Penerapan Chatbot Berbasis AI di Era Digital Jadi Aset Penting bagi Perusahaan, Ini Sebabnya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengalaman pelanggan memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan jangka panjang dan kesuksesan suatu perusahaan. 

Bisa dimulai dari meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan konversi dan penjualan, membangun inovasi dan citra perusahaan, hingga meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan perusahaan karena pengalaman pelanggan yang positif.

Devoteam Indonesia mengadakan acara bertajuk “Enhancing Customer Experience with Chatbots Powered by Gen AI”.

Agil Ghifari, insinyur mesin di Devoteam Indonesia, mengatakan bahwa AI generatif telah menjadi alat yang sangat penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan saat ini karena kemampuannya untuk mengotomatisasi tugas-tugas untuk membuat input tidak terstruktur, semi-terstruktur, dan bahkan gambar melalui model multimodal – sesuatu yang sangat sulit. harus dilakukan sebelum Gen AI hadir.

“Sistem tradisional kesulitan memproses data tidak terstruktur seperti teks bebas, gambar, atau video, sehingga sulit menciptakan interaksi pelanggan yang lancar. Di sisi lain, Gen AI mampu mengenali pola dalam data kompleks ini dan secara otomatis menghasilkan respons yang dipersonalisasi dan relevan. Hal ini “memungkinkan bisnis menawarkan layanan yang lebih disesuaikan dan disesuaikan, yang pada akhirnya mengubah interaksi pelanggan menjadi pengalaman yang lebih lancar dan bermakna,” jelasnya dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).

Penerapan chatbot berbasis AI di era digital saat ini menjadi aset penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan banyak aspek pengalaman pelanggan.

Berikut beberapa keunggulan utamanya, pertama, respon cepat dan layanan 24/7. Chatbot AI memberikan jawaban instan atas pertanyaan pelanggan dan dapat memberikan layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menerima respon sehingga dapat meningkatkan kepuasannya.

Kedua, personalisasi layanan. Chatbot AI mampu menganalisis riwayat dan preferensi interaksi pelanggan, serta memberikan rekomendasi atau tanggapan yang dipersonalisasi. Hal ini menciptakan pengalaman yang lebih relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan individu pelanggan.

Ketiga, pengetahuan multibahasa. Chatbot berbasis AI sering kali mendukung multibahasa, memungkinkan pelanggan dari berbagai negara dan latar belakang berbeda untuk berkomunikasi dengan mudah tanpa hambatan bahasa, sehingga meningkatkan jangkauan global perusahaan.

Keempat, efisiensi dalam penanganan volume tinggi. Chatbot AI dapat menangani banyak interaksi secara bersamaan tanpa mengurangi kualitas layanan. Hal ini meningkatkan efisiensi, terutama ketika ada peningkatan permintaan, misalnya saat promosi besar atau acara khusus.

Kelima, transfer masalah yang efektif. Jika chatbot tidak dapat menyelesaikan masalah, AI dapat mengarahkan pelanggan ke agen manusia yang tepat dengan konteks percakapan yang lengkap. Hal ini mempercepat penyelesaian masalah dan mengurangi frustrasi pelanggan.

OCA menggabungkan AI untuk memperluas layanan chatbot lebih cepat dan efisien

Di sisi lain, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen memberikan layanan terbaik yang diwujudkan melalui penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada produk dan layanan digital. Salah satunya dengan menyematkan AI pada OCA Indonesia yang merupakan produk terobosan Leap Telkom Digital.

Teknologi AI akan diimplementasikan pada chatbot OCA Indonesia yang diberi nama OCA Automated Interaction (OCA AI). Teknologi terkini pada OCA AI mampu merespon percakapan secara cerdas dan otomatis, sehingga mengurangi keterlibatan manusia dalam menjawab pesan atau menangani keluhan secara manual.

Kehadiran AI chatbot di OCA dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk membuat penggunaan karyawan menjadi lebih efisien. Dengan begitu, pelaku usaha bisa lebih fokus memposisikan karyawannya untuk menghadapi isu-isu yang lebih strategis dan memberikan manfaat lebih bagi perusahaan dan institusi pengguna OCA Indonesia.

Kehadiran OCA AI juga akan membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan chatbot sendiri sesuai kebutuhan. Berkat dukungan omnichannel yang lengkap, OCA AI memudahkan pengguna untuk mengimplementasikan chatbot di berbagai saluran komunikasi.

Dengan cara ini, perusahaan dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, sehingga berdampak positif bagi perusahaan. Selain itu, OCA AI juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi komunikasi di banyak industri, salah satunya adalah pendidikan.

“Kami di Telkom selalu berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik melalui produk dan layanan digital kami. Seperti penyematan AI pada chatbot OCA, kami menyebutnya OCA AI. Oleh karena itu, OCA AI dapat digunakan untuk mengefektifkan alur kerja perusahaan sehingga memberikan lebih banyak manfaat. manfaatnya,” kata EVP Bisnis Digital dan Teknologi Telkom Komang Budi Aryasa.

Artikel ini tayang di Cash dengan judul Chatbot Didukung AI Generatif Dapat Memaksimalkan Pengalaman Pelanggan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *