Polisi Periksa 16 Pekerja Renovasi Kantor Komnas Perempuan Buntut Kebakaran di Gedung Bakamla RI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polres Metro Jakarta Pusat akan memeriksa 16 pekerja yang sedang melakukan pekerjaan renovasi di kantor Komnas Perempuan lantai 6 Gedung Bakamla RI, Minggu (29/9/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatio Purnomo Kondro mengatakan, penggeledahan dilakukan saat 16 pekerja tersebut sedang merenovasi kantor Komnas Perempuan.

Selain itu, kata dia, kerusakan terparah terjadi di lantai 6 kantor Komnas Perempuan.

“Saat ini kami sedang memeriksa 16 pedagang di Polda Metro Jaya,” kata Susatyo kepada wartawan di lokasi pembangunan Bakamla RI, Minggu (29/9/2024).

Ia mengaku belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan sebagian besar bangunan tersebut.

Oleh karena itu, informasi dari pekerja dianggap penting dalam memberikan titik terang mengenai kebakaran.

“Informasi dari para pedagang ini akan sangat bermanfaat. Kami tetap berharap seluruh rekaman CCTV yang ada di gedung ini tetap terpantau,” jelasnya.

Selain menyelidiki 16 pekerja tersebut, polisi, kata Susatyo, akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi tersebut, dibantu tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri.

Sederhananya, hal itu hanya bisa dilakukan jika sudah mendapat izin dari pihak pemadam kebakaran yang masih melakukan proses pendinginan.

“Dan mudah-mudahan segera reda dan kita bisa melakukan olah TKP,” tutupnya.

  Kebakaran diduga berasal dari kantor Komnas Perempuan yang telah direnovasi

Sebelumnya, penyebab kebakaran gedung Badan Keselamatan Laut Indonesia (Bakamla) diduga akibat proses renovasi di kantor Komnas Perempuan yang terletak di lantai 6.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Bakamla RI Laksamana TNI Irvansyah soal penyebab kebakaran. ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​.

“Mengenai kebakaran di gedung panggilan itu ada 6 lantai. Kebakaran diduga berasal dari lantai 6 kantor Komnas Perempuan yang sedang direnovasi,” kata Irvansyah saat dikonfirmasi, Minggu (29/9/2024).

Menurut Irvansyah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro pun membenarkan hal tersebut.

Dijelaskannya, saat ini tempat tersebut sedang direnovasi.

Komnas Perempuan sedang update, nanti kita selidiki lagi,” kata Susatyo kepada wartawan di lokasi kejadian.

Ia juga mengatakan, selain kantor Komnas Perempuan, terdapat beberapa lembaga lain yang berada di gedung tersebut, salah satunya Yayasan Bung Karno yang berada di lantai 3.

Ia mengatakan, kantor pangkalan juga ikut terbakar dalam kejadian pagi tadi.

Jadi kantor Komnas Perempuan ada di gedung Bakamla lantai 6 dan kantor Yayasan Bung Karno lantai 3, tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, kantor Badan Keamanan Laut atau Bakamla RI terbakar pada Minggu pagi (29/9/2024).

Sumber api dan penyebab kebakaran di kantor Bakamla yang berlokasi di Jl. Proklamasi No. 56 RT 10/RW 02, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com, api bermula dari lantai 6.

“Ada kebakaran​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​di lantai 6, sedang ada pekerjaan konstruksi di sana,” kata sumber itu. Gedung Bakamla RI pasca kebakaran​​​​​​​​​​​​​​​​/2024) – Fahmi Ramadhan (Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *