Selama Juli 2024, 188 Orang di Jepang Tewas Akibat Gelombang Hawa Panas

Laporan koresponden Tribunnews.com Jepang Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang mengungkapkan pada Juli 2024, 188 orang meninggal saat bekerja atau terpaksa mengambil cuti akibat cuaca panas.

Angka tertinggi pada bulan Juli dalam lima tahun terakhir.

“Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, semua industri berada di bawah tekanan untuk mengambil tindakan dini guna menghadapi gelombang panas yang terjadi di Jepang saat ini,” kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan kepada Tribunnews.com, Rabu (21/8/2024).

Menurut Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang, 267 orang meninggal akibat serangan panas saat bekerja di pertanian dalam 10 tahun hingga akhir tahun, dan 88 persen di antaranya berusia 70 tahun atau lebih.

Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (ZMM) dan organisasi lain mengindikasikan bahwa tindakan melawan serangan panas harus segera diperkuat di bidang pertanian dan mendorong semua petani untuk menghadiri pelatihan tentang pencegahan serangan panas mulai tahun ini dan seterusnya.

Ia juga memperkenalkan barang-barang seperti “pakaian yang dikipas”, berguna untuk tindakan pencegahan dan metode pemeriksaan mandiri dengan menggunakan lembar pemeriksaan.

Selain itu, mereka juga mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan kampanye untuk secara aktif berbicara dengan pekerja senior, terutama petani muda.

Nishinakagawa, seorang petani ukura (Abelmoschus esculentus), berkata: “Saya rasa panas musim panas saat ini sangat tidak biasa, dan jika cuaca semakin panas, orang tua akan khawatir, jadi saya rasa saya harus mempertimbangkan untuk mengurangi luas lahan pertanian.”

Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, jumlah kematian dan cedera yang disebabkan oleh sengatan panas di tempat kerja atau ketidakhadiran paksa adalah data bulanan awal, dengan total 19 kematian dari Januari hingga Mei, 40 di bulan Juni, dan 188 di bulan Juli, dimana 10 di antaranya meninggal seketika.

Jumlah kematian bulan lalu pada bulan Juli adalah yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Selain itu, 223 orang meninggal karena serangan panas di tempat kerja dalam 10 tahun hingga tahun lalu, dan berdasarkan industri, jumlah tertinggi terjadi di sektor konstruksi – 96 orang, diikuti oleh keamanan sebanyak 30 orang, manufaktur sebanyak 28 orang, dan pertanian sebanyak 15 orang.

Sebaliknya, jika kita melihat jumlah orang yang dibawa ke rumah sakit karena serangan panas pada jam kerja berdasarkan lokasi, dari lebih dari 8.500 orang yang dirawat sejak akhir tahun, yang dihimpun oleh Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana IeM. April hingga 18 bulan Dari jumlah tersebut, 7.031 orang bekerja di fasilitas pembangunan jalan, pabrik dan perbengkelan, dan 1.646 orang di antaranya bergerak di bidang pertanian dan perikanan di ladang, hutan, dan laut.

Industri konstruksi, yang mencatat jumlah kematian dan cedera akibat sengatan panas tertinggi di tempat kerja, berada di bawah tekanan untuk merespons.

Di lokasi rekonstruksi skala besar di Shinjuku-ku, Tokyo, yang dimiliki oleh Taisei Corporation, kontraktor umum utama, sekitar 500 orang bekerja setiap hari untuk menghancurkan bangunan tersebut.

Pada hari-hari ketika indeks panas melebihi 32 derajat, yang dianggap “berbahaya” di atas 31 derajat, waktu pertemuan pagi di luar ruangan dikurangi menjadi setengah dari waktu biasanya, dan orang yang bertanggung jawab atas pemasangan mengimbau “tindakan”. . untuk melindungi hidup Anda dari panas dan kelembapan.”

Ruang pendingin dengan pengatur suhu, kipas kabut, server hidrasi, es serut didistribusikan ke seluruh lokasi konstruksi, dan ruangan dilengkapi dengan perawat sehingga jika terjadi gejala heatstroke dapat segera diantisipasi di lokasi.

Tahun lalu, kejadian sengatan panas hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga untuk pertama kalinya, Taisei Corporation memutuskan untuk menetapkan pedoman operasional internalnya berdasarkan indeks panas.

Menurut pedoman, jika indeks panas diperkirakan 28 derajat atau lebih, pada awalnya, selain istirahat teratur, istirahat sekitar 10 menit dan sering-seringlah mengisi ulang air dan garam, dan jika 31 atau lebih tinggi, perpanjang. ini. istirahat makan siang untuk menghindari bekerja pada suhu yang lebih tinggi.

Untuk memudahkan setiap orang memeriksa “indeks panas”, sebuah proyektor digunakan di lorong untuk menampilkan indeks panas dan tingkat bahaya di lorong, dan orang yang bertanggung jawab mengatur setiap tempat kerja membawa dan memasang pengukur indeks panas. untuk membunyikan alarm ketika nilai default terlampaui. Pesan seperti indeks suhu dan panas dikirim untuk memperingatkan pekerja di sekitar.

Penanggung jawab bengkel mengatakan, sulit mengetahui suhu tinggi atau tidak karena suhu tinggi karena alat berat bergerak dan panas karena saat badan bergerak menghasilkan panas dan keringat.

General Manager Tomoki Yasu mengatakan, terutama saat Anda sedang bekerja, Anda tenggelam dalam pekerjaan dan terkadang sulit untuk bersantai. Itu sebabnya penting untuk meningkatkan kesadaran, memeriksa angka-angka dan membunyikan alarm.

Selain itu, seiring dengan meningkatnya suhu, efisiensi kerja tidak hanya menurun tetapi juga membahayakan nyawa, yang merupakan masalah besar dalam industri konstruksi.

“Kita perlu mempertimbangkan langkah-langkah dari semua perspektif, seperti jam kerja yang fleksibel dan membatasi waktu kita terkena sinar matahari langsung.”

Menurut Persatuan Industri Konstruksi Metropolitan, yang merupakan rumah bagi banyak anggota serikat pekerja konstruksi skala kecil di prefektur Tokyo, Kanagawa dan Saitama, anggota serikat pekerja yang bekerja di lokasi konstruksi skala kecil yang disebut “lokasi konstruksi perkotaan” mengatakan tidak punya tempat untuk beristirahat.

Misalnya, lokasi pembangunan pemukiman, pengecatan eksterior, pengatapan, dan pengerasan jalan menyulitkan penyediaan tempat istirahat karena berada di kawasan pemukiman atau di pinggir jalan raya dan tidak ada ruang atau tempat berteduh untuk memarkir mobil. Berikutnya.

Bahkan saat mencoba menenangkan diri di dalam mobil, peralatan dan barang-barang bisa saja tertinggal, dan jika terlalu banyak pekerja, barang-barang tersebut mungkin tidak muat.

Selain itu, pekerjaan di dalam ruangan sebelum adanya AC, seperti renovasi interior apartemen, mengakibatkan orang pingsan karena kesulitan bernapas dan berkeringat karena panas dan kelembapan dari pekerjaan di dalam ruangan tidak hilang, kata Divisi Penilaian Paparan Institut Kesehatan Nasional. dan Pesquisa menyatakan bahwa, untuk mencegah sengatan panas, penting untuk memasang tempat istirahat di tempat kerja di mana orang dapat beristirahat dan menenangkan diri, selain menyediakan air dan garam.

Di lokasi konstruksi besar, sebagian besar dilengkapi dengan ruangan ber-AC, seperti ruang pencegah sengatan panas, dan tempat istirahat dengan minuman dingin yang disiapkan untuk mencegah kematian dan penyakit serius, jadi ini adalah cara yang ideal.

Bahkan di industri konstruksi, jumlah penyakit serius hanya sedikit, seperti di perumahan swasta dan pembangunan jalan, serta di luar ruangan dan di tempat yang sulit untuk menyediakan tempat istirahat, seperti keamanan dan pertanian.

Misalnya, dalam kasus pertanian, jika lahan pertanian jauh dari rumah atau tidak ada tempat rekreasi di dekatnya, maka risiko sengatan panas akan meningkat.

Selain itu, penting untuk menyiapkan tempat peristirahatan sebanyak mungkin, bahkan di area sekecil itu, dan ada kasus di mana orang beristirahat di truk ber-AC dan mobil pribadi, dan material seperti perancah dan terpal digunakan di lokasi konstruksi. berfungsi untuk membuat tempat istirahat sederhana.

“Karena pertanian adalah bisnis alami, sulit untuk sepenuhnya menghindari pekerjaan di musim panas, jadi menurut saya sangat perlu untuk mengubah jam kerja menjadi sore atau pagi hari. Apalagi jika mereka tidak bisa bekerja penuh waktu, akan ada masalah. dengan berkurangnya pendapatan pekerja, maka masalah ini menjadi perhatian seluruh negara”, kata Saito lagi.

“Sengatan panas merupakan bencana yang sangat menakutkan, namun merupakan bencana yang dapat dihindari dengan tindakan yang tepat. Baik di tempat kerja, di rumah, atau di sekolah, penting untuk mengambil tindakan.”

Sedangkan UKM Handicrafts dan Japan lovers yang ingin berpameran di Tokyo dapat bergabung di grup WhatsApp Japan Lovers secara gratis dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Japan Lovers. Tuliskan nama, alamat dan nomor WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *