Joe Biden Sampaikan Pidato Terakhir sebagai Presiden Amerika di PBB

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato terakhirnya sebagai presiden, di hadapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (24/9/2024) ini.

Berdiri di podium marmer hijau untuk terakhir kalinya, Biden akan membahas konflik di Timur Tengah dan bagaimana tindakannya telah membentuk Timur Tengah.

Para analis memperkirakan dalam pidatonya di PBB tahun ini, Biden akan membahas dukungannya terhadap Israel dan Ukraina.

Mereka menyoroti kedua konflik tersebut sebagai tantangan besar menjelang akhir masa jabatannya sebagai presiden.

Wakil Presiden Eksekutif Third Way untuk Kebijakan Jim Kessler juga mengomentari hal ini.

Mengenai permasalahan di Timur Tengah, bagaimana kita bisa mengendalikan keadaan dan berharap agar konflik ini tidak kembali menjadi perang regional yang tidak terkendali? Menurut saya, hanya itu yang bisa kita lakukan. Kita bisa memprediksi apa yang akan terjadi, yaitu, ” katanya. .

Satu hal yang jelas adalah, setelah satu tahun konflik, hampir 100 sandera diyakini masih berada dalam tahanan Hamas.

Gedung Putih mengatakan pembebasan sandera merupakan prioritas utama dan pilar penting perjanjian untuk mengakhiri perang antara Israel dan kelompok teroris Hamas.

Kessler menambahkan bahwa banyak pemimpin akan memberikan sambutan hangat kepada Biden dalam pidato perpisahannya, karena ia telah menggunakan masa jabatannya untuk membangun dan membangun kembali aliansi dan norma global.

“Ada banyak simpati terhadap Biden dari sebagian besar negara di dunia. Tapi tentu saja ada juga yang tidak,” kata Kessler, saat bertemu dengan para pemimpin lainnya.

Setelah acara tersebut, Biden bertemu secara terpisah dengan para pemimpin lainnya di New York, lapor VOA News.

“Ratusan pemimpin dunia berkumpul setiap tahun untuk menghadiri Majelis Umum PBB. Ini terjadi pada saat yang penting,” kata Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield.

“Kami memberikan pidato setiap tahun, namun Majelis Umum PBB ini adalah yang paling penting dan menantang. Daftar krisis dan konflik yang memerlukan perhatian dan tindakan tampaknya terus bertambah.”

Gaza jelas berada di urutan teratas dalam daftar.

Posisi AS di sini tidak konsisten dengan anggota majelis lainnya.

Pekan lalu, anggota majelis PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut diakhirinya pendudukan mereka di wilayah Palestina dalam 12 bulan ke depan.

AS adalah salah satu dari 14 negara yang memilih “tidak”, kata Greenfield, hal ini sejalan dengan penolakan Washington terhadap “tindakan sepihak yang akan merusak prospek solusi dua negara.” Gedung Putih mengatakan AS bertekad meredakan ketegangan Israel-Lebanon

Dalam perkembangan lain yang dilaporkan, Biden mengatakan dia bertekad untuk mencapai gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan untuk membendung Hamas.

“Juga berupaya meredakan ketegangan di perbatasan Israel dengan Lebanon,” kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

“Dia tidak menyerah sama sekali,” kata Sullivan dalam wawancara dengan MSNBC.

Dia mengatakan ada tantangan dalam membawa kedua belah pihak mencapai kesepakatan, “tetapi kami bertekad untuk melanjutkannya”.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *