Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 73 Kurikulum Merdeka: Aktivitas Individu

TRIBUNNEWS.COM – Berikut jawaban Silabus Mandiri Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTS Halaman 73.

Dalam esai pembahasan IPS kelas 8 SMP (halaman 73), siswa mendiskusikan proses geografis yang mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Sebelum memulai penugasan, mahasiswa diminta untuk meninjau kembali keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di masyarakatnya.

Dengan menggunakan sumber ini, siswa akan menyelesaikan soal latihan di halaman 73 pada kolom Aktivitas Individu.

Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 8 SMP Halaman 73 Silabus Mandiri :

Temukan sebanyak-banyaknya contoh bentang alam Indonesia melalui internet, buku atau sumber literatur lainnya! baju kaos

Jawaban: Dataran Rendah Pesisir Utara Jawa: Wilayah ini mencakup wilayah seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya yang terkenal dengan dataran rendahnya yang rawan banjir. Dataran Rendah Sumatera: Terletak di pesisir timur, khususnya di Riau dan Sumatera Utara, lahan pertanian dan pemukiman berada pada dataran rendah. Dataran Rendah Kalimantan: Daerah seperti Kapuas dan Barito di Kalimantan juga termasuk dalam dataran rendah yang subur. Dataran Rendah Sulawesi: Sebagian besar pesisir selatan dan tenggara Sulawesi merupakan dataran rendah yang penting untuk pertanian. Dataran Rendah Papua: Daerah pesisir Papua, khususnya di sekitar Jayapura, juga merupakan dataran rendah yang penting.

2. Dataran Tinggi

Jawaban: Dataran Tinggi Tieng: Terletak di Jawa Tengah, terkenal dengan kawah dan budaya pertaniannya. Dataran Tinggi Bandung: Iklim di Jawa Barat sejuk dan subur sehingga ideal untuk pertanian. Dataran Tinggi Bukit Barisan: Membentang di seluruh Sumatera dan menyediakan habitat bagi berbagai flora dan fauna. Dataran Tinggi Maluku: Banyak wilayah di Maluku yang memiliki dataran tinggi dengan keanekaragaman hayati. Dataran Tinggi Papua: Termasuk Pegunungan Mak, salah satu wilayah tertinggi di Indonesia.

3. Gunung

Jawaban: Gunung Semeru: Terletak di Jawa Timur, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan terkenal dengan keindahan alamnya serta berstatus sebagai gunung berapi aktif. Gunung Merapi: Terletak di Jawa Tengah, Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Gunung yang paling banyak dikunjungi adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi. Gunung Rinjani: Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rinjani terkenal dengan danau kawah Segara Anak dan jalur pendakian yang menantang.

4. Bukit

Jawaban: Bukit Bintang: Terletak di Bali dekat Ubud, Bukit Bintang terkenal dengan pemandangan indah dan tempat wisata populernya. Bukit Teletubbies: Terletak di Tieng, Jawa Tengah, bukit ini memiliki topografi yang unik dan sering dijadikan tempat berfoto. Bukit Sigunir: Tieng terkenal sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit yang spektakuler.

5. Gunung

Jawaban: Pegunungan Bukit Barisan: Pegunungan dan perbukitan yang terbentang luas di pulau Sumatera merupakan rumah bagi beberapa gunung berapi aktif. Pegunungan Jayavijaya: Terletak di Papua, mereka terkenal dengan puncak permanennya yang tertutup salju seperti Piramida Carstens, salah satu dari Tujuh Puncak. Pegunungan Tieng: Terletak di Jawa Tengah, terkenal dengan kawah gunung berapi, danau, dan keindahan alamnya yang menarik wisatawan.

6. Depresi kontinental

Jawaban: Cekungan Jawa: Meliputi wilayah Jakarta dan sekitarnya, sebagian berada di bawah permukaan laut dan rawan banjir. Cekungan Sumatra: Sumatra mempunyai banyak daerah depresi. Wilayah pesisir Sulawesi: Banyak wilayah pesisir di Sulawesi yang mungkin juga terkena dampak kondisi ini.

*) Penafian:

– Jawaban di atas hendaknya hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar siswa.

– Siswa harus menyelesaikan soal latihan terlebih dahulu sebelum melihat jawabannya.

(Tribunnews.com/Mohay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *