BREAKING NEWS: Beredar Surat Sejumlah Politisi Senior Golkar Minta Jokowi Jadi Ketua Umum

Laporan koresponden Tribunnews.com Versianos Wako

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dinamika politik di tubuh Partai Golkar “semakin panas” menjelang Kongres Nasional (Monas) besok, 20 Agustus 2024.

Besok, Kongres Nasional akan memilih Ketua Umum Golkar baru menggantikan Airlangga Hartarto.

Sehari jelang munas, beredar surat beberapa kader Golkar yang meminta Jokowi menjadi Ketua Umum partai berlambang pohon beringin itu.

Anggota Majelis Pakar Partai Golkar Rizwan Hajm membenarkan dirinya termasuk salah satu penandatangan surat tersebut.

Hal ini membenarkan surat yang beredar dari sejumlah politisi senior Golkar kepada Jokowi yang menuntut kesiapannya menjadi presiden jenderal.

Mereka meminta kesediaan Jokowi untuk mengisi kekosongan posisi Ketua Umum Golkar menyusul mundurnya Airlangga Hartarto.

Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk aspirasi pemilih Golkar di basis agar Presiden Jokowi bersedia menjadi bagian dari Golkar.

“Betul, ini tanda tangan saya. Ini benar,” kata Radwan saat dikonfirmasi, Senin (19/8/2024).

Tidak ada pelanggaran

Ridwan mengatakan, tidak ada kesalahan atau pelanggaran jika Jokowi menjadi Ketua Umum Golkar.

Sebab Golkar adalah partai terbuka dan demokratis yang mewakili rakyat. Artinya siapa pun bisa diangkat menjadi Ketua Jenderal.

Radwan mengatakan, “Tidak ada masalah kan. Ini partai terbuka, dan Golkar adalah partai terbuka, partai demokratis, partai yang mengutamakan pemerintahan modern, partai independen dan juga partai yang mewakili rakyat.”

Ridwan mengklaim, Jokowi dicalonkan menjadi presiden jenderal berdasarkan keinginan atau aspirasi pemilih Golkar.

Karenanya, politikus Jatim dan sesepuh Golkar lainnya ini meminta kesiapan Jokowi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum.

“Aspirasi rakyat sekarang mau ke Pak Jokowi, tapi Pak Jokowi mau atau tidak, saya belum tahu. Aspirasi kita di mana kita mendengarkan aspirasi rakyat, khususnya aspirasi rakyat Golkar, jelas Golkar. bahwa pemilih yang menginginkan Pak Jokowi, suara Golkar,” seperti suara “Anggota Golkar, suaranya lebih banyak dari pemilih Golkar.”

Bagaimana dengan periklanan/seni

Terkait Anggaran Dasar dan Anggaran Dasar (AD/ART) yang menjadi kendala Jokowi ke depan, Ridwan mengatakan, perubahan AD/ART pada Kongres Nasional (Monas) masih memungkinkan karena merupakan forum tertinggi.

Untuk itu, Radwan meyakini AD/ART tidak akan menjadi kendala besar karena dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan organisasi.

Jadi kalau dikritik karena tidak setuju dengan AD/ART, maka ya AD/ART akan diubah, dan Kongres Nasional Golkar adalah lembaga tertinggi yang melakukan perubahan, sehingga tidak menutup kemungkinan bagi pemilih nantinya. . Perbaikan undang-undang,” ujarnya.

Lanjutnya, “UU itu bisa saja diubah, apalagi ini hanya anggaran dasar, jadi diperbolehkan dan kami sangat menginginkan Pak Jokowi.”

Selain itu, Ridwan juga optimistis dukungan pemilih terhadap Jokowi mencapai 90 persen, namun ia dan rekan-rekannya masih menunggu kemauan orang nomor satu di Indonesia itu.

“Tapi itu tergantung Pak Jokowi mau atau tidak, tapi saya yakin ini adalah panggilan Pak Jokowi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara melalui politik, dan peluang bagi saya sebenarnya 90 persen, dan itu tergantung pada Pak Jokowi, tambahnya.

Sementara surat tertanggal 14 Agustus 2024 ditandatangani beberapa politikus senior Partai Golkar.

Diantaranya adalah Muhammad Ali Yahya, Ridvan Mukti, Anthony Zadra Abedin, Ridvan Hajem, Musaffin Dahlan, Agusman Effendi, dan Ridvan Toni.

“Kami mohon kejujuran dan kesiapan Yang Mulia Ira,” bunyi surat itu “H. Joko Widodo berbahagia menjadi Ketua Umum DPP Golkar periode 2024-2029 yang akan ditetapkan dan disahkan pada Forum Musyawarah Nasional Luar Biasa DPP Golkar 2024.”

Tanggapan Komite Kongres Nasional Golkar

Ketua Dewan Pengarah (SC) Rabimnas dan Kongres Nasional

“Aturan MA sudah jelas, dan kami hanya mengikuti aturan sesuai deklarasi/seni (partai),” kata Adis kepada awak media di Kantor DPP Golkar, Senin (19/8/2024). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *