Lulusan Talenta Muda Diharapkan jadi Role Model Kepemimpinan di Daerah Masing-masing

Wartawan Tribunnews.com, Riza Deni berkata

MENJAMIN.

Hal tersebut disampaikan Raden Isnanta pada acara penutupan Young Talent Program 2024 yang diikuti 108 peserta dari 33 negara bagian di Millenium Hotel.

Dalam keterangannya, Senin (16/9/2024), Isnanta mengatakan, “Ketika mereka kembali ke daerahnya, para pemuda berbakat Tahap 5 bisa menjadi teladan. Pelatihan kepemimpinan yang ditawarkan kepada generasi muda lainnya.” .

Peserta program ini diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan di segala bidang karena telah memperoleh ilmu dan mempertebal budaya tanah air.

Dikatakannya, “Seorang pemimpin yang hebat harus menangkap segala peluang budaya, termasuk memahami kekayaan budayanya sendiri serta memahami kekuatan dan potensi sumber daya masing-masing daerah, agar lebih mudah mengembangkan wilayahnya sendiri.”

Ditambahkannya, para peserta program menerima nilai-nilai kebangsaan dari Lembaga Ketahanan Negara (LEMANNAS) dan bertukar informasi mengenai daerahnya.

Inilah bekal dan ilmu mereka untuk meningkatkan literasi di Indonesia.

Isnanta juga mengapresiasi proyek-proyek yang dibuat dan diposting oleh para peserta di media sosial yang berisi informasi mengenai kegiatan program pelatihan ini.

“Mencerdaskan masyarakat melalui perbaikan berkelanjutan dan menjadi jembatan komunikasi antar peserta pelatihan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kepemudaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Andy Susanto dalam laporannya mengingatkan lulusan program untuk menjaga keberagaman, terus bergerak maju, dan berupaya meningkatkan hubungan sosial.

“Proyek ini mengajarkan kita bagaimana menjaga keberagaman di kepulauan ini,” ujarnya. “Inilah modal para pemimpin muda yang akan berkontribusi terhadap pembangunan negara ini.”

Dijelaskannya, Young Talent Program dilaksanakan selama dua minggu dengan memberikan pelatihan kepada peserta yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan kepemimpinannya.

Oleh karena itu kami berharap mereka dapat mengembangkan citra, budaya, jati diri negara dan menjadi pemimpin muda yang berperan aktif dalam pembangunan negara, kata Andy.

Ada lima atau lebih hal penting yang akan dipelajari peserta dalam program pelatihan ini. Mulai dari konsep manajemen diri (untuk kepemimpinan), penguatan nilai-nilai kebangsaan, manajemen perubahan (transformasi digital), manajemen strategis dan implementasi kepemimpinan.

Selama tujuh hari pertama, para peserta diberikan penyuluhan oleh Lemkhannas mengenai penguatan nilai-nilai kebangsaan serta implementasi dan peningkatan citra Komisi Akhir Peradilan (KPK).

“Peserta program juga mendapat laporan dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tentang penyelenggaraan pemerintahan dan konstitusi Indonesia di Gedung Pemerintah.” kata andi.

Selain itu kami juga mengunjungi Tanuto Foundation, Perpustakaan Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta mempelajari simbol-simbol sejarah nasional Indonesia dengan mengunjungi Cagar Budaya dan Monumen Nasional.

Talenta Muda merupakan bagian dari inisiatif Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempersiapkan pemimpin muda membangun Indonesia emas pada tahun 2045.

Andy menyimpulkan, “Proyek ini tidak berakhir di sini. Diharapkan para talenta muda dapat terus mengembangkan karirnya setelah pelatihan ini. Ini merupakan langkah awal dalam mencapai kepemimpinan di masa depan.

Penutupan Young Talents 2024 menampilkan keberagaman India dalam kostum tradisional daerah yang dikenakan para peserta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *