Menuju Balapan MotoGP Mandalika 2024, Ducati Sudah Pesta Satu Gelar Juara Dunia

TRIBUUNNEWS.COM – Balapan MotoGP Mandalika 2024 mengungkap fakta pabrikan Bologna, Ducati. Tim Italia ini pernah menjuarai Piala Dunia dan berpotensi meraih triple crown.

Seri MotoGP di Indonesia bertajuk MotoGP Mandalika 2024 rencananya digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 27-29 September.

Balapan MotoGP 2024 di Indonesia diperkirakan akan berlangsung ketat pada akhir pekan ini.

Perebutan gelar juara dunia musim ini masih terbuka. Semula dipersempit menjadi Francesco ‘Pecca’ Bagnaio dan Jorge Martin, kini ada empat pesaing. Menyusul dimulainya MotoGP Austria 2024, Pecco Bagnaia dan Jorge Martin berkompetisi di Red Bull Ring (MotoGP) pada Minggu (18/8/2024).

Selain Pecca dan Martin, Marc Marquez dan Enea Bastianini juga tak bisa dikesampingkan dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2024.

Dua kemenangan dari tiga seri terakhir menjadi bukti MM93 mampu melampaui hat-trick Pecca Bagnaia sebagai juara dunia atau Jorge Martin mengincar gelar juara kelas Premier pertamanya.

Sementara itu, terlambatnya Enea Bastianini lolos ke Grand Prix Emilia Romagna membuat ia tak ingin keluar dari perebutan posisi teratas di penghujung kejuaraan MotoGP 2024.

Menariknya, pebalap berjuluk Beast itu berhasil menjuarai GP Emilia Romagna di Misano, Rimini, Italia dan memberikan gelar juara dunia kepada Ducati.

Berdasarkan laman resmi MotoGP, Ducati memimpin klasemen konstruktor dengan 500 poin dan tak mampu menyalip pengejar terdekatnya KTM yang berada di posisi kedua dengan 239 poin.

Ini merupakan Kejuaraan Dunia Konstruktor keenam bagi Ducati sejak memasuki MotoGP pada tahun 2003, dan Kejuaraan Dunia Konstruktor kelima berturut-turut.

Kali ini dengan posisi top kreator Ducati, ia menduduki peringkat ke-5 dalam daftar pabrikan global ternama sepanjang sejarah GP500/MotoGP.

Honda masih menjadi juara dunia terbanyak dengan 25 gelar.

Ducati masih berpotensi meraih triple crown lagi di MotoGP 2024.

Pasalnya ketiga timnya – Ducati Team Lenovo, Prima Pramac Racing, dan Gresini Racing – mendominasi posisi tiga besar klasemen tim. Tim non-Ducati terbaik saat ini adalah Aprilia Racing di peringkat keempat.

Ducati juga terlihat ‘aman’ di klasifikasi pebalap.

Keempat pebalapnya, Jorge Martin, Pecco Bagnaia, Enea Bastianini, dan Marc Marquez, berada di empat besar. Saat ini pebalap non-Ducati terbaik adalah Brad Binder (Red Bull KTM) di posisi kelima.

Daftar konstruktor dengan gelar Kejuaraan Dunia GP500/MotoGP terbanyak

-Honda : 25 item-MV Agusta : 16 item-Yamaha : 14 item-Suzuki : 7 item-Ducati : 6 item-Gilera : 4 item-Norton : 2 item-AJS : 1 item

Klasemen konstruktor MotoGP 2024

-Puluhan : 500-KTM/Gas : 239-April : 234-Yamaha : 84-Honda : 42

 (Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *