Daftar 10 Nama Calon Pimpinan KPK yang Akan Diserahkan Presiden ke DPR

Laporan jurnalis Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Panitia Seleksi (Pensil) telah memfinalisasi hasil seleksi calon Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

10 nama yang lolos seleksi candi diserahkan kepada Presiden.

Kesepuluh nama tersebut adalah: Agus Joko Pramono Ahmad Alamsyah Saragih Djoko Poerwanto Fitroh Rohcahyanto Ibnu Basuki Widodo Ida Budhiati Johanis Tanak Michael Rolandi Cesnanta Brata Poengky Indarti Setyo Budiyanto

“Kami sudah presentasikan dan Pak Presiden minta kami berikan kepada teman-teman media, sekaligus 10 calon pimpinan dan 10 calon senior KPK akan kami presentasikan melalui website seperti biasa,” kata Presiden. Panitia KPK di Gedung Setneg Muhammad Yusuf Ate, Selasa (1/10/2024).

Menurut dia, nama-nama yang diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) selanjutnya akan dikirim ke DPR.

Seluruh nama Capim yang lolos seleksi akan diserahkan ke DPR untuk kemudian mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

“Tapi presiden tetap jalan. Kami hadir dan presiden berikan nama-namanya ke DPR. Tanpa pengurangan, semuanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (1/10/2024) menerima pimpinan KPK dan panitia seleksi calon Dewas KPK di ruang tunggu di luar Lanud Halim Perdana Kusuma. Hasil seleksi tersebut, Presiden menerima panitia seleksi yang memaparkan nama calon dan calon pimpinan Dewan Pengawas (Dewas) KPK. 

“Dalam kesempatan itu pihak Pura menyerahkan surat hasil pemilihan calon KPK dan calon Deva KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada Tribunnews.

Menurut Ari, Panitia Seleksi di gedung Sekretariat Kementerian Negara akan mengumumkan penjaringan dan nama calon anggota Komite Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mengenai nama-nama calon pimpinan KPK dan calon pegawai KPK yang akan diberikan kuil kepada presiden, akan diumumkan langsung oleh pihak kuil dalam konferensi pers di sekretariat kementerian negara, ujarnya. .

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *