Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Kepresidenan, Jokowi Akan Ngantor di Nusantara Bukan Hindari Demo

TRIBUNNEWS.COM, – Bandara Nasional Nucentra (IKN) Kalimantan Timur terus mempercepat pembangunan hingga bisa beroperasi penuh pada September 2024.

Begitu bandara selesai dibangun, pihaknya akan menerima pesawat kepresidenan.

Menteri Perhubungan Budi Kriya Sumadi pada Selasa (27/8/2024) mengatakan “kemungkinan (mendarat di Bandara IKN) pada awal September.”

Landasan pacu Bandara IKN terus diperiksa sebelum pesawat Presiden mendarat.

Uji terbang lepas landas dan pendaratan yang dilakukan pesawat kalibrasi King Air 200 PK Kao berjalan lancar dan tanpa insiden.

“Yang kita lakukan sekarang ini semacam konfirmasi penerbangan karena yang terjadi bukan hanya jalan raya, tapi jalur udara. Semuanya dirancang untuk menghindari konflik dengan bandara di Bilippan dan Samarinda. Digunakan dengan frekuensi yang padat, tidak akan terjadi konflik di wilayah udara,” kata Bodi.

Sertifikasi penerbangan merupakan proses pengujian praktis untuk memverifikasi kesiapan menerbangi jalur penerbangan baru.

Setelah pengujian ini, beberapa tinjauan tambahan terkait keselamatan dan keamanan penerbangan akan terus dilakukan. Jokowi pindah ke IKN.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala IKN Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi akan berkantor di IKN setelah bandara IKN dimanfaatkan dengan baik.

“Setahu saya, rencana Presiden akan pindah saat bandara mulai berfungsi pada minggu pertama September,” kata Basuki.

Basuki mengatakan, saat ini pembangunan runway Bandara IKN sudah mencapai 1.025 kali 30 meter.

“Saat ini kita bisa mencapai 1.025 meter meski musim hujan, rencana awal September 2.200 meter untuk pendaratan pesawat jet B737,” ujarnya.

Setelah pembangunan jalan selesai, akan dipasang lampu di jalan tersebut.

“Treknya sudah selesai, dua hari lagi dipasang lampunya, jadi minggu pertama (September) sudah bisa digunakan,” kata Basuki.

Basuki menginformasikan kepada IKN mengenai ketersediaan sarana dan prasarana.

Menurut dia, kantor Presiden sudah siap digunakan, termasuk kediaman Presiden Jokowi di Istana Negara.

Selain itu, 14 kantor kementerian sudah siap dan pembangunan terus dilakukan.

Basuki menambahkan, perumahan bagi aparatur sipil negara (ASN) termasuk staf PUPR dan Otoritas IKN (OIKN) telah selesai dibangun.

Kantor presiden sudah disiapkan, kediaman presiden di istana sudah disiapkan, 14 dewan menteri sudah disiapkan, mungkin sekarang lebih banyak lagi yang siap, ujarnya.

“Ada beberapa rumah ASN, misalnya (Zona) 4 yang siap tahap PU dan OIKN,” tambah Basuki.

Tak hanya Presiden Jokowi, Basoki juga mengatakan akan pindah kantor di IKN. Sebab, kantor sementara PUPR dan OIKN juga tersedia. Jangan hapus tampilan

Kepala Sekretariat Presiden (Castpress) Haru Budi Hartuno mengatakan, rencana Jokowi pindah ke Aiken pada September ini bukan untuk menghindari unjuk rasa yang terjadi di Jakarta belakangan ini.

Haru mengatakan, rencana IKN yang diusung Jokowi pada September 2024 sudah dipaparkan jauh-jauh hari.

“Tidak (bukan untuk menghilangkan oposisi) sudah lama mengatakan (berencana pindah),” kata Haru.

Haru menjelaskan, kepindahan Jokowi ke Aiken masih akan dikoordinasikan dengan rangkaian kunjungan kerja kepala negara ke berbagai daerah.

“Agendanya disesuaikan, tentunya banyak kunjungan kerja di sela-sela kunjungan kerja, tentunya memberi waktu untuk berkantor di IKN,” kata Haru.

“Saat ini sedang berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri, Mensesneg dan pengaturan lainnya, berkoordinasi dengan Menteri PUPR,” lanjutnya.

Saat ditanya apakah Presiden Jokowi akan mulai menduduki kantor IKN secara permanen mulai September 2024, Haru tak menjawab tegas.

Ia kembali menegaskan, segala sesuatunya sedang dipersiapkan untuk rencana Presiden Jokowi pindah ke IKN.

Haru tak menjawab langsung kemungkinan Presiden terpilih Prebobo Sobianto berkantor di IKN.

“Ya, sampai jumpa lagi,” kata Haru. Perpindahan ASN tidak dilakukan secara terburu-buru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, mutasi PNS direncanakan awal September 2024, namun arahan Presiden Jokowi tidak dilakukan secara terburu-buru.

“Awal September ini arahan terakhir dari Presiden, kalau ekosistemnya belum siap, mereka tidak akan terburu-buru. Jumlah apartemen yang sudah disiapkan dari dulu sudah kita siapkan. Jadi kita tunggu nanti. Karena arahan Presiden, tunggu sampai selesai. Ekosistemnya sudah berfungsi, baru siap, baru siap masuk.”

Meski demikian, Anas memastikan pihaknya sudah mempersiapkan situasi dan menunggu instruksi Presiden Jokowi, tinggal menunggu transisi dan kesiapan ekosistem di lingkungan IKN itu sendiri.

Diperkirakan sekitar 1.700 ASN akan dimutasi pada tahap pertama.

“Jadi kita sudah memetakan situasi perpindahan ASN, seluruh KL, level A, siapa yang akan menjadi level B, nama-namanya sudah ada, dan peta ini sudah beberapa waktu dilakukan dengan sekretaris utama di K./Les, dan bagaimana caranya. “Siapa yang akan berangkat ke sana dengan kesiapan tempat yang disiapkan oleh OIKN. Akan diperbaiki, salah satunya Pak Basuki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *