Sudah Lebih dari 1.000 Pebulutangkis Muda Daftar Audisi Umum Klub PB Djarum  

Lebih dari 1.000 pebulu tangkis terdaftar di PB Djarum umum  

Reporter Tribunnews.com Eko Sutriyantos melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Klub Bulu Tangkis PB Djarum kembali menggelar Audisi Umum PB Djarum pada tahun 2024. 10-14 September GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Tahun ini, calon pebulu tangkis yang akan kembali mengobarkan kejayaan bulutangkis Indonesia di tingkat dunia adalah tiga kelompok umur (KU), yakni U-11, KU11, dan KU12, baik putra maupun putri.

Pada Minggu (8/4/2024), pebulu tangkis yang mendaftar sebanyak 1.010 orang.

Mereka berasal dari berbagai wilayah Indonesia antara lain Aceh, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, dan Papua. Jumlah pendaftaran terbanyak datang dari Jawa Tengah sebanyak 452 pemain.

Pendaftaran dibuka hingga tahun 2024. Pada tanggal 2 September kunjungi www.pbdjarum.org. 

Yoppy Rosimin, Direktur Program Olahraga Djarum Foundation yang juga menjabat sebagai Direktur PB Djarum, mengatakan tujuan kompetisi bersama ini bukan untuk membangkitkan kembali para pemain tim yang bermarkas di Kudus, tetapi juga untuk memperkuat mata rantai persaingan. prestasi. Indonesia yang terhormat. dalam skala global melalui olahraga.

Yoppy mengatakan, “Suara bulat bukan hanya menjadi kebiasaan dalam mencari bibit kebangkitan PB Djarum, tapi juga menjadi modal untuk terus meraih kemenangan yang dapat menghidupkan kembali kejayaan bulu tangkis Indonesia di kancah dunia.” Diposting pada Senin (08/05/2024).

Menurutnya, pada setiap kategori umum yang dipilih, tim berusaha merekrut pemain-pemain muda bulu tangkis tingkat tinggi yang akan kami latih dengan harapan suatu saat bisa menjadi juara di tingkat tertinggi yaitu juara dunia dan olimpiade.

Lanjutnya, guna mencapai tujuan penting tersebut, PB Djarum tidak hanya fokus mencari bibit-bibit terbaik melalui seleksi publik, namun juga memberikan kesempatan kepada para pemain muda untuk menguji kemampuannya di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional.

Dalam waktu dekat, PB Djarum akan mengirimkan pemain mudanya untuk berlaga di Kejuaraan Bulutangkis Asia U17 dan U15 2024 yang digelar di Chengdu, China.

“Bagi kami, memiliki pemain-pemain terbaik yang belum terlatih di kompetisi adalah sebuah pemborosan talenta mereka. Makanya kami selalu mengirimkan pemain untuk mengikuti berbagai kompetisi, termasuk di level internasional, agar mereka tahu seberapa kuat persaingan dan kemampuan asing. pemain.

Ia menambahkan, dengan jam terbang yang lebih banyak, para atlet tersebut juga akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dan pola pikir yang lebih kuat saat berlaga di kompetisi kelas dunia.

Upaya mencari buah terbaik yang mengharumkan nama negara telah membawa berbagai perubahan pada Inspeksi Umum. Sigitas Budiarto, Ketua Kelompok Pencarian Bakat Publik PB “Djarum”, mengatakan Audit Publik PB Djarum tahun 2024 ini mengambil pendekatan yang berbeda dibandingkan survei sebelumnya, mulai dari usia peserta hingga sistem penilaiannya. 

“Setiap tahun seleksi umumnya dievaluasi dan diubah, baik berdasarkan kelompok umur, dan ada juga pembatasan yang diterapkan. Tahun ini, perbedaan terbesar ada pada kelompok dan pemilihan usia, kami berharap bahwa kita akan mencari pebulutangkis terbaik yang akan meraih Beasiswa Bulutangkis Djarum dan akan kita promosikan di PB Djarum untuk memperjuangkan nama Indonesia di dunia internasional. kata Sigit.

Pada tahun 1997 sang juara dunia bersama Candra Wijaya melanjutkan jika biasanya kualifikasi umum ada pada dua kategori yaitu U-11 dan U-13 pada tahun 2024. KU11 dan KU12. Hal ini untuk memastikan peserta pelatihan dapat bertemu dengan lawannya.

“Biasanya kalau di bulu tangkis kita mengenal Junior, misalnya di bawah 11 tahun atau di bawah 13 tahun. Namun, dalam seleksi, sistem ini membuat permainan menjadi tidak seimbang, karena yang berusia 12 tahun bisa menghadapi yang berusia 11 tahun. Karena perbedaan usia, ada perbedaan tenaga dan permainan tidak bisa berjalan. “Makanya kami majukan dengan sistem kelas agar mereka berkompetisi sesuai usianya agar terlihat kemampuan aslinya,” kata Sigit.

Perbedaan lain dalam Audit Publik PB Djarum Tahun 2024 adalah siklus seleksinya dibandingkan dengan proses seleksi pada tahun-tahun sebelumnya.

Jika pada tahun lalu pada tahap ini para peserta diberi kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya di bidang kompetisi selama 5-10 menit, kali ini diciptakan permainan dengan sistem bermain 1 pertandingan dengan 21 poin (tidak ada duel/keputusan) untuk babak tersebut. tahap seleksi. ). Pemenangnya akan memasuki tahap kompetisi. 

“Sistem ticketing dengan menggunakan sistem knockout 21 poin akan sangat membantu para peserta merasakan semangat permainan yang sesungguhnya. Mereka harus menang untuk melaju ke babak selanjutnya. 

Hal ini akan membantu para peserta untuk menunjukkan kekuatan, mentalitas, dan teknik bertarungnya di tengah lapangan. Jadi yang lolos ke babak berikutnya memang pemain-pemain bulu tangkis yang kualitasnya bagus, kata Sigit.

Setelah babak kualifikasi, kontestan akan memperebutkan Tiket Super di babak turnamen. Pada kategori putra, tiket khusus diberikan kepada semifinalis dan berhak masuk kategori karantina.

Sedangkan pada kategori putri, para pemenang “Super Tiket” memasuki tahap karantina dan mengikuti babak final turnamen. 

Karantina yang bertujuan untuk menguji kemampuan dan mental pemain dilakukan selama empat minggu dengan dua babak penyisihan. 

Setelah lolos tahap karantina akan mendapat beasiswa bulutangkis Djarum dan masuk PB Djarum, Sigitas berpesan agar para peserta berperilaku baik sebelum sidak umum.

“Sebagai bagian dari tim pencari bakat PB Djarum, kami mencari pemain-pemain yang memiliki kemampuan, kelebihan, dan kemampuan unik yang kami yakini dapat berkembang lebih jauh.” 

“Untuk itu, karena waktu yang tersisa satu bulan lagi, saya berpesan kepada para peserta untuk berlatih dengan baik, mencari tahu kelebihannya, baik secara teknis maupun mental, agar bisa tampil beda dengan peserta lainnya,” kata Sigitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *