PGN Kembangkan Infrastruktur Jaringan Gas Bumi di Kawasan Pariwisata NTB dan NTT

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Melanjutkan komitmen berbagai daerah di Indonesia,

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah mengembangkan infrastruktur jaringan gas bumi (Jargas) dan memajukan industri pariwisata di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, PGN menandatangani nota kesepahaman dengan PT ITDC Nusantara Utilitas (INU), anak perusahaan Injurni Tourism Development Corporation, tentang kerja sama pengembangan jaringan gas untuk pelanggan hotel dan restoran.

Ratih Esti Prihatini, Direktur Komersial PGN, mengatakan perjanjian tersebut terkait dengan perencanaan, pengembangan, pengelolaan dan kapasitas pasokan gas bumi di wilayah yang dikelola INU untuk memenuhi kebutuhan energi.

Merupakan energi bagi pengguna di sektor pariwisata khususnya hotel, restoran atau sektor terkait lainnya.

“Ini merupakan awal dari terpenuhinya tujuan pembangunan pipa gas, baik pipa maupun trans pipa. Saya berharap kerja sama ini dapat berlanjut pada tingkat yang lebih realistis,” kata Ratih dalam keterangannya yang dikeluarkan pada Rabu (18/9/2024) dikutip.

“Jika tidak, bisa memberikan kontribusi yang lebih baik kepada PGN dan INU dalam bentuk sinergi BUMN, dalam hal ini antara Pertamina Group dan ITDC,” lanjutnya.

Sebagai informasi, kawasan yang dikelola INU antara lain Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, NTB dan Golu Mori di Mangarai Barat, NTT.

Kedua kawasan ini masuk dalam ruang lingkup kerja sama dengan PGN dan pemerintah berencana menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat destinasi wisata internasional dan fokus pada pembenahan kawasannya.

Tindakan lain juga dapat dilakukan dalam bentuk peningkatan aset yang dimiliki bersama atau penciptaan sinergi bisnis lain yang dapat memberikan manfaat bagi para pihak.

Diketahui, jaringan gas sudah terpasang di Nusa Dua, wilayah Bali, termasuk pemasangannya.

Gas bumi diharapkan dapat disuplai ke wilayah operasi INU lainnya, sehingga kisah sukses tersebut dapat terulang dalam doa.

Salah satunya di kawasan Mandalayka yang saat ini sedang berkembang, potensi pengembangan jaringan gas bumi bisa ditemukan di sana.

Sebagai tambahan informasi, PGN telah melayani 3.154 pelanggan industri dan komersial, 2.017 pelanggan kecil, dan 816.063 pelanggan dalam negeri hingga Semester I-2024.

Dengan terbukanya potensi baru di kawasan ekonomi khusus khususnya di bidang pariwisata tentunya dapat mendukung peningkatan jumlah pelanggan gas bumi dan penetrasi kawasan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *