Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 190 191 192 Kurikulum Merdeka, Latihan D Kekongruenan

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kunci jawaban Matematika Kelas 9 halaman 190, 191 dan 192 Kurikulum Merdeka.

Halaman ini ada di Bab 3 yang disebut Transformasi Geometris.

Pada halaman 190, 191 dan 192 siswa diminta melakukan Kegiatan Konjungsi D. Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 190 Kurikulum Mandiri

Sintaks Latihan D

Pemahaman Pemahaman

1. Benar atau salah. Suatu bangun datar dan bayangannya merupakan hasil perputaran dua bangun datar yang bersesuaian.

Jawaban: Memang benar. Gaya yang cocok harus cocok.

2. Benar atau salah. Dua bangun datar yang sebangun mempunyai luas dan keliling yang sama.

Jawaban: salah. Bangun-bangun yang mempunyai luas dan keliling yang sama belum tentu kongruen. 

3. Benar atau salah. Untuk menentukan kekongruenan dua bangun datar, kita harus selalu menguji apakah sisi-sisi dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Jawaban: salah. Kita dapat dengan mudah membuktikan bahwa dua sisi mempunyai panjang yang sama dan sudut-sudut yang dibentuk oleh kedua sisi tersebut juga besarnya sama.

4. Jika dua segitiga mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang dan sudut-sudut yang ditarik oleh sisi-sisi tersebut sama besar, maka kedua segitiga tersebut kongruen. Pernyataan ini sesuai dengan standar _____.

Jawaban: S-Sd-S

5. F Jika ΔMDN ≅ ΔKPG, maka MN = _____.

Jawaban: MN = KG.

Penerapan Konsep Dasar

6. Perhatikan bangun mendatar dan bayangannya pada gambar 3.67! Tampilkan rangkaian transisi tajam yang memunculkan angka horizontal AMBON pada gambarnya, yaitu A’M’B’O’N’!

Jawaban : Terjemahkan bilangan mendatar AMBON menjadi (-3 -3). Kemudian arahkan ke titik pusat O(0,0). Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 191 Kurikulum Mandiri

7. Perhatikan empat bentuk bidang pada gambar 3.68! Pilihlah bentuk horizontal yang cocok dengan bentuk horizontal I! Tunjukkan mengapa bentuk bidang yang anda pilih mirip dengan bentuk bidang I!

Jawaban: Nomor yang sesuai dengan I adalah nomor pesawat III. Karena jika bentuk mendatar I dijabarkan kira-kira (-6 -1) kemudian ditampilkan pada sumbu y, maka akan berhimpitan dengan bentuk mendatar III.

8. Kedua bangun datar pada Gambar 3.69 berbentuk segi enam beraturan. Apakah kedua segi enam itu serupa? Mengapa?

Jawaban: Ya, kedua segi enam beraturan itu sama. Karena semua sisi dan sudutnya sama besar

9. Paulina menggambar segitiga sama sisi ABC. Tepat di tengah-tengah sisi AC, AB, dan BC ia menggambar titik K, L, dan M. Lihat gambar 3.70. Berdasarkan pengamatannya, Paulina menduga segitiga KLM merupakan segitiga sama sisi. Apakah Anda setuju? Mengapa?

Jawab: Ya, karena panjang KC = KA = AL = LB = BM = MC dan sudut ∠A = ∠B = ∠C = 60°, maka panjangnya harus KM = KL = LM.

10. Pada Gambar 3.71, AC = BC, ∠A = ∠B, dan ∠ACG = ∠BCH. Tunjukkan bahwa ΔACH ≅ ΔBCG dan ΔDFG ≅ ΔEFH!

Jawaban: Misalkan ∠GCH = α. Maka ∠ACH=∠ACG+α=∠BCH+α=∠BCG… (1)Karena ∠HAC=∠GBC, AC = BC, dan ∠ACH=∠BCG, maka ∆ACH≅∆BCG ( Sd-S-Sd ). Perhatikan bahwa ∆ACD≅∆BCE (Sd-S-Sd). Jadi dengan menggunakan sifat sudut yang berhadapan kita peroleh ∠GDF=∠ADC=∠BEC=∠HEF…(2) Hal yang sama juga berlaku untuk ∠FDG=∠FEH…(3) Perhatikan bahwa ∆AFB sama kaki ] g AF = BF dan AD = BE, pasti DF = EF…(4). Kunci Jawaban Matematika Halaman 192 Kurikulum Merdeka

11. Titik sudut suatu segitiga mempunyai koordinat (0, 2), (4, 1) dan (2, 4). Segitiga lainnya, dua titiknya memiliki koordinat (-4,1) dan (-2,-1). Berapakah koordinat sudut segitiga kedua yang belum diketahui sehingga kedua segitiga tersebut kongruen?

Jawaban: Ada 4 titik pertemuan kedua segitiga. Kemampuan I : (0,2) Kemampuan II : (-1,3) Kemampuan III : (-6,-2) Kemampuan IV : (-5,- 3)

*) Penyataan: 

– Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.

– Sebelum siswa melihat kunci jawabannya, sebaiknya mereka menjawab sendiri terlebih dahulu, kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *