Buldoser Israel Rusak Jalan dan Saluran Pembuangan di Kota-kota Tepi Barat

Buldoser Israel merusak jalan dan selokan di kota-kota Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM- Buldoser militer Israel menghancurkan jalan, selokan, dan bisnis di dua kota Tepi Barat dengan cara yang belum pernah dialami penduduk setempat, menurut laporan yang diterbitkan oleh New York Times (NYT) pada 25 September.

Buldoser militer Israel yang beroperasi di Tulkarem dan Jenin “menghancurkan bermil-mil jalan dan gang serta menguburnya dalam tumpukan debu,” kata laporan itu, selama dua minggu serangan brutal yang dimulai pada akhir Agustus.

Penduduk di kedua kota tersebut mengatakan bahwa mereka “belum pernah mengalami kehancuran sebesar ini sebelumnya.”

Video yang direkam oleh warga menunjukkan buldoser menghancurkan infrastruktur dan bisnis, dan tentara mencegah pekerja darurat setempat menjangkau korban dan membawa mereka ke rumah sakit.

“Kami melihat buldoser mereka menghancurkan jalan, menghancurkan tempat usaha, apotek, dan sekolah. Mereka juga menghancurkan lapangan sepak bola dan pepohonan di tengah jalan,” kata Kamal Abu al-Roub, gubernur Jenin. “Apa tujuan semua ini?”

Penduduk Jenin dan Tulkarem, kota-kota dengan sejarah perlawanan terhadap pendudukan Israel, telah lama terbiasa dengan pasukan Israel yang menyerang kota-kota dan kamp-kamp pengungsi mereka. 

Namun, warga yang berbicara kepada NYT mengatakan kerusakan jalan dan infrastruktur yang terjadi baru-baru ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Militer Israel telah meningkatkan penggunaan serangan udara untuk menghancurkan rumah-rumah di kota-kota Tepi Barat, sebuah taktik yang sering digunakan untuk menghancurkan rumah, bangunan dan rumah sakit di Gaza.

“Mereka memaksakan kondisi fisik dan psikologis, yang membuat orang merasa: Gaza mendatangi Anda,” kata Shawan Jabarin, direktur Al Haq, sebuah organisasi hak asasi manusia di Tepi Barat. 

“Ada perasaan di kalangan warga Palestina di Tepi Barat bahwa apa yang akan terjadi akan sangat buruk: ini adalah rencana untuk membunuh dan mengusir kami.”

Di Tulkarem, video menunjukkan air mengalir ke jalan dari pipa air utama yang tampaknya rusak.

Muhanad Matar, kepala hubungan masyarakat kota Tulkarem, mengatakan kepada NYT bahwa lebih dari 90 persen pipa air dan limbah hancur dalam serangan Israel baru-baru ini.

Walikota Jenin Nidal Obedi menjelaskan sekitar 70 persen jalan kotanya rusak atau hancur akibat serangan baru-baru ini.

Internet, listrik, dan saluran telepon terputus di beberapa daerah. Saluran pembuangan dan saluran pembuangan air juga ditutup sehingga menyebabkan sekitar 80 persen wilayah Jenin tidak memiliki air bersih.

Mutter mengatakan “serangan tanpa henti” membuat perbaikan infrastruktur menjadi tidak mungkin karena kerusakan terjadi lebih cepat.

Buldoser Israel juga merusak dan menghancurkan bisnis di Tulkarem dan Jenin.

Rami Kemel, 35, mengatakan kepada NYT bahwa tokonya telah dirusak dalam 10 serangan terpisah oleh Israel sejak 7 Oktober, dengan biaya perbaikan hingga $20.000 setiap serangan.

Rami Kemmel menegaskan dia tidak lagi punya uang untuk memperbaiki kerusakan yang berulang.

“Kami merasa seperti menjadi sasaran. Sangat jelas: ada upaya sengaja untuk menghancurkan perusahaan tersebut,” ujarnya. “Mereka pikir mereka memberi pelajaran kepada masyarakat. Pesan dari tentara adalah: tidak ada yang bisa lolos dari orang-orang yang buta huruf ini.”

Buldoser Israel juga menghancurkan bagian depan sebuah toko perhiasan.

“Saya pikir kami telah kehilangan segalanya,” kata pemilik yang tidak mau disebutkan namanya. Ketika ditanya apakah dia akan melanjutkan bisnisnya, dia berkata, “Saya tidak tahu apakah kami bisa. Hanya Tuhan yang tahu saat ini.”

Tentara Israel juga menanam bahan peledak dan meledakkan sebuah toko di lantai dasar rumah keluarga Kinwa, yang memiliki bisnis penjualan tabung gas.

“Setiap malam kami mencari seseorang untuk menginap,” kata Ayman Al-Kinwa, yang menjalankan bisnis keluarga. “Dulu kami tinggal di rumah besar, tapi sekarang kami tinggal tersebar.”

Sumber: Wieg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *