Jawaban Bagaimana Anda Selama Ini Melihat dan Merasakan Peran Supervisi Akademik, Modul PGP

TRIBUNNEWS.COM – Simak jawaban atas pertanyaan: Bagaimana Anda melihat peran supervisi akademik dalam proses pribadi Anda?

Pertanyaan-pertanyaan di atas terdapat pada Modul 2.3-2.4 Menggali Konsep Paradigma Berpikir Supervisi Akademik dan Pembinaan di lms.guru.kemdikbud.go.id.

Jawaban di bawah ini dapat membantu memandu calon guru (CGP) saat mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan ini saat menjalani Pendidikan Guru (PGP). Modul Eksplorasi Konsep 2.3-2.4 Supervisi Akademik dengan Pembinaan Refleksi Paradigma Berpikir Soal: 

Bagaimana Anda melihat dan merasakan peran supervisi akademik dalam proses pribadi Anda? Menjawab: 

Selama ini saya melihat peran supervisi pendidikan sebagai momen yang sangat penting dalam proses pengembangan pribadi. Supervisor tidak hanya bertindak sebagai direktur tetapi juga sebagai mentor yang membantu saya mengembangkan pemikiran kritis, keterampilan analitis, dan pemecahan masalah.

Referensi dan masukan yang saya terima sangat membantu saya untuk meningkatkan kualitas karya akademis saya baik dari segi teknis maupun konseptual. Mereka mendorong saya untuk mendalami penelitian dan eksplorasi serta menantang saya untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan yang saya temui. Selain itu, supervisi ini memberikan kepercayaan diri saya dalam mempresentasikan hasil penelitian dan bekerja secara mandiri. Jawaban alternatif: 

Saya berpendapat bahwa peran supervisi akademik dalam pengembangan pribadi guru, khususnya dalam bidang pendidikan, mempunyai peranan yang paling penting. Supervisi akademik membantu saya meningkatkan pembelajaran dengan mengikuti ilmu pengetahuan dan teknologi serta menggunakan metode modern.

Pemantauan pendidikan membantu kepala sekolah dan insinyur untuk menilai kualitas pembelajaran. Supervisi akademik membantu saya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya dalam mata pelajaran yang saya ajarkan.

Selain itu, supervisi akademik memberi saya umpan balik dan saran yang berguna untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Supervisi akademik membantu saya menemukan kelemahan saya dan memberikan saran untuk perbaikan diri. Jawaban alternatif: 

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, pemantauan akademik membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk mendiskusikan topik yang saya ajarkan dengan kepala sekolah atau administrator sekolah.

Saya melihat dan merasakan bahwa supervisi akademik sangat berperan penting dalam pengembangan pribadi, karena penilaian/evaluasi/refleksi dari orang lain, dalam hal ini yang utama, dapat dijadikan acuan untuk lebih mampu menemukan kekurangan-kekurangan yang saya miliki. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa belajar mengendalikan siswa dengan bebas. Jawaban alternatif: 

Saya melihat dan merasakan bahwa supervisi akademik mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan pribadi. Dengan adanya penilaian/penilaian/pemikiran orang lain, dalam hal ini dapat menggiring saya menemukan kesalahan-kesalahan yang saya tidak tahu bagaimana mengendalikan siswa agar dapat belajar dengan leluasa.

*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai acuan harapan yang mendorong guru selama mengerjakan Tugas Modul Eksplorasi Konsep Modul 2.3-2.4.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *