Mengapa Sejumlah Negara Asia Tenggara Ingin Bergabung dengan BRICS?

BRICS menarik perhatian negara-negara Asia Tenggara. Thailand dan Malaysia baru-baru ini menyatakan minat mereka untuk bergabung dengan organisasi tersebut.

Thailand mengajukan permohonan keanggotaan bulan lalu, namun Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan dalam sebuah wawancara dengan situs berita Guancha RRT bahwa negaranya akan segera memulai proses BRICS.

“Menjadi anggota BRICS dapat membuka peluang perdagangan dan investasi, jadi kenapa tidak?” Piti Sringam, direktur eksekutif ASEAN Foundation, mengatakan kepada DW.

“Badan ini mempunyai anggota dari seluruh dunia, namun tidak ada yang berasal dari Asia Tenggara,” tambahnya.

James Chin, profesor studi Asia di Universitas Tasmania, mengatakan: “Thailand dan Malaysia dipandang sebagai kekuatan menengah.”

“Akan lebih baik bagi mereka untuk bergabung dengan kelompok seperti BRICS agar mempunyai suara yang lebih besar di panggung internasional. Namun, manfaat terbesarnya adalah perdagangan,” tambahnya. Banyak peluang ekonomi

Tahun lalu, BRICS, akronim yang awalnya digunakan untuk merujuk pada Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan, memutuskan untuk memperluas keanggotaannya, mengundang Mesir, Etiopia, Iran, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab untuk bergabung dalam aliansi tersebut.

Nama grup yang diperbesar ini belum diumumkan secara resmi, namun mungkin akan disebut “BRICS+”. Jika digabungkan, jumlah anggotanya mencapai 45% dari populasi dunia, yaitu sekitar 3,5 miliar orang. Menurut data Bank Dunia, potensi ekonomi Uni Eropa bisa mencapai 30 miliar dolar (28 miliar euro) atau sekitar 28% perekonomian dunia.

“Blok ini dapat membantu ekonomi digital Malaysia tumbuh lebih cepat, dengan memungkinkannya bergabung dengan negara-negara dengan pasar digital yang kuat, serta mendapatkan manfaat dari praktik terbaik dari anggota lainnya,” katanya . Universitas Nehru di New Delhi, kata DW.

“Thailand juga akan mampu menarik investasi di industri-industri utama, termasuk jasa, manufaktur, dan pertanian,” tambahnya.

Profesor studi Asia di Universitas Tasmania, James Chin, percaya bahwa hubungan dagang Tiongkok yang ada dengan Malaysia dan Thailand memengaruhi keputusan Tiongkok untuk bergabung dengan BRICS.

Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Malaysia selama 15 tahun terakhir dan mitra Thailand selama 11 tahun. Menurut Chin, bergabungnya kedua negara Asia Tenggara dan BRICS akan meningkatkan hubungan mereka dengan Tiongkok. Bergabung dengan BRICS bukan berarti memihak

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Thailand Maris Sangiampongsa menekankan bahwa keputusan Bangkok untuk bergabung dengan BRICS bukanlah sebuah “pilihan” atau cara untuk menyeimbangkan kelompok lain.

“Thailand unik karena kami adalah sahabat semua negara dan tidak punya musuh. Kami bisa menjadi jembatan antara negara berkembang dan anggota BRICS,” kata Maris.

Selain BRICS, Thailand juga telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Organisasi Paris untuk Kerja Sama dan Pembangunan (OECD) yang beranggotakan 38 negara, sebagian besar berasal dari Barat.

“Negara-negara kecil dan menengah tidak mempunyai banyak pilihan,” kata Piti Sringamngam, direktur eksekutif ASEAN Foundation.

“Apa yang dilakukan Thailand adalah tindakan penyeimbangan, satu kaki pada demokrasi liberal Barat dan satu lagi pada negara berkembang,” lanjutnya.

Di Malaysia, opini publik saat ini lebih berpihak pada Tiongkok, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, menurut survei terbaru yang dilakukan oleh ISEAS-Yusof Ishak Institute, sebuah wadah pemikir di Singapura.

Sekitar sepertiga responden survei mengatakan ASEAN harus lebih mendukung Tiongkok daripada Amerika Serikat jika aliansi tersebut dipaksa bekerja sama dengan salah satu dari dua negara adidaya tersebut.

Pada bulan Juni, selama kunjungan tiga hari Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang ke Malaysia, Anwar mengkritik “propaganda terus-menerus yang kami miliki untuk menciptakan kebencian dan ketakutan terhadap rezim ekonomi, militer, dan teknologi Tiongkok.”

“Kami tidak melakukan itu. Kami di Malaysia, netral, punya kemauan untuk bekerja sama dengan semua negara dan China,” tambahnya. Apakah negara-negara ASEAN lainnya akan mengikuti jejaknya?

Negara Asia Tenggara yang berminat bergabung dengan BRICS tidak hanya Malaysia dan Thailand.

Mei lalu, Pham Thu Hang, juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, mengatakan pada konferensi pers di Hanoi; “Seperti banyak negara di dunia, kami telah mengikuti perluasan aktivitas anggota BRICS.

Rahul Mishra, seorang profesor di Pusat Studi Indo-Pasifik di Universitas Jawaharlal Nehru di New Delhi, juga percaya bahwa Vietnam, Laos dan Kamboja dapat menjadi anggota potensial “karena mereka telah memiliki hubungan baik kecuali Tiongkok, India dan Rusia –.” yang merupakan anggota utama BRICS.

“Bagi Vietnam, yang telah mencatatkan investasi yang signifikan, ini merupakan peluang besar untuk memperluas bisnisnya melampaui pasar tradisionalnya hingga ke Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika,” tambahnya.

Sebelum KTT BRICS tahun lalu di Afrika Selatan, terdapat spekulasi bahwa Indonesia – satu-satunya negara G20 Asia Tenggara yang berharap dapat menyelesaikan proses keanggotaan OECD dalam waktu tiga tahun – dapat menjadi anggota BRICS.

Namun pada akhirnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan kepada publik bahwa pemerintahannya memutuskan untuk tidak memberikan letter of interest untuk bergabung dengan BRICS. Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan pada konferensi pers pada bulan Januari bahwa Jakarta sedang mengevaluasi manfaat dan risiko keanggotaan BRICS.

Las

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *