9 Fakta Virus Monkeypox Jenis Baru, Menyebar ke Negara Mana, Gejala hingga Cara Melindungi Diri

TRIBUNNEWS.COM – Simak sembilan fakta terkait virus Monkeypox (virus cacar monyet) atau Mpox yang kami kumpulkan dari berbagai sumber pada artikel berikut ini.

Sejauh ini, setidaknya dua negara di luar Afrika telah melaporkan kasus Mpox sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus tersebut sebagai “darurat kesehatan masyarakat” awal pekan ini.

Inilah yang kami ketahui sejauh ini tentang di mana penyakit ini menyebar, bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh manusia, dan bagaimana melindungi diri Anda dari infeksi. 1. Cacar monyet

Dikutip laman Russia Today yang dimuat pada Rabu (24/11/2022), Cacar Monyet mulai menarik perhatian media internasional pada tahun lalu setelah menyerang ribuan orang di Amerika Utara dan Eropa pada tahun 2022.

Meski Mpox secara teknis bukan penyakit menular seksual, namun penyakit ini menyebar melalui kontak kulit dan selaput lendir dan banyak pria gay yang mengalaminya.

Data WHO menunjukkan bahwa sebagian besar kasus yang dilaporkan disebabkan oleh “hubungan seksual”.

Orang bisa tertular cacar monyet dengan menyentuh luka atau luka yang terinfeksi pada pasien.

Beberapa dokter juga menyatakan bahwa udara dapat tertular cacar monyet dari penderita sakit tenggorokan, meskipun mereka menyatakan bahwa kasus tersebut sangat jarang terjadi.

Kebanyakan infeksi bersifat ringan dan dapat diobati dengan antibiotik dan dengan mengisolasi pasien sampai gejalanya hilang.

Namun, dalam kasus yang parah, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi termasuk ensefalitis – atau peradangan otak – serta masalah jantung dan mata.

Cacar monyet biasanya menimbulkan gejala berupa ruam, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Lesi kulit dapat bertahan hingga satu bulan dan penyakit ini menyebar melalui kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi, pakaian, atau tempat tidur.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science, peneliti membandingkan penularan cacar monyet pada tahun 2018 hingga 2022.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa laju perubahan meningkat dengan cepat.

Cacar monyet merupakan penyakit endemik di Afrika Barat dan Tengah.

Cacing monyet hanya menyebabkan kasus yang jarang terjadi dimana penyakit ini disebarkan oleh hewan pengerat.

Namun pada tahun 2022, virus ini telah menyebabkan 30.000 kasus dan 55 kematian di AS saja, dengan California, New York, dan Texas yang paling terkena dampaknya.

Strain virus baru, yang dikenal sebagai Clade 1, telah beredar di negara-negara Afrika sejak tahun 2022.

Sebagai catatan, dikutip dari Oxford University Press, raja didefinisikan sebagai kumpulan lengkap keturunan bersama atau kelompok monofiletik—yaitu, spesies individu yang memiliki satu nenek moyang dan seluruh keturunannya.

Clade adalah produk umum dari proses evolusi.

Selain itu, pada awal tahun ini, Republik Demokratik Kongo (DRC) dilaporkan menderita wabah penyakit terbesar yang pernah tercatat, dengan ribuan orang terinfeksi pada bulan Juni.

Pemerintah Republik Demokratik Kongo menyatakannya sebagai epidemi pada bulan Desember 2022.

Pekan lalu, CDC Afrika melaporkan bahwa mpox kini hadir di setidaknya 13 negara Afrika.

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, badan tersebut mengatakan kasus meningkat 160 persen dan kematian meningkat 19 persen. 2. Di negara manakah spesies monyet baru ini menyebar?

Kementerian Layanan Kesehatan Nasional Pakistan mengkonfirmasi kasus pertama virus tersebut pada hari Jumat, dan mengatakan bahwa orang tersebut berasal dari Arab Saudi.

Pejabat kesehatan mengatakan pengurutan sedang dilakukan untuk menentukan jenis virus yang menginfeksi orang tersebut.

Pada Kamis (15/8/202), pejabat kesehatan Swedia melaporkan kasus Mpox pertama di negara itu, membenarkan bahwa itu adalah strain 1 dan orang tersebut terinfeksi di Afrika dan kini sedang dirawat.

Clade 1 cenderung menyebabkan infeksi yang lebih parah dan tampaknya mudah menyebar melalui kontak intim biasa, termasuk kontak seksual.

Pada Jumat (16/8/2024), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (CDC) menaikkan tingkat peringatan risiko menjadi “sedang” dari “rendah” dan meminta negara-negara untuk mempertahankan tingkat peringatan yang tinggi bagi wisatawan yang berkunjung dari daerah terdampak. . . 3. Bagaimana cara virus menyerang tubuh manusia?

Mpox terutama menyerang manusia dan hewan.

Virus ini termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan cacar, namun gejalanya lebih sedikit, seperti demam, menggigil, dan nyeri badan.

Namun, virus ini dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada beberapa kasus.

Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit yang rusak atau melalui saluran pernafasan.

Virus ini menyebar melalui darah dan menyebabkan orang mengalami gejala dan lesi kulit.

Menurut Michael Marks dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, para ilmuwan “tidak berpikir mpox memiliki efek langsung pada sistem kekebalan tubuh”.

“Selain fakta bahwa semua infeksi menunjukkan respons sementara pada sistem kekebalan, kami tidak yakin ada efek jangka panjang pada sistem kekebalan akibat mpox,” ujarnya.

Dr Ngashi Ngongo, kepala staf CDC di Afrika, juga mengatakan kepada Al Jazeera bahwa virus tersebut hanya menimbulkan gejala yang berlangsung “dua hingga empat minggu”.

“Sakit. Anda mungkin menderita penyakit parah – yang berujung pada kematian – atau Anda baru pulih dalam dua hingga empat minggu. Semuanya kembali normal,” ujarnya. lihat gambar Kementerian Kesehatan Nasional Argentina mengonfirmasi kasus rabies pertama tanpa riwayat perjalanan di Argentina pada 9 Juni 2022. 4. Bagaimana cara virus menyebar?

Virus ini menyebar melalui kontak dekat dengan orang atau hewan yang terinfeksi.

Dalam penularan dari orang ke orang, virus dapat menyebar melalui kontak dengan lesi kulit, kontak kulit ke kulit, dan berbicara atau bernapas di dekat orang yang terinfeksi.

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui barang-barang yang terkontaminasi seperti seprai, sprei, pakaian dan handuk, karena virus masuk ke dalam tubuh melalui luka pada kulit, saluran pernafasan atau mata, hidung dan mulut.

Marks mengatakan kepada Al Jazeera bahwa jalur penularan yang paling penting adalah melalui kontak kulit karena virus tetap berada di lesi kulit selama “tiga minggu atau lebih” dan tidak melalui sistem pernafasan karena “pada banyak orang virus tersebut telah hilang. di tenggorokan dalam selama tujuh sampai sepuluh hari.”

Untuk penularan dari manusia ke hewan, virus biasanya masuk ke dalam tubuh melalui gigitan, sengatan, atau kontak dengan luka hewan yang terinfeksi. 5. Apa saja gejalanya?

Penyakit ini menyebabkan banyak gejala dan lesi mirip penyakit. Biasanya ringan namun bisa cukup parah hingga menyebabkan kematian.

Marks menjelaskan bahwa banyak orang menderita “penyakit yang lebih ringan”, termasuk demam, nyeri otot, dan demam dengan “lima hingga 25 luka”.

“Beberapa orang menjadi jauh lebih tidak sehat dan menjadi lebih sakit dengan ratusan lesi di sekujur tubuh,” katanya. 6. Apa yang bisa menyebabkan gejala lebih parah?

Meskipun Marks menjelaskan bahwa penyakit ini memiliki gejala ringan pada kebanyakan orang, beberapa orang berisiko lebih tinggi mengalami gejala parah.

“Misalnya, orang dengan HIV [penyakit menular seksual] yang tidak diobati atau sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah. Anak-anak juga tampaknya berisiko semakin tinggi tingkat keparahan penyakitnya,” katanya.

Anak-anak, jelasnya, cenderung lebih terkena mpox dibandingkan orang dewasa karena “beberapa alasan”.

Banyak infeksi terjadi di tempat ramai dengan banyak anak, dan anak-anak rentan berlarian dan melakukan kontak langsung dengan orang lain sehingga menyebabkan infeksi.

Sedangkan lansia lebih sedikit melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Ngongo menambahkan bahwa anak-anak juga berisiko lebih tinggi karena “sistem pertahanan” mereka – sistem kekebalan – masih berkembang. 7. Tersedia perawatan untuk tipe baru ini

Marks mengatakan saat ini belum ada pengobatan untuk mpox, namun beberapa obat antivirus sedang diuji.

“Meskipun demikian, terdapat vaksin yang efektif untuk mengurangi risiko tersebut. Penting untuk memastikan pasokan vaksin yang cukup untuk kelompok populasi paling berisiko di Kongo dan negara-negara tetangga,” katanya.

“Jika kita dapat memvaksinasi orang-orang yang berisiko, mereka akan terlindungi dari infeksi dan ini akan membantu mengendalikan epidemi – sehingga bermanfaat bagi orang yang divaksinasi dan masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

“Vaksin Mpox yang digunakan pada wabah tahun 2022 oleh banyak negara Barat tidak tersedia di negara-negara miskin di Afrika,” jelas Ngongo.

“Tidak ada vaksin di Afrika. Sisa vaksin disimpan di negara-negara Barat sebagai bagian dari persiapan darurat mereka sendiri. Namun, kami menghadapi keadaan darurat yang sedang berlangsung di sini,” katanya.

Ngongo menjelaskan, melalui donasi tersebut, CDC Afrika berhasil memperoleh 280.000 jarum suntik.

Namun agar vaksin efektif, masyarakat harus mendapat dua dosis sehingga jumlahnya dibatasi 140.000 orang. 8. Bagaimana cara melindungi diri sendiri?

Ngongo menyarankan semua orang untuk “kembali ke dasar-dasar kebersihan pribadi” dan ingat untuk mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang sakit dan menyarankan semua orang untuk pergi ke rumah sakit jika mereka menunjukkan gejala untuk menghindari tertular virus.

Vaksin Mpox juga efektif melindungi masyarakat jika tersedia di negara yang menyediakannya. 9. Bisakah mpox menyebar?

Mengingat sumber daya di negara-negara kaya untuk menghentikan penyebaran virus ini, para ilmuwan percaya bahwa jika wabah baru yang terkait dengan Kongo dapat diidentifikasi dengan cepat, maka penularannya dapat dihentikan dengan cepat.

“Bahaya utama,” kata Marks, terjadi di Afrika tengah, tempat epidemi ini berasal dan menyebar.

“Sejumlah kecil kasus mungkin dialihdayakan ke tempat lain, seperti kasus di Swedia, namun risiko utama dan fokus tindakan harus dilakukan di Afrika Tengah,” katanya.

Ngongo juga mendesak semua orang untuk belajar dari pandemi COVID-19 dan “bertindak sekarang”.

(Tribunnews.com, Andari Ulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *