Amerika Serikat Siapkan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran Terkait Pengiriman Senjata ke Rusia

Washington sedang mempersiapkan sanksi keras terhadap Iran karena mengirim senjata ke Rusia

TRIBUNNEWS.COM- Washington sedang bersiap untuk menjatuhkan sanksi keras terhadap Iran atas pengiriman senjata ke Rusia.

Iran diduga mengirimkan rudal balistik jarak pendek ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina

Menteri Luar Negeri Anthony Blinken mengancam akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran sebagai tanggapan atas laporan bahwa Teheran telah mengirim rudal balistik ke Moskow selama perang melawan Ukraina, Washington Post melaporkan pada 10 September.

Blinken, yang mengunjungi Kiev pada hari Rabu untuk berkonsultasi dengan para pemimpin Ukraina, mengatakan sanksi baru, termasuk tindakan terhadap Iran Air, akan diumumkan pada Selasa malam.

“Kami telah memperingatkan Teheran secara terbuka, kami telah memperingatkan Teheran secara pribadi, bahwa langkah ini akan meningkatkan risiko,” kata Blinken. “Rusia kini telah mengirimkan rudal tersebut.”

Dia mengklaim bahwa Rusia akan menghabiskan kiriman tersebut dalam beberapa minggu.

Pemerintah Ukraina menanggapi laporan tersebut dengan mengancam akan menyerang sebuah gudang di Rusia yang menyimpan rudal yang dipasok Iran.

“Menanggapi pasokan rudal balistik ke Rusia, Ukraina harus diizinkan untuk menghancurkan gudang yang menyimpan rudal dengan senjata Barat untuk mencegah teror,” kata pejabat Ukraina Andriy Yermak, tanpa menyebutkan negara pemasok rudal tersebut.

Pada hari Senin, seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran membantah bahwa Teheran telah mengirim rudal ke Moskow. Kantor Berita Buruh Iran mengutip pernyataan Brigadir Fazlollah Nozari, “Tidak ada rudal yang dikirim ke Rusia dan pernyataan ini adalah bentuk perang psikologis.”

Pada saat yang sama, Ahmad Bakhshaish Ardestani, anggota Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, membenarkan bahwa Iran telah mengirimkan rudal dan drone ke Rusia untuk melawan Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan Iran Watch yang diterbitkan pada tanggal 9 September, Ardestani menjelaskan bahwa “Iran mengekspor drone dan rudal ke Rusia,” sementara “Rusia bekerja sama dengan Iran untuk menghindari sanksi [AS]. Kami mengimpor banyak barang dari Rusia.”

Komentar anggota parlemen Iran ini muncul di tengah laporan pejabat intelijen Barat dan AS bahwa Iran baru-baru ini mengirim rudal balistik jarak pendek ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina. Blinken: Rusia menerima rudal dari Iran, memperingatkan ancaman terhadap keamanan Eropa

Rusia telah menerima rudal balistik dari Iran dan kemungkinan akan menggunakannya di Ukraina dalam beberapa minggu, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan pada hari Selasa, mengatakan bahwa kerja sama antara Moskow dan Teheran menempatkan keamanan Eropa pada risiko yang lebih besar, Reuters melaporkan.

Berbicara pada konferensi pers di London menjelang kunjungannya ke Kiev bersama Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy, Blinken mengatakan Washington telah memperingatkan Iran secara pribadi bahwa memasok rudal balistik ke Rusia akan mengarah pada “eskalasi dramatis” dan sanksi baru. Selasa malam.

“Rusia kini telah mengirimkan rudal balistik ini dan kemungkinan besar mereka akan menggunakannya untuk melawan Ukraina dalam beberapa minggu,” kata Blinken, mengutip informasi intelijen yang menurutnya telah dibagikan kepada sekutu dan mitra AS di seluruh dunia.

Blinken mengatakan Iran telah melatih puluhan personel militer Rusia untuk menggunakan sistem rudal balistik jarak pendek Fath-360, yang memiliki jangkauan maksimum 75 mil.

Perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia diyakini telah menandatangani kesepakatan dengan para pejabat Iran pada bulan Desember untuk Fath-360 dan sistem rudal balistik Iran lainnya, Reuters melaporkan bulan lalu.

Seorang pejabat senior Iran pada hari Senin menolak laporan bahwa Iran telah memasok rudal balistik ke Rusia, dan menyebutnya sebagai “perang psikologis”. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak mengkonfirmasi laporan tersebut, namun mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia bekerja sama dengan Iran di bidang yang “sangat sensitif”.

Setelah perang selama dua setengah tahun, pasukan Ukraina kini menang dan melawan serangan Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina timur. Bulan lalu, Kiev mengirim pasukan ke Rusia dalam serangan lintas batas skala besar yang pertama.

Rudal Iran dapat digunakan pada sasaran terdekat, yang memungkinkan Rusia menggunakan senjata lain pada sasaran yang jauh dari garis depan di Ukraina, kata Blinken.

“Perkembangan ini dan meningkatnya kerja sama antara Rusia dan Iran mengancam keamanan Eropa dan menunjukkan bagaimana destabilisasi Iran berdampak pada Timur Tengah.”

Rusia, yang sebelumnya telah menandatangani sanksi PBB terhadap Iran, juga telah menunjukkan teknologi yang diinginkan Teheran, tambahnya.

“Ini adalah jalan dua arah, dengan isu nuklir dan beberapa informasi luar angkasa juga,” kata Blinken.

Iran saat ini adalah salah satu negara yang paling banyak terkena sanksi di dunia, dan beberapa ahli mempertanyakan manfaat peningkatan sanksi ekonomi yang dapat lebih merugikan kelas menengah dibandingkan kepemimpinan negara tersebut.

Sanksi tambahan AS terhadap Iran pada hari Selasa akan mencakup tindakan terhadap maskapai penerbangan tersebut, Iran Air, dan negara-negara lain juga akan mengumumkan tindakan baru, kata Blinken.

Ukraina menerima sanksi lebih lanjut terhadap Iran karena memasok rudal ke Rusia. Andriy Yermak, kepala staf presiden, mengatakan Kiev telah meminta izin Washington untuk menggunakan senjata yang dipasok AS di wilayah Rusia.

Awal tahun ini, pemerintahan Biden mengeluarkan kebijakan yang melarang Ukraina menggunakan senjata yang dipasok AS untuk menyerang sasaran di Rusia, namun para pejabat mengatakan senjata tersebut hanya akan digunakan sebagai respons terhadap serangan pasukan Rusia atau persiapan serangan di sepanjang perbatasan.

“Kami juga memerlukan izin untuk menggunakan senjata Barat terhadap sasaran militer di wilayah Rusia, penyediaan rudal jarak jauh dan peningkatan sistem pertahanan udara kami,” kata Yermak kepada X.

Blinken mengatakan dia akan memanfaatkan kunjungannya ke Ukraina pada hari Rabu untuk mendengar langsung dari para pemimpin Ukraina tentang kebutuhan dan tujuan mereka saat ini dan apa yang dapat dilakukan AS untuk membantu mereka.

Blinken dan Lammy akan berkunjung bersama untuk menunjukkan dukungan Persatuan Barat terhadap Kyiv. Blinken juga akan mengunjungi Polandia pada hari Kamis, kata Departemen Luar Negeri.

Sumber: Cradle, Middle East Monitor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *