Sensasi Ekstrem Debut Sahabat Shin Tae-yong, Langsung Diminta Copot Jabatan Pelatih Korea

TRIBUNNEWS.COM – Hong Myung-bo merasakan intensitas pada laga pertamanya sebagai pelatih Korea Selatan. Sahabat Shin Tae-yong itu diminta segera mengundurkan diri sebagai pelatih kepala.

Pertandingan pertama Hong Myung-bo sebagai pelatih Korea Selatan tidak berhasil. 

Rupanya, pada laga pertama Grup B babak ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Korea Selatan bermain imbang dengan Palestina 0-0 di Stadion Piala Dunia Seoul, Kamis (5/9/2024) malam WIB.

Secara keseluruhan, Korea Selatan bermain lebih baik dibandingkan tim tamu. Data dari SofaScore menunjukkan bahwa Korea Selatan memegang kendali permainan. Pelatih baru timnas Korea Selatan, Hong Myung-bo. (Instagram @Korea_Football__)

Mereka terbukti menguasai 76 persen penguasaan bola, berbanding 24 persen milik Palestina.

Selain itu, dari segi kekerasan penyerangan, Korea Selatan telah melakukan 15 kali percobaan, dan 5 diantaranya tepat sasaran. Sedangkan Palestina mencatatkan 3 gol dari 10 percobaan.

“Hanya” mendapatkan satu poin dari tiga poin seharusnya, jelas merupakan rekor kecil bagi tim tuan rumah Shin Tae-yong.

Selanjutnya melawan Palestina merupakan laga pertama Hong Myung-bo sebagai pelatih Korea Selatan di ajang resmi. Namun, hasil tersebut gagal menghilangkan rumor palsu yang ditujukan padanya.

Hong Myung-bo tidak mendapat dukungan penuh dari pendukung Taeuk Warriors yang dijuluki Korea Selatan. Penunjukannya sebagai pelatih menggantikan Jurgen Klinsmann sempat kontroversial.

Perasaan marah para suporter terhadap asosiasi dan pelatih Hong Myung-bo dibuktikan dengan beberapa poster yang digantung di kursi kosong stadion.

Dilansir dari laman ISPlus, banyak sekali poster terkait karakter Pinokio + Hong Myung-bo. Pinokio digambarkan sebagai karakter nakal dengan hidung mancung.

Cukup? TIDAK.

Hong Myung-bo merasakan emosi yang mendalam, karena begitu pertandingan berakhir, seruan pengunduran dirinya terdengar dari tribun penonton.

Dalam Laporan Chosun, banyak suporter yang menginginkan Hong Myung-bo tetap menjadi pelatih Taegeuk Warriors. Meski baru menjalani satu pertandingan, namun permasalahan utamanya bukanlah pada hasil pertandingan tersebut.

Namun sejak awal, para pendukung timnas Korea Selatan belum mau menerima Hong Myung-bo sebagai pelatih.

Usai pertandingan, sang juru taktik meminta maaf karena tidak mampu mengumpulkan tiga poin.

“Maaf saya tidak bisa memenangkan pertandingan pertama babak penyisihan ketiga. Saya harus menekan tombol pertama dengan benar, tapi saya tidak bisa,” jelasnya.

“Kalau saya melihat pertandingan, para pemain kami melakukan yang terbaik hingga akhir. Secara keseluruhan, babak pertama dan babak kedua berbeda.”

Namun, ada sedikit perbaikan di babak kedua. Saya punya banyak peluang, tapi sayang saya tidak bisa menyelamatkannya, lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Saat ditanya mengenai tuntutan pengunduran dirinya, Myung-bo mencoba memahami kemarahan para penggemarnya.

“Menurutku adegan itu tidak seharusnya terjadi. Tapi mengingat situasi saat ini, aku sepenuhnya memahami perasaan para penggemar.”

“Saya rasa saya harus menanggungnya mulai sekarang,” tutupnya.

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *