Istana Sindir Megawati soal Naik Jet Pribadi, PDIP Buka Suara: Itu Perjalanan Kebangsaan

TRIBUNNEWS.COM – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah angkat bicara usai Istana menyebut Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri kerap menggunakan jet pribadi.

Said mengaku pihaknya tak memperdulikan sindiran Istana Megawati saat membela Kaesang Pangarep terkait penggunaan jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat (AS).

Megawati, kata Saeed, menggunakan jet pribadi saat bepergian keliling Tanah Air.

“Respon pihak Istana adalah Bu Mega dan sebagainya, itu biasa saja. Ini perjalanan kebangsaan kita, tidak penting,” kata Said di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/09/2024).

Apalagi, Saeed belum mau berkomentar lebih jauh soal itu karena menurutnya hal itu tidak ada gunanya.

“Berdebat itu tidak produktif, apa gunanya,” ujarnya.

Sebelumnya ramai dibicarakan mengenai penggunaan jet pribadi, mulai dari Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, pergi ke luar negeri menggunakan jet pribadi.

Hal tersebut diketahui dari unggahan foto di Instagram pribadi Erina yang memperlihatkan momen saat ia berada di dalam pesawat berjendela oval yang diduga merupakan jet pribadi Gulfstream G650ER.

Bahkan, ada pula ide agar Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi Gulfstream dengan nomor registrasi N588SE.

Setelah itu, oleh sebagian orang, hal ini dianggap sebagai suatu kesenangan. Kaesang datang ke KPK untuk mengklarifikasi kontroversi jet pribadi tersebut

Untuk meredakan permasalahan yang ada, pada Selasa (17/09/2024), Kaesang mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjelaskan dugaan penggunaan jet pribadi untuk bersenang-senang.

Kedatangan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Yokowi) ini ke KPK juga dibenarkan Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika.

Tessa mengatakan, Kaesang mendatangi gedung C1 KPK karena kantor Direktorat Kesenangan berada di gedung itu.

“Memang Pak K (Kaesang) datang ke Gedung KPK Jl. SDM Rasuna Said Kav.C1, untuk lapor tips,” kata Tessa saat dihubungi, Selasa, seperti dilansir Kompas.com.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan kunjungannya ke KPK bukan atas undangan, melainkan atas inisiatif sendiri.

Pasalnya, Kaesang menegaskan dirinya bukan penyelenggara negara.

“Saya datang ke sini bukan karena ajakan, bukan karena panggilan, tapi atas inisiatif saya sendiri,” kata Kaesang, Selasa.

Kaesang pun mengaku datang ke KPK karena ingin mendapat saran terkait penggunaan jet pribadi yang menjadi fokus.

“Saya sudah meminta bimbingan dan nasihat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi,” ujarnya. Kaesang mengaku baru saja terbang, ungkap pemilik asli jet pribadi tersebut

Adik Wakil Presiden baru Jibran Rakabuming Raka ini mengaku, jet pribadi yang digunakannya bukan miliknya melainkan milik temannya.

Kaesang menegaskan dia dan istrinya hanya menaiki pesawat pribadi temannya menuju Amerika Serikat.

Tadi juga saya jelaskan tentang perjalanan saya pada 18 Agustus ke Amerika, menumpang, atau bahasa populernya naik pesawat teman saya, kata Kaesang.

Namun Kaesang tak menjelaskan secara detail siapa temannya pemilik jet pribadi tersebut.

Ia meminta awak media menanyakan langsung kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dan kuasa hukumnya soal penggunaan jet pribadi tersebut. 

“Saya kira sudah, izin kerja saya lanjutkan dulu,” kata Kaesang.

Di sisi lain, Deputi Bidang Pencegahan dan Pengawasan KPK Pahala Naingolan mengatakan, teman Kaesang berinisial J.

Namun selebihnya, Nainggolan mengaku belum bisa memastikan seperti nama lengkap dan latar belakang sosok Y tersebut.

Ia mengaku masih akan memastikan hal tersebut terlebih dahulu.

“Inisial Y. (Kaesang) WNI atau WNA atau apa pun, tertulis siapa pemilik pesawat itu, nanti akan kita konfirmasi,” kata Pahala di Gedung C1 KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (17/9/2024). ) ).

(Tribunnews.com/Rifqah/Ilham Rian) (Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *