Rekor Spesial Mikel Arteta setelah Arsenal Kalahkan Tottenham, Arsene Wenger Mah Lewat

TRIBUNNEWS.COM – Kemenangan Arsenal atas Tottenham Hotspur di Liga Inggris, Minggu (15/9/2024) menjadi rekor istimewa bagi Mikel Arteta.

Arsenal menang 0-1 saat menjamu Spurs di Stadion Tottenham Hotspurs berkat gol semata wayang Gabriel.

Absennya Martin Odegaard dan Declan Rice di lini tengah Arsenal bukan masalah besar bagi Arteta.

Meski sedikit kehilangan penguasaan bola, namun kejelian Arsenal dalam memanfaatkan peluang yang ada akhirnya bisa menguasai mereka.

Yang istimewa dari hasil ini adalah kemenangan tandang ketiga Arsenal melawan Spurs dalam tiga musim terakhir di Premier League.

Ya, Arsenal selalu menang saat bertamu ke Stadion Tottenham Hotspurs tiga kali berturut-turut. Rekor tersebut cukup langka karena sudah lama tidak terulang oleh Arsenal dalam kurun waktu 36 tahun, terakhir pada tahun 1988.

Yang lebih penting lagi, seperti yang diungkapkan Opta, tiga kemenangan kandang terakhir Arsenal melawan Spurs semuanya terjadi ketika The Gunners dikelola oleh satu orang, tidak lain adalah Mikel Arteta.

Sebelum Arteta, belum ada manajer Arsenal yang berhasil mencatatkan tiga kemenangan beruntun di Spurs. Kelas Arsene Wenger belum pernah menang tiga kali berturut-turut di kandang melawan Spurs.

Di bawah Arteta, Arsenal telah mengubah kandang Spurs menjadi taman bermain dan tidak ada lagi perasaan angker di stadion Tottenham Hotspurs.

Dua pertemuan sebelumnya di kandang Spurs berakhir 0-2 pada musim 2022/2023. London Gunners menang usai bunuh diri Hugo Lloris dan gol Odegaard.

Kemudian pada musim 2023/2024. Arsenal menang 2-3 setelah unggul tiga gol di babak pertama berkat Emile Hojbjerg, Saka dan Kai Havertz, hanya untuk membalas dengan dua gol dari Cristian Romero dan Son. Heun-min.

Secara total, Arsenal telah memenangkan setengah dari pertandingan tandang Premier League mereka melawan Tottenham di bawah asuhan Mikel Arteta (50 persen – 3/6).

Faktanya, menurut BBC, kemenangan ini hanya satu kemenangan lebih sedikit dari yang diraih The Gunners dalam 22 pertandingan tandang melawan mereka di kompetisi di bawah asuhan Arsene Wenger (22/4 – 11 seri, 7 kekalahan).

Kemenangan terbaru ini membuat Arsenal kini naik ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris. Tim asuhan Mikel Arteta mencetak 10 poin, unggul enam poin dari Spurs yang berada di posisi ke-16.

“Luar biasa, saya tidak tahu kapan itu terjadi dalam sejarah kami. Setelah jeda internasional kami mendapat beberapa pukulan keras. Reaksi tim luar biasa. Itu menunjukkan kedewasaan tim.”

“Ketika kami harus bertahan di area yang lebih dalam, kami melakukannya dengan sangat baik. Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, tapi kami mendapat kemenangan lagi di sini dan itu sangat besar. Saya tahu apa yang dipikirkan penggemar kami, jadi nikmatilah,” kata Arteta. setelah pertandingan.

(Tribunnews.com/Tio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *