Preview Indonesia vs Yaman U20, Fokus Penuh Duel Penentuan, Live SCTV Minggu 29 Sep Pukul 19.30 WIB

Pratinjau Indonesia v Yaman U20, Fokus Penuh Tentukan Duel, SCTV Live, Minggu 29 September Pukul 19.30 WIB

TRIBUNNEWS.COM- Timnas U-20 Indonesia akan melakoni laga penentu fase Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. 

Pada laga terakhir, Garuda Nusantara – disebut-sebut sebagai Tim Nasional U-20 Indonesia, menghadapi lawan sebanding, Yaman U-20.

Laga Timnas U20 Indonesia melawan Yaman U20 akan digelar di venue yang sama dengan laga terakhir, Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (29/9) pukul 19.30 WIB.

Timnas U-20 Indonesia punya modal positif jelang menghadapi Yaman Bahagia – julukan timnas Yaman. Tak ubahnya Yaman, Garuda Nusantara juga berhasil meraih poin sempurna pada dua laga sebelumnya.

Dony Tri Pamungkas Cs, berhasil mengalahkan Maladewa 4-0, disusul kemenangan 3-1 atas Timor-Leste pada Jumat (27/9). Di kubu lawan, Yaman berhasil mengalahkan Timor Timur 3-1 dan mengalahkan Maladewa 3-0.

Meski demikian, pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Syafri menegaskan anak asuhnya harus tetap fokus penuh untuk menghadapi laga final ini.

Pasalnya, laga ini akan menjadi penentu siapa yang mendapat tiket langsung bermain di Piala Asia U-20 yang akan digelar di China tahun depan.

Saya kira kedua tim yang bermain besok harus menang karena dengan kemenangan ini mereka bisa lolos ke Piala Asia, kata Indra Syafri dalam jumpa pers usai laga melawan Timor Timur.

Makanya kami fokus pada pertandingan ketiga dan melupakan dua pertandingan sebelumnya, mudah-mudahan besok pemain dalam kondisi terbaiknya, harapnya.

Striker Timnas U-20 Indonesia Muhammad Ragil mengaku optimistis menatap laga melawan Timor Timur. Kepercayaan diri pemain Bhayangkara FC tak bisa hilang usai membuka rekening golnya berseragam timnas Indonesia.

Raghil sukses mencetak satu gol pada laga melawan Timor-Leste pada laga kedua kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Jumat (27/9).

Memanfaatkan umpan silang pemain sayap Timnas Indonesia Donny Tri Pamungkas, Ragil dengan percaya diri melepaskan tembakan ke gawang Timor Leste U-20 yang berhasil diselamatkan Pablo Macario.

Gol Ragil membantu Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Pemain asal Deli Serdang, Sumatera Utara itu pun siap bekerja keras jika mendapat kepercayaan pelatih Indra Syafri untuk laga melawan Yaman.

“Bagi saya, saya harus belajar dari pertandingan ini agar bisa fokus melawan Yaman,” harap striker jebolan Program Garuda Select itu.

“Yang kurang dari saya sebelumnya, saya akan bekerja lebih keras lagi untuk Yaman nanti. Dan saya berharap bisa mendapatkan tiga poin,” ujarnya.

Timnas Indonesia akan melakoni duel penentu sekaligus laga terakhir kualifikasi Grup F Piala Asia U20 2025 melawan Yaman di Stadion Madya pada Minggu (29/9) pukul 19.30 WIB.

Timnas U-20 Indonesia hanya punya waktu satu hari untuk mempersiapkan laga kali ini. Oleh karena itu, Indra Syafri ingin fokus pada pemulihan fisik para pemainnya. Selain itu, Indra Syafri juga ingin mempelajari kelebihan lawan. 

Perlu diketahui, Yaman berhasil meraih kemenangan pada dua laga sebelumnya. Rinciannya adalah kekalahan Timor Timur (3-1) dan Maladewa (3-0). “Tentu saja kami akan mempelajari permainan Yaman dan kami akan menonton Yaman. Dan tentu saja kami akan mempersiapkan pemulihan satu hari nanti.

“Yang belum kami putuskan, besok (hari ini) latihan di lapangan atau memulihkan diri di hotel saja,” kata Indra Syafri.

Lebih lanjut, Indra Syafri membeberkan agenda yang akan dijalankan timnya pada Sabtu (28/9). Timnas U-20 Indonesia akan mengawali hari dengan review.

Hal ini untuk mengetahui apakah ada pemain yang cedera atau tidak. Setelah itu, Jens Raven dan yang lainnya harus melakukan latihan pada sore harinya.

“Pertama-tama, malam ini (kemarin) kami akan memulihkan 23 pemain. Kami punya pompa pemulihan di semua ruangan mereka. Besok pagi kami juga akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pemain, ada yang cedera dan tidak cedera.”

“Dan mungkin sorenya kita akan melakukan sedikit latihan untuk mempersiapkan game plan kita melawan Yaman, mungkin itu,” kata Indra Syafri.

Laga melawan Yaman ini akan menjadi penentu tim mana yang lolos ke putaran final Piala Asia U20 2025 di China. 

Di atas kertas, Indonesia berpeluang lebih besar untuk lolos, hanya hasil imbang di laga terakhir melawan Yaman yang akan memastikan Indonesia lolos ke China. Tentu saja, jika Garuda Nusantara menang, akan lebih meyakinkan.

Namun tentunya Yaman tidak ingin peluang lolos sebagai juara grup hilang begitu saja, tentunya mereka juga ingin meraih kemenangan.

Usai laga melawan Timor Timur berakhir, Indra Syafri langsung mempersiapkan timnas U-20 Indonesia untuk menghadapi Yaman.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Syafri langsung menatap laga final melawan Yaman usai mengalahkan Timor Timur pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Bertanding di Stadion Madya, Jakarta, Timnas U-20 Indonesia menang telak 3-1 melawan Timor Leste pada Jumat (27/9) malam WIB. Tiga gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak Jens Raven (13′), Risky Afrisal (16′), dan Mohammad Raghil (77′).

Timnas U-20 Indonesia saat ini berhasil naik peringkat di Grup F.

Pelatih berusia 61 tahun itu memuji semangat juang anak asuhnya usai kemenangan melawan Timor Timur. 

Pertama-tama, saya tetap mengapresiasi perjuangan para pemain, kata Indra Syafri dalam wawancara resmi usai pertandingan seperti dikutip Bolasport.

Kedua, di babak pertama kami mencoba bermain sesuai rencana yang kami rencanakan. Kami sebenarnya bermain sesuai rencana dan dalam waktu singkat ada dua gol.”

“Tetapi di babak kedua kami melakukan perubahan untuk mencoba formasi berbeda dan tidak berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Namun Indra Syafri tak mudah puas. Pelatih berusia 61 tahun itu langsung fokus menatap laga melawan Yaman.

Laga ini akan menjadi penentu lolos atau tidaknya Timnas U-20 Indonesia ke babak final. Skor imbang tersebut sebenarnya sudah cukup bagi Garuda Nusantara untuk lolos ke babak final karena unggul selisih gol.

Namun kita harus bersiap untuk pertandingan ketiga yang terpenting, karena kedua tim Yaman dan Indonesia mendapat nilai 6, kata Indra Syafri. Meski selisih golnya bisa lebih baik lagi, lanjutnya. 

Indra Syafri menjawab kekhawatiran Jens Raven usai laga melawan Timor Timur. 

Kekhawatiran yang dimaksud adalah kelelahan akibat padatnya jadwal kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Seperti diketahui, timnas U-20 Indonesia hanya mendapat libur satu hari sebelum kembali beraksi.

Oleh karena itu, Indra Syafri tidak melakukan program latihan apa pun selama turnamen berlangsung, hanya fokus menjaga kebugaran pemain agar siap menghadapi pertandingan berikutnya. “Iya, kemarin kita juga tidak latihan,” kata Indra Syafri.

“Kami baru saja melakukan pemulihan dan hanya melakukan latihan ringan di hotel karena di semua kualifikasi AFC kami hanya mendapat libur satu hari.”

Makanya saya minta pelatih fisik harus pintar-pintar dalam pemulihan, ujarnya saat membimbing Garuda Muda mengamankan kemenangan atas Yaman pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia 2025 di Stadion Madiya. , Jakarta Pusat, Minggu (29/9/2024).

Dengan kemenangan tersebut, Timnas U-20 Indonesia memastikan diri melaju ke Piala Asia U-20 2025 yang akan digelar pada Februari mendatang.

Indra Syafri kepada awak media mengaku menyaksikan pertandingan Yaman. Dalam dua laga terakhirnya, Yaman sukses mengalahkan Timor Timur 3-1 dan mengalahkan Maladewa 3-0.

Yaman kini berada di peringkat kedua klasemen Grup F dengan enam poin.

Jumlah poinnya sama dengan Timnas Indonesia U-20, namun Merah Putih menduduki peringkat pertama karena unggul gol atas Yaman.

Timnas U-20 Indonesia sebelumnya meraih kemenangan meyakinkan 4-0 atas Maladewa dan menghentikan Timor Timur 3-1.

Hanya pemimpin klasemen akhir Grup F yang berhak mendapatkan tiket ke Piala Asia U-20 2025. 

Saya tahu kedua tim ini harus menang untuk mendapatkan tiket Piala Asia U-20 2025.

“Kami harus fokus pada game ketiga dan melupakan dua game tersebut,” kata Indra Syafri.

Lanjut Indra Syafri, ia akan memberikan waktu pemulihan kepada anak asuhnya pada Sabtu (28/9). Mantan pelatih Bali United itu masih belum yakin apakah akan memberikan sesi latihan kepada anak-anak timnya.

Pemulihan ini agar pemain bisa melawan Yaman di laga nanti, kata Indra Syafri.

Lanjut Indra Syafri, ia yakin kesembuhan anak asuhnya suatu hari nanti akan lebih baik.

Karena pemain memiliki alat pemulihannya sendiri di kamar hotelnya. “Kami memiliki perlengkapan bagus di kamar masing-masing pemain. Kami akan memeriksa kesehatan setiap pemain besok pagi.”

“Mungkin sore harinya kita akan melakukan latihan ringan untuk persiapan pertempuran melawan Yaman,” kata Indra Syafri.

Striker Timnas U-20 Indonesia, Jens Raven, kembali tampil sempurna saat bermain pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Jens Raven sudah ada sejak awal saat timnas U-20 Indonesia bertemu Timor-Leste. 

Striker FC Doordrecht itu membuka keunggulan timnas U-20 Indonesia melawan Timor Leste malam ini.

Striker berusia 18 tahun itu mencetak gol pada menit ke-13 setelah berbelok ke kanan. Berbeda dengan pertandingan pertama, Jens Raven tidak memainkan seluruh pertandingan malam ini.

Jens Raven digantikan oleh Marcelinus Ama Ola pada menit ke-88. Itu merupakan gol kedua Raven pada kualifikasi Piala Asia AFC U-20 2025.

Soal pertandingan, Raven mengaku timnya mampu mengawali pertandingan dengan baik. Meski demikian, Raven mengaku sedikit lelah usai menghadapi padatnya jadwal di kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

“Saya kira kami sudah tahu tentang Timor Leste, mereka juga tahu tentang kami karena kami pernah bertemu di AFF,” kata Jens Raven dalam wawancara resmi usai pertandingan.

“Saya pikir saya memiliki awal yang baik, tetapi setelah beberapa menit saya merasakan kaki saya terasa lelah. Saya pikir itu karena jadwal yang sangat padat.”

“Karena ya, saya bermain 90 menit dan sekarang saya hanya punya satu hari istirahat dan kemudian saya akan bermain lagi.”

“Dan ya, kami harus terus melaju. Kami harus tetap bermain dengan intensitas tinggi karena Timor Leste juga kompak bertahan. Jadi, ya, ini pertandingan yang sulit bagi kami. Kami semua lelah.”

Jadi menurut saya kami harus lebih baik besok, tapi sangat senang dengan tiga poin malam ini, lanjutnya.

Timnas U-20 Indonesia saat ini berhasil mengamankan peringkat teratas. Namun keunggulan tersebut tidak ada artinya karena harus menghadapi Yaman di final.

Timnas U-20 Indonesia minimal harus meraih hasil imbang untuk lolos ke putaran final di China.

Jens Raven mengungkapkan timnya perlu mempersiapkan fisik dengan baik dan istirahat.

Striker berusia 18 tahun itu berambisi membawa Timnas U-20 Indonesia meraih kemenangan atas Yaman dan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China.

“Saya mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk pertandingan besok,” kata Raven.

“Saya pikir kami perlu beristirahat dengan baik untuk pertandingan spesial besok karena ya, kami memiliki pertandingan pada hari Minggu.

Saya harap banyak fans yang bisa datang mendukung kami karena ini pertandingan terakhir kami (di kualifikasi) dan kami berharap bisa menang dan berangkat ke China,” ujarnya.

Muhammad Ragil tampak sedikit lega usai membuka rekening golnya untuk timnas U-20 Indonesia. Pemain Bhayangkara FC itu sukses mencetak satu gol pada laga melawan Timor Timur.

Memanfaatkan umpan silang pemain sayap Timnas Indonesia Donny Tri Pamungkas, Ragil dengan percaya diri melepaskan tembakan ke gawang Timor Leste U-20 yang berhasil diselamatkan Pablo Macario.

Gol Ragil membantu Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Dua gol Garuda Nusantara lainnya dicetak Jens Raven (0,13′) dan Risky Afrisal (16′).

Sementara itu, Luis Figo mencetak gol untuk Timor-Leste pada menit ke-66 pada laga tersebut.

Khusus bagi Muhammad Ragil, gol yang dicetaknya pada laga tersebut merupakan gol pertamanya dalam membela bendera timnas Indonesia.

Bahkan, di laga tersebut, meski hanya duduk di bangku cadangan, Raghill mampu meraih man of the match.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas pertandingan malam ini. Semua berkat kerja keras para pelatih saya yang bekerja sama,” kata Raghill dalam jumpa pers usai pertandingan.

“Semua yang kami latih berjalan dengan lancar, mungkin saya akan fokus pada pertandingan berikutnya, semoga lebih baik lagi. Dan satu lagi, ini gol pertama saya di timnas,” lanjut Ragil sambil tersenyum.

Raghill pun mengatakan, gol tersebut akan dijadikan motivasi baginya di laga penentuan babak grup F.

Timnas U-20 Indonesia akan menghadapi Yaman U-20 pada laga terakhir. Pemain asal Deli Serdang, Sumatera Utara itu pun siap bekerja keras jika mendapat kepercayaan pelatih Indra Syafri.

Lulusan Program Garuda Select itu pun mengaku semakin percaya diri usai mencetak gol di Skuad Garuda.

“Bagi saya, saya harus belajar dari pertandingan ini agar bisa konsentrasi menghadapi Yaman. Yang kurang dari saya sebelumnya, saya akan bekerja lebih keras lagi untuk Yaman nanti. Dan mudah-mudahan bisa meraih tiga poin,” harap Raghill.

Dalam kesempatan yang sama, Indra Syafri mengaku cukup berhati-hati menghadapi Yaman pada laga mendatang.

Pelatih asal Sumbar itu menyebut Yaman Bahagia -julukan Timnas Yaman- menjadi lawan terberat timnya di fase grup kali ini.

Hasil imbang melawan Yaman U-20 sudah cukup bagi timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia tahun depan di China.

Garuda Nusantara saat ini menduduki puncak klasemen Grup F dengan koleksi enam poin. Timnas Indonesia U-20 unggul selisih gol dari Yaman U-20.

Saya kira kedua tim yang bertanding besok harusnya menang karena dengan kemenangan ini mereka bisa lolos ke Piala Asia, kata Indra.

Makanya kami fokus pada pertandingan ketiga dan melupakan dua pertandingan sebelumnya, semoga besok para pemain tampil maksimal, jelasnya.

Dari 10 grup babak kualifikasi, 10 juara grup, lima besar finis, dan tuan rumah China akan melaju ke putaran final Piala Asia U-20 yang berlangsung pada 6-23. Februari 2025 akan dimainkan. 

(Tribunnews/Alfarizy/Bolasport)

 

INDONESIA v YAMANGroup F Kualifikasi Piala Asia U20 2025, Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (29/9) mulai pukul 19.30 WIB

Peringkat Pemain

Indonesia (5-4-1): Algifari; Kadek, Meshaal, Alpharetzi, Donny Tiga, M Iqbal; Aditya Varman, Afrisal berisiko, Tony Firmansyah, Arliansia; Jens Raven Pelatih: Indra Syafri

Yaman U20 (3-5-2): Ali Mokref; Naji Al Kashmi, Ahmed Mustaga, Al Salami; Anwar Hussain, Abdulatef, Adel, Mokbel, Haydan; Awadh, Al Khadher Pelatih: Mohammed Hassan Ali Albaadani

 

Peringkat Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2025

Nomor Tim                   Utama    Mng    Tie  Kalah    +/-    Poin

1 INDONESIA 2 2 0 0 7-1 6

2 Yaman 2 2 0 0 0 6-1 6

3 Timor Timur 2 0 0 2 2-6 0    

4 Maladewa 2 0-7 0

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *