Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono Ingatkan Krisis Iklim Sebabkan Kepunahan Umat Manusia

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Fahdi Fahlev

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim khusus Presiden RI Diaz Hendropriyono mengingatkan pentingnya manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Pesan tersebut disampaikan Diaz dalam film dokumenter bertajuk “Dangerous Human Beings: Towards Zero Missions?”.

Dalam film tersebut, Diaz mengatakan bahwa krisis iklim akan menyebabkan punahnya kehidupan manusia di Bumi kecuali gaya hidup kita menjadi lebih ramah lingkungan.

“Saya tanya di akhir buku dengan penjelasan tentang perubahan iklim, pemanasan global, kita memang berada di persimpangan jalan, mau jalan ke mana kawan? Apakah kita ingin menuju Indonesia dengan emisi nol atau kita menjalankan misi nol-hijau?” kata Diaz, Jumat (10/4/2024).

Filmnya sendiri berdurasi sekitar satu jam dan menampilkan ratusan EcoPreneur dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Diaz, masyarakat luas perlu mendorong dan mendukung gerakan ini agar inovasi produk ramah lingkungan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selebriti Deddy Corbuzier membantu produksi film ini. Dalam kesempatan tersebut, Deddy mengaku tertarik untuk berpartisipasi karena merasa terpanggil dan ingin berbicara mengenai bahaya pemanasan global dan perubahan iklim.

“Masalahnya, saat ini buku-buku yang isinya luar biasa padat sekali sehingga saya tidak yakin anak-anak zaman sekarang begitu memperhatikan membaca buku. Jadi idenya kami memfilmkan bukunya karena saat kami memfilmkannya, rentang perhatiannya lebih lama,” ujarnya.

Acara tersebut sebelumnya juga menampilkan panel bedah buku yang menjadi dasar pembuatan film ini.

Buku dengan judul yang sama dengan filmnya ini dirilis pada tahun lalu, tepatnya November 2023.

Film dokumenter ini akan ditayangkan secara simultan pada 4 Oktober 2024 dan dapat diakses di YouTube.

Diskusi panel dimoderatori oleh Cazadira Fediva Tamzil selaku Head of Public Policy Pijar Foundation dan dihadiri oleh lima perwakilan EcoPreneurs dari berbagai sektor yaitu Kevin Pudjiadi dari Casion, Helga Angelina dari Green Rebel Foods, Bob Effendi dari Thorcon Power Indonesia , Juan Apriliano dari. Plana dan Tommy Tjiptadjaja dari Greenhope Indonesia.

Tommy mengapresiasi Diaz dan rekan-rekan EcoPreneur yang terus mengupayakan kelestarian lingkungan dalam pengembangan usahanya: “Terima kasih Mas Diaz karena telah mendukung kami ecopreneur. Saya rasa bagi kita semua beliau adalah bapak ecopreneur.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *