Rumah Pensiun Maruf Amin dari Negara Luasnya 2 Kali Lapangan Bola, Warga Dilarang Bakar Petasan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – KH Maruf Amin dan keluarga akan tinggal di rumah baru yang disediakan negara atas dedikasi dan pengabdiannya sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. 

Undang-undang Nomor 7 Tahun 1978 mengatur tentang kekuasaan keuangan/administratif Presiden dan Wakil Presiden serta mantan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Maruf Amin memutuskan untuk membangun rumah sendiri dari awal di sebidang tanah seluas dua lapangan sepak bola di Jalan Raya Tapas, RT 002/011, Desa Tapas, Kecamatan Tapas, Jawa Barat.

Pantauan Tribuna, Senin (16/9), proses pembangunan rumah Maruf Amin hampir selesai. 

Meski Gedung Negara Marouf Amin masih dalam tahap pembangunan, namun kompleksnya dijaga ketat oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (PASPAMPRES).

Ibe, Ketua RT setempat, mengatakan, tanah tersebut merupakan milik pribadi sebelum dibeli negara untuk dijadikan calon tempat tinggal Maruf Amin. 

Namun, dia tak bercerita lebih banyak soal pemilik lahan sebelumnya.

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti luas lahan tersebut. Namun, menurut dia, RT setempat dilibatkan sebagai saksi kunci dalam proses penjualan tanah tersebut. 

Ia mengatakan, ada aturan khusus dalam penyampaian pesan kepada warga RT 002/011 Paspampres. Termasuk larangan meledakkan petasan atau petasan. 

“Mungkin kali ini saya takut membuat Abu (Maruf Amin) kesal,” ujarnya dalam pertemuan tersebut. Jalan Raya Tapos, RT.002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, pada Senin (16/9) kepada Wakil Presiden RI Maruf Amin sebagai “kado” dari Negara /2024) . (Tribunnews.com/Ibriza Fasti Ifhami)

Diketahui, Maruf Amin yang memiliki nama lahir Maruf Al-Karhi ini akan berusia 82 tahun pada 11 Maret 2025. 

Kayi Haji Mohammad Amin dan Haja Maimonah lahir pada tanggal 11 Maret 1943 di Desa Kresek, Tangerang.

Selain itu, kata Ibe, Maruf memberikan bantuan sosial kepada warga berupa sembako saat Idul Fitri 2024.

Nana, warga sekitar yang berprofesi sebagai pedagang mie ayam keliling mengaku terbantu dengan pembagian sembako. 

Di belakang kemungkinan kompleks apartemen Maruf Amin terdapat rumah kecil Nana. Gedung Negara Maruf Amin, Wakil Presiden RI, dan istrinya Wura Estu Handyani, serta Maruf Amin, mantan Wakil Presiden RI, di Depok, Jawa Barat.  (Berita Tribune/Kolase Instagram)

Nana mengungkapkan, ada pria yang diduga wakil Ma’ruf Amin yang memintanya memberi tahu jika suatu saat ingin menjual tanah dan bangunan miliknya.

Menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut, pria paruh baya tersebut mengetahui bahwa Maruf Amin ingin membeli tanah di sekitar rumahnya. 

Apalagi, kata Nana, lahan kosong di samping rumah mereka juga dibeli oleh Maruf Amin.

Meski demikian, Nana berharap kehadiran Maruf Amin di sekitar kediamannya dapat mengurangi tindak kriminalitas di kawasan tersebut, seperti pencurian sepeda motor (jaringan tribun/ibr/dod)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *