Tentara Israel Jadikan Remaja Palestina Sebagai Tameng Hidup untuk Cari Pejuang di Terowongan Gaza

Tentara Israel menggunakan remaja Palestina sebagai tameng manusia untuk mencari militan di terowongan

Pasukan Israel menggunakan warga Palestina, termasuk orang tua dan remaja, sebagai perisai manusia untuk mencari militan Hamas di terowongan Gaza dan memasang perangkap karena “ledakan lebih baik bagi mereka daripada tentara,” Haaretz 8 Dilaporkan pada 13 Maret. .

Haaretz mewawancarai beberapa tentara Israel yang bertempur di Gaza dan mengkonfirmasi bahwa tentara Israel menculik warga sipil Palestina sebagai tameng manusia dengan sepengetahuan penuh pejabat senior militer, termasuk Kepala Staf Hertz Halevi.

Warga Palestina, yang dikenal sebagai “shawish” oleh tentara dan perwira, dipaksa mengenakan seragam militer dan sepatu tenis atau sandal sementara “tangan mereka diborgol ke belakang dan wajah mereka menunjukkan ketakutan,” tulis Haaretz.

“Mereka mengatakan nyawa kami lebih penting daripada nyawa mereka,” kata beberapa pejuang, “dan pada akhirnya lebih baik tentara kami hidup dan dibunuh dengan alat peledak.”

Beberapa tentara menggambarkan bagaimana mereka dikirim untuk mencari dan menculik warga Palestina yang “cocok” dan membawa mereka ke brigade dan batalyon yang beroperasi di Jalur Gaza.

“Ini suatu kebanggaan,” kata sumber yang terlibat dalam Pencarian.

Kesaksian tersebut menguatkan sebuah video yang dirilis oleh Al Jazeera dua bulan lalu yang menunjukkan tentara mengenakan seragam dan rompi kepada para tahanan Palestina, memborgol tangan mereka ke belakang punggung, memasang kamera pada mereka dan menggiring mereka ke dalam rumah-rumah yang hancur dan lubang-lubang di dalamnya.

“Ketika saya melihat laporan Al Jazeera, saya berkata, ‘Oh, ya, itu benar,’” kata salah satu pejuang brigade reguler yang terlibat dalam penggunaan warga Gaza sebagai tameng manusia.

“Kemudian saya melihat respon dari IDF yang sama sekali tidak mencerminkan kenyataan. Setidaknya hal itu dilakukan dengan sepengetahuan brigade… IDF tahu bahwa ini bukanlah kejadian yang hanya terjadi pada anggota parlemen yang muda dan bodoh. yang memutuskan untuk melakukannya sendiri. Bawalah seseorang bersamamu.”

Haaretz mencatat bahwa pasukan Israel telah menggunakan warga Palestina sebagai tameng manusia di masa lalu. Selama Operasi Tembok Perisai pada tahun 2002, praktik ini diterima di militer dan dikenal sebagai “Prosedur Tetangga”.

Sumber militer Komando Selatan mengatakan kepada Haaretz bahwa, seperti Kepala Staf Herz Halevi, Komando Selatan Mayjen Yaron Finkelman mengetahui praktik yang saat ini digunakan di Gaza.

Seorang tentara di brigade reguler mengatakan bahwa dalam satu insiden mereka menculik seorang anak laki-laki berusia 16 tahun untuk digunakan sebagai tameng manusia.

“Sekitar lima bulan lalu, dua warga Palestina dibawa ke kami,” kenangnya. “Salah satu dari mereka berusia 20-an dan yang lainnya berusia 16 tahun. Kami diberitahu, ‘Gunakan mereka, mereka warga Gaza, gunakan mereka sebagai pembela kemanusiaan’.”

“Anda harus tenang dan mencoba berkata pada diri sendiri, ‘Oke, ayo kita gunakan,’” kata tentara lain di unit tersebut.

“Mereka mencoba membenarkannya secara rasional, namun pada akhirnya, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun sedang duduk di dalam rumah dengan mata tertutup dan diborgol.”

“Para tentara seharusnya membantunya buang air besar atau memberinya makan. Ini bukan insiden yang dimulai dan diakhiri dengan dia memasuki rumah dan terowongan atau meledakkan bangunan. Mereka berada di dekatnya. Mereka tinggal bersama orang-orang di dalam rumah selama beberapa hari. “

Anak laki-laki itu dibebaskan keesokan harinya. Dia dibawa ke pos pemeriksaan di Jalur Gaza dan diperintahkan menuju ke selatan. “Kemudian,” kata Lochem, “kami akhirnya memahami bahwa mereka bukanlah teroris melainkan warga sipil yang didatangkan khusus untuk acara ini.”

Sumber: Buaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *