Infrastruktur Ukraina Hancur, Zelensky: Di Bulan April Rusia Bombardir dengan 3.200 Bom Berpemandu

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan Rusia semakin sering menyerang negaranya, hingga secara paksa menghancurkan sebagian besar tentaranya.

Bahkan pada April 2024, Ukraina dibom dengan senjata ampuh. Musuh setia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia menyerang Ukraina bulan lalu dengan 300 ranjau, 300 dolar Shahed, dan 3.200 bom.

Keruntuhan ini telah memukul perekonomian dan sektor energi Ukraina dengan keras karena Kyiv menunggu bantuan lebih lanjut dari sekutu-sekutunya. Bahkan saat itu Ukraina sudah terpuruk.

“Hanya kekuatan yang dapat menghentikan kekerasan ini – kekuatan rakyat kita, kekuatan persatuan nasional, kekuatan tekanan terhadap Rusia, kekuatan pertahanan udara yang diberikan kepada Ukraina, kekuatan tentara garis depan kita,” Zelenskiy. tulis di aplikasi perpesanan Telegram pada Kamis (2/5/2024) yang diambil Reuters.

Serangan pada bulan April adalah yang terburuk dalam invasi Rusia yang dimulai pada Februari 2022.

Alexander Kovalenko, seorang analis militer Ukraina, sebelumnya membandingkan peningkatan serangan Rusia.

Dalam tiga bulan pertama tahun 2024 saja, pasukan Putin menjatuhkan 3.500 bom, meningkat 1.600 persen dibandingkan jumlah bom serupa yang diluncurkan pada tahun 2023.

Bom berkekuatan besar ini diluncurkan oleh dua jenis jet tempur Rusia hanya dari wilayah pertahanan udara. Namun, bisa dengan cepat menyelinap ke wilayah lawan.

“Dengan kemampuan membuka hingga 70 kilometer, tanpa memasuki zona pertahanan udara kami, Rusia dapat menghancurkan tentara dan kota kami,” ujar Kovalenko seperti dilansir Forbes.

Senjata-senjata termasuk FAB-1500 yang ditingkatkan milik Moskow telah menyebabkan kerusakan parah di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, serta kota-kota garis depan seperti Sumy, yang terkena dampak parah dalam beberapa pekan terakhir.

FAB-1500 adalah senjata rudal jelajah utama yang digunakan Rusia melawan Ukraina.

Pakar militer David Hambling mengatakan FAB-1500 dijamin akan hancur. Karena memiliki akurasi lebih dari 10 meter.

Bekas serangan tersebut juga dapat menimbulkan kawah dengan kedalaman lebih dari 2 meter dan lebar 15 meter.

Salah satu anggota militer Ukraina, Egor Sugar, mengatakan kekuatan bom ini begitu besar hingga gedung-gedung bertingkat pun berubah menjadi lubang yang dalam setelah terkena FAB.

Bayangkan saja situasi pesawat tempur kita bertempur di sini hari ini,” tulis X di media sosial. Bom FAB-500 Rusia siap digunakan untuk menghancurkan wilayah yang dikuasai. Angkatan Bersenjata Ukraina (Kementerian Pertahanan Rusia / TASS)

Pada pertengahan Februari, Egor Sugar dan kawan-kawan akhirnya meninggalkan Avdiivka yang diambil alih oleh Rusia.

Keesokan harinya, setelah empat bulan pengepungan dan pemboman besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya, pasukan Rusia memasuki wilayah yang kini hancur. Namun perebutan kota di wilayah Donetsk, yang dapat membuka jalan ke kota-kota besar Kramatorsk dan Sloviansk, adalah salah satu kemenangan mereka yang paling luar biasa.

Apa yang disebut “bom halus”, yang disebut Shuga KAB, memainkan peran penting dalam perang tersebut, dan sejak itu telah menanamkan teror di parit pertahanan Ukraina sehingga banyak pengamat melihatnya sebagai senjata potensial untuk meredakan ketegangan. baik di Moskow setelah bulan yang tidak menentu.

Tentara Rusia kini menjatuhkan mereka dalam jumlah besar di Chassiv Yar, salah satu benteng terakhir di jalan menuju Kramatorsk. Bom FAB-500 diluncurkan dari jet tempur Rusia di wilayah Ukraina (Telegram via Strana)

Kekuatan destruktif mereka, dikombinasikan dengan ukuran Rusia, dapat memungkinkan militer Rusia menghancurkan garis pertahanan yang dibangun dengan biaya besar sejak invasi gagal ke Ukraina pada musim panas 2023, beberapa pejabat memperingatkan awal bulan ini, ketika diwawancarai secara anonim melalui media digital. surat kabar Politico.

Menurut Forbes, Rusia kini mendapat untung dari pemboman tersebut. Bom buatan tangan harganya murah. Masing-masing berjumlah beberapa puluh ribu ringgit.

Peluang ini terjadi karena meningkatnya kekuatan pertahanan udara Ukraina, ranjau SAM yang menghalangi pembukaan ranjau dan pesawat pengebom Rusia telah habis. Serangan roket Rusia menghantam sebuah hotel di distrik Kharkiv Kyiv, Kamis 11 Januari 2024 sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Rudal yang ditembakkan Rusia merupakan rudal pertahanan udara S-300 dan menyebabkan kerusakan serius pada gedung hotel. (X @trajayakay)

Lusinan jet Rusia mencari celah di pertahanan udara Ukraina—dan terbang ke arah mereka untuk menjatuhkan bom yang kuat

“Tanpa superioritas udara, serangan udara Rusia akan terbatas pada serangan kapal pesiar dan rudal yang mahal dalam skala yang sangat terbatas,” tulis Justin Bronk. Bantuan Sistem Pertahanan Udara Barat Terlambat

Para ahli juga mengatakan bahwa bantuan untuk sistem pertahanan datang terlambat untuk sepenuhnya menggantikan sistem lama Uni Soviet. Setelah menembakkan lusinan rudal S-300 dan Buk setiap hari selama lebih dari setahun, Ukraina diperkirakan akan kehabisan Buks dan S-300 bulan depan.

Ketika Patriot dan rudal serta rudal balistik baru mulai berdatangan, dampaknya adalah semakin besarnya kesenjangan dalam pertahanan udara Ukraina. Ukraina mengetahui hal ini, sehingga mereka semakin banyak menggunakan SAM dan jet tempur Barat.

Orang Rusia juga tahu. Dan mereka dengan cepat mengeksploitasi celah tersebut, menempatkan lebih banyak bom dengan sayap ringan dan menjatuhkannya dari jarak menengah atau tinggi di sepanjang bagian garis depan dimana jangkauan SAM Ukraina paling tipis.

Sebelumnya pada tanggal 4 Maret, sebuah jet Rusia menjatuhkan bom UPAB-1500V dalam perjalanan ke Wilayah Chernihiv. Kota Chernihiv terletak 25 kilometer selatan perbatasan Rusia. Ternyata UPAB-1500V seberat 3.300 pon—sekitar satu ton hulu ledak—dapat menempuh jarak 25 mil saat sedang terbang dan meluncurkannya pada ketinggian 40.000 kaki atau lebih. Rusia Lebih Marah

Kepala Intelijen Nasional AS, Avril Haines, mengatakan Putin akan menggunakan agresi, mengingat apa yang terjadi di dalam dan luar negeri mendukungnya.

Haines saat sidang di Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, seperti dilansir Reuters

Haines mencatat bahwa Rusia telah meningkatkan serangan terhadap infrastruktur Ukraina untuk mengganggu kemampuan Kiev untuk memobilisasi senjata dan pasukan, menghambat infrastruktur pertahanan dan menekan negosiasi.

“Taktik Putin yang semakin agresif terhadap Ukraina, seperti serangan terhadap infrastruktur energi Ukraina, bertujuan untuk memberikan kesan kepada Ukraina bahwa melanjutkan perjuangan hanya akan menambah kerusakan pada Ukraina dan tidak memberi jalan pada kemenangan,” kata pejabat itu.

Taktik agresif ini, jelasnya, kemungkinan besar akan terus berlanjut dan “perang tidak dapat berakhir dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *