos perbatasan, kata sumber keamanan.

April lalu, badan intelijen negara Mesir merinci beberapa tindakan yang diambil di seluruh perbatasannya sebagai tanggapan atas tuduhan Israel bahwa Hamas telah menyelundupkan senjata dari Mesir.

Penghalang tiga garis ini akan membuat penyelundupan di darat atau di bawah tanah menjadi mustahil, katanya.

Gambar yang dibagikan kepada Reuters oleh kelompok independen Yayasan Hak Asasi Manusia Sinai menunjukkan bahwa beberapa tanggul dibangun di balik tembok pada bulan Desember.

Gambar selanjutnya, yang diklaim kelompok tersebut diambil pada awal Februari, menunjukkan tiga lapis kawat berduri melingkar vertikal dipasang di bagian atas tembok.

Citra satelit dari bulan Januari dan Desember juga menunjukkan pembangunan baru sepanjang 13 km (8 mil) di perbatasan dekat Rafah dan tembok di ujung utaranya yang memanjang hingga ke pantai.

Mesir mengirim sekitar 40 tank dan kendaraan lapis baja ke timur laut Sinai pada bulan Februari dan telah bersiaga sejak saat itu.

Langkah Mesir ini akan menjadi bagian dari langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasannya dengan Jalur Gaza, kata dua sumber keamanan Mesir kepada Reuters.

Seorang pejabat senior pemerintah Mesir mengatakan Kairo siap menghadapi segala kemungkinan skenario mengenai situasi di Rafah sehubungan dengan agresi militer Israel.

Al Qahera News TV mengumumkan pada Selasa (13/2/2024) bahwa pemerintah Mesir memantau dengan cermat situasi di perbatasan dan di Rafah, mengingat serangan tentara Israel (IDF) di wilayah tersebut. Ada ancaman rusaknya hubungan Mesir-Israel dan perang pun terjadi

Mesir dan Israel telah hidup damai selama lebih dari empat dekade.

Kedua negara telah memperluas hubungan dalam beberapa tahun terakhir melalui ekspor gas alam Israel dan koordinasi keamanan di sekitar perbatasan bersama dan Jalur Gaza.

Setelah Hamas menguasai wilayah tersebut pada tahun 2007, kedua negara menutup Gaza dan sangat membatasi pergerakan orang dan barang melintasi perbatasan.

Namun, karena operasi militer Israel saat ini di Gaza adalah respons terhadap serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, hubungan tersebut berada di bawah tekanan dan berisiko retak.

Mesir telah berulang kali memperingatkan bahwa serangan Israel dapat mendorong warga Gaza yang putus asa ke Sinai.

Mesir juga membenci manuver Israel yang mengambil kendali penuh koridor perbatasan Gaza-Mesir untuk menjamin demiliterisasi wilayah Palestina.

Pada bulan Januari, Mesir mengumumkan dua operasi untuk memerangi perdagangan narkoba di Sinai timur laut dalam upaya untuk menegaskan kendalinya atas wilayah tersebut.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa restrukturisasi keamanan di perbatasan, yang menurutnya masih memiliki beberapa terowongan, terus didiskusikan antara kedua negara.

Pejabat itu mengatakan Israel berusaha mengatur pergerakan pengungsi Palestina ke utara menjelang operasi militer di Jalur Gaza.

Sumber-sumber keamanan Mesir membantah bahwa perundingan telah terjadi, dan mengatakan bahwa mereka memprioritaskan upaya untuk mencapai gencatan senjata di Gaza. Tentara Mesir menjaga perbatasan Rafah-Gaza saat kunjungan duta besar Dewan Keamanan PBB, 11 Desember 2023. (Giuseppe CACACE/AFP) Dalih Israel untuk mengontrol perbatasan

Pada saat itu, intelijen negara mengklasifikasikan tuduhan penyelundupan tersebut sebagai “kebohongan” yang dirancang untuk menutupi niat Israel menduduki zona penyangga perbatasan yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

Mesir juga menuduh Israel membatasi bantuan ke Gaza, di mana ancaman kelaparan meningkat dan para pekerja bantuan telah memperingatkan penyebaran penyakit tersebut.

Israel membantah telah menangguhkan atau menahan bantuan kemanusiaan.

Belakangan, upaya konkrit Israel menguasai perbatasan Mesir-Gaza di perlintasan Rafah dimaksudkan untuk mencegah Hamas memobilisasi wilayah tersebut saat IDF mendudukinya.

Sebagai bagian dari penolakan negara-negara Arab untuk mengulangi apa yang disebut oleh Palestina sebagai “Nakba” atau “malapetaka”, Mesir telah mengisyaratkan penolakannya untuk mengizinkan warga Palestina meninggalkan Gaza.

Saat itu, sekitar 700.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat perang yang sedang berlangsung di sekitar Gaza. Penciptaan Israel pada tahun 1948.

Menurut para diplomat dan pakar, Mesir juga khawatir akan infiltrasi Hamas dan penerimaan pengungsi dalam jumlah besar.

Pada bulan Oktober, Presiden Abdel Fattah al-Sisi memperingatkan bahwa penggusuran tersebut dapat mengubah Sinai menjadi basis serangan terhadap Israel. Tetap setia pada Kesepakatan Camp David

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Mesir berkomitmen menjaga perjanjian damai dengan Israel

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shukri mengatakan pada bulan Februari bahwa negaranya berkomitmen untuk menepati perjanjian damai dengan Israel, lapor Anadolu Agency.

“Ada perjanjian perdamaian antara Mesir dan Israel yang telah berlaku selama 40 tahun dan kami telah membuat perjanjian tersebut kredibel dan efektif dan akan terus melakukannya selama periode ini,” kata Shukri pada konferensi pers dengan mitranya. Tanja Fajon Slovenia di ibu kota Ljubljana.

Komentarnya menyusul laporan media AS sebelumnya bahwa Kairo mengancam akan mengakhiri perjanjian damai dengan Israel atas rencana melancarkan serangan darat di kota perbatasan Rafah, Mesir.

Mesir menandatangani Perjanjian Camp David dengan Israel pada tahun 1979, yang menyatakan Tel Aviv menarik diri dari Semenanjung Sinai.

Shoukry mengatakan Kairo berusaha menjadi perantara kesepakatan antara Hamas dan Israel untuk membebaskan sandera dan mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Tentara Israel berencana melancarkan serangan darat di Rafah, rumah bagi lebih dari 1,4 juta orang yang mengungsi dari perang, untuk mengalahkan sisa “batalion Hamas” di Tel Aviv.

Warga Palestina telah mengungsi di Rafah ketika Israel menyerang daerah kantong lainnya sejak 7 Oktober.

Pemboman Israel berikutnya menewaskan lebih dari 35.000 korban dan menyebabkan kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan dasar.

Menurut PBB, perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk wilayah tersebut mengungsi karena kekurangan makanan, air minum, dan obat-obatan, dan 60 persen infrastruktur wilayah tersebut telah rusak atau hancur.

Pada akhir tahun 2023, Afrika Selatan mengajukan kasus ke Mahkamah Internasional yang menuduh Israel melanggar kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida 1948.

Dalam keputusan sementara pada bulan Januari, pengadilan PBB menguatkan klaim Afrika Selatan.

Mereka memerintahkan pemerintah Israel untuk mengambil tindakan sementara untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza.

(oln/rntv/aja/berbagai sumber/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *