Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 138 dan 139 Kurikulum Merdeka, Berdiskusi 

TRIBUNNEWS.COM – Berikut Silabus Merdeka 2023 Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI halaman 138 dan 139 edisi revisi.

Pada halaman 138 dan 139 silabus Merdeka revisi tes bahasa Indonesia edisi ke-4, siswa diminta menjawab serangkaian pertanyaan berdasarkan materi pelajaran. ‘Petualangan di Sabana Sumba’

Sebelum melihat kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 4 halaman 138 dan 139 kurikulum Merdeka revisi, siswa harus mampu menjawab soal secara mandiri.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Edisi 4 halaman 138 dan 139 Revisi Silabus Merdeka untuk dibahas.

Bentuklah kelompok diskusi yang terdiri dari 5-6 orang.

1. Apa pendapat Anda tentang “Petualangan di Sabana Simba” secara keseluruhan? Apakah judul menggambarkan isi cerita? untuk berdiskusi

Menjawab:

Teks bertuliskan “Petualangan Simba di Sabana” cukup menarik.

Pesan ini menunjukkan rencana liburan yang Anda rencanakan. Pasalnya, karakter “Aku” perlu menabung untuk memenuhi rencana liburannya bersama Simba.

Judul tidak menjelaskan isi cerita karena judulnya yang menjelaskan ‘Petualangan Simba di Sabana’ namun isi paragraf masih belum menjelaskan petualangan karakter di Sabana.

Cerita berakhir dengan petualangan karakter baru akan dimulai besok setelah persiapan mengunjungi Savannah selesai.

2. Simak sumber bacaan lainnya tentang Savannah! Anda dapat menemukannya di perpustakaan sekolah. perpustakaan digital atau di internet

Menjawab:

Savannah merupakan salah satu jenis hutan yang diklasifikasikan menurut iklimnya. Sabana mudah ditemukan di kawasan timur Indonesia seperti Pulau Kanawa, Pulau Simbawa.

Tipe hutan sabana terdapat di wilayah dengan perpaduan iklim tropis dan subtropis. Curah hujan dan suhu rendah menjadi faktor terbentuknya hutan ini.

Savannah merupakan daratan yang unik karena iklimnya yang tidak terlalu kering hingga menjadi gurun pasir. dan tidak terlalu basah untuk menjadi hutan perawan. Curah hujan sekitar 30 mm per tahun menciptakan hutan sabana alami.

Ketika hujan hanya sedikit Tanaman sulit menyerap air dan bertahan hidup. Kondisi ini berarti hanya jenis rumput yang mampu bertahan dan beradaptasi di sabana.

Namun, Savannah dapat berubah tergantung pada jumlah curah hujan. Saat memasuki musim kemarau Sabana akan menjadi hutan. Dan ketika musim hujan tiba, menjadi hutan yang terbakar.

Suhu rata-rata di sabana hangat dan konsisten sepanjang tahun. Sabana masih memiliki peluang turun hujan bahkan saat suhu hangat, sebesar 100 mm hingga 150 mm per tahun.

Ada berbagai jenis sabana tergantung pada iklim tropis di wilayah tersebut. Sabana tersebar di beberapa wilayah, antara lain Afrika Timur, Amerika Selatan, Afrika, dan Australia.

Sumber: ProtectHutan.com

3. Diskusikan informasi yang anda peroleh dengan kelompok anda.

Anda dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai panduan.

Selain Bukit Warringah di Sumba, adakah sabana di wilayah lain di Indonesia?

B. Apakah ada nama lain untuk sabana?

C. Hewan apa saja yang hidup di sabana?

D. Bagaimana seharusnya sikap wisatawan saat mengunjungi Savannah untuk melihat kuda liar?

E. Bagaimana seharusnya perilaku wisatawan ketika mengunjungi suatu destinasi wisata?

Menjawab:

Salah satunya di sini, Gunung Bromo, Savannah, Savannah Gunung Merabu dan Balon Savannah.

B. Savannah, nama lainnya adalah padang rumput.

C. Singa, hyena, cheetah, zebra, jerapah, unta, dan bahkan gajah afrika.

D. Mengatur dan mengikuti aturan.

E. Buanglah sampah pada tempatnya, ikuti aturannya dan jangan menimbulkan kerusakan.

*) Penafian:

– Artikel ini diperuntukkan bagi orang tua hanya sebagai panduan dalam proses belajar anaknya.

– Sebelum melihat form cek jawaban Siswa harus menjawab sendiri terlebih dahulu. Kemudian gunakan artikel ini untuk mengedit pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Nurkhasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *