Bocoran Kisi-Kisi Materi TWK, TIU, dan TKP CPNS 2024, Lengkap Passing Grade

TRIBUNNEWS.COM – Berikut bocoran materi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2024 yang sudah lulus atau lolos batas.

Kementerian Pemberdayaan Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi Nasional (PANRB) kembali memulai pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengadaan CPNS 2024 mengharuskan pesertanya melewati sejumlah tes.

Salah satunya adalah Tes Seleksi Bakat Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS).

Tes SKD CPNS 2024 terdiri atas Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Kualitas Diri (TKP) yang berjumlah 110 soal.

Merujuk pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 321 Tahun 2024, Kisi atau Isi SKD CPNS 2024

Lantas, apa saja grid atau materi yang dijadikan bahan tes SKD CPNS tahun 2024?

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes TWK bertujuan untuk menilai kemampuan peserta CPNS dan PPPK 2023 dalam melaksanakan hal-hal sebagai berikut:

Nasionalisme yang bertujuan untuk mempertahankan jati diri bangsa sekaligus mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan bersama

Integritas, yang bertujuan untuk dapat menjaga keutuhan, keteguhan hati, dedikasi dan keutuhan sebagai sikap yang konsisten dalam mencapai tujuan nasional.

C. Menjaga negara dan berperan aktif dalam eksistensi negara dan bangsa.

D. Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Binneka Tungaru Tiang bangsa yang bertujuan untuk memungkinkan terbentuknya karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Ika.

E.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tujuan dari tes TIU adalah untuk menilai pengetahuan dan kemahiran kompetensi peserta CPNS dan PPPK 2023 dalam penerapan:

A Keterampilan berbahasa meliputi: Analogi Bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran seseorang dengan cara membandingkan konsep dua kata kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut dalam situasi lain. silogisme Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan. Tujuan analisis adalah mengukur kemampuan seseorang dalam menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

B. Kemampuan numerik meliputi: Berhitung dimaksudkan untuk mengukur kemampuan berhitung sederhana. Seri numerik. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengenali pola hubungan numerik. Perbandingan kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif. Pertanyaan cerita dimaksudkan untuk mengukur kemampuan individu dalam melakukan analisis kuantitatif dan menerapkan informasi yang diberikan.

C. Kemampuan Metafora. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran seseorang dengan membandingkan dua gambaran dan menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain. perbedaan Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengenali perbedaan antara beberapa gambar. Serial dimaksudkan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam melihat pola-pola dalam hubungan dalam bentuk gambar.

3. Tes Kualitas Diri (TKP)

TKP bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta CPNS dan PPPK 2023 dalam melaksanakan:

Sebuah layanan publik. Tujuannya adalah agar mampu menampilkan perilaku bersahabat dalam kerja yang efektif, tanggap terhadap kebutuhan orang lain, dan pemenuhan tugas dan haknya.

B Jaringan tempat kerja bertujuan untuk dapat secara efektif membangun dan memelihara hubungan, berkolaborasi, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain.

C.Sosio-Budaya: Bertujuan untuk memungkinkan siswa beradaptasi dan berfungsi secara efektif dalam masyarakat majemuk dengan berbagai agama, ras, budaya dll.

D. Teknologi Informasi dan komunikasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja melalui penggunaan teknologi informasi secara efektif.

E. Profesionalisme bertujuan agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

F. Kontra-ekstremisme bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari individu tentang pengetahuan mereka tentang kontra-ekstremisme dan kecenderungan mereka untuk bertindak dan bertindak sebagai respons terhadap rangsangan dalam berbagai situasi alternatif. Nilai Tes SKD CPNS 2024 Pembagian Isi Soal TIU & TWK, Bobot Jawaban Benar 5. Namun jika menjawab salah atau tidak menjawab maka nilainya nol. Sedangkan untuk konten TKP bobot jawaban benar minimal 1 dan maksimal 5. Jika peserta tidak menjawab pertanyaan TKP, skornya 0. Detail Batasan SKD CPNS Tahun 2023.

Rincian ambang batas atau nilai kelulusan SKD CPNS 2024 pada setiap tes adalah sebagai berikut:

1. Ambang Batas SKD Pelamar Umum (Maksimal 550) TWK Jumlah : 30 Soal, Ambang Batas TWK : 65 TIU Jumlah : 35 Soal, Ambang Batas TIU : 80 TKP Jumlah Soal : 45 Soal, Ambang Batas TKP : 166

2. Ambang Batas SKD Pelamar Khusus Pelamar CPNS 2023: Nilai Kumulatif SKD Minimal 311, Nilai TIU Minimal 85 untuk Lulusan Diaspora Ambang SKD 2023, Nilai Minimal 311 Nilai bagi Pelamar CPNS dengan Nilai TIU CPNS 2023 <85 Pelamar Penyandang Disabilitas: Kumulatif Minimum Nilai SKD 286, Nilai TIU Minimal 60 Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023 Peminatan Putra dan Putri Papua: Nilai SKD Kumulatif Minimal 286, Nilai TIU Minimal.

(Tribunnews.com/Namira Yunia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *