Kominfo: IKN Bisa Jadi Pusat Smart City Baru yang Kompetitif di Tingkat Global

Laporan dari reporter Tribunnews.com Dennis Destriwan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika Septriana Tangkary mengatakan ibu kota negara Indonesia (IKN) bisa menjadi pusat kota pintar baru yang mampu bersaing secara skala. kata

Septriana mengatakan IKN merupakan upaya mempercepat proses pembangunan. Pemerataan dan penguatan potensi daerah lain di Indonesia

Menurut Septriana, berdirinya IKN dapat menjadi katalis tumbuhnya pusat ekonomi baru di Kalimantan dan kawasan Indonesia Timur pada umumnya.

“Pemindahan ibu kota ke kepulauan merupakan upaya untuk menciptakan kawasan baru yang cerdas. Kemampuan bersaing di tingkat global serta menciptakan mesin baru transformasi Indonesia berbasis inovasi dan teknologi serta ekonomi hijau,” kata Septriana, Jumat (23/08/2024).

Septriana menjelaskan IKN didirikan karena ingin menjadi kota yang menghargai integrasi sosial dan modernitas. Dengan mengedepankan perlindungan dan kelestarian alam dan lingkungan hidup.

“Implementasi konsep keberlanjutan di IKN memerlukan kerja sama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mencapai kesamaan visi membangun kota hijau dan inovatif,” kata Septriana.

Hingga Juli 2024, progres pembangunan infrastruktur IKN Blok 1 telah mencapai 86 persen, berdasarkan data yang dihimpun Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara.

Sedangkan hingga Juli 2024, pembangunan Istana Negara dan Kompleks Upacara IKN sudah mencapai 82,73 persen, sedangkan pembangunan Kantor Presiden sudah mencapai 88,54 persen.

Saat ini, lanjut Septriana, acara-acara tersebut diselenggarakan agar masyarakat dapat mengetahui perkembangan perkembangan IKN berdasarkan data.

Septriana menjelaskan Kementerian Komunikasi dan Informatika memimpin empat inisiatif untuk menyebarkan informasi perkembangan IKN. Yang pertama adalah pertemuan para influencer dengan topik Sejauh mana perkembangan IKN.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng influencer media sosial untuk membahas perkembangan IKN. Kegiatan ini berlangsung di beberapa kota di Indonesia. Termasuk Makassar, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara.

Agenda lainnya adalah edukasi tentang IKN dengan menggelar konser musik Voice of Nusantara pada 31 Juli di Anjungan Sarinah Jakarta.

Acara tersebut juga akan menghadirkan narasumber dan generasi muda terkait IKN antara lain pakar terkemuka bidang kerjasama dan industri kreatif dari Kantor IKN Panji Himawan, Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Rima Agristina, anggota Paskibraka 2024 Naila Aulita Alkubra Sinapoy dan Purna-. Paskibraga 2023 Lily Indriani Supratman.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyelenggarakan Bancang Nusantara di Makassar. Sebanyak 43 pemimpin redaksi media nasional dan 6 media lokal hadir dalam acara di venue IKN tersebut, termasuk konferensi pers Menteri Perhubungan dan Penerangan bersama pimpinan instansi pemerintah lainnya.

Septriana menjelaskan, peringatan kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang merupakan momen bersejarah baru. Sebab, digelar di dua tempat berbeda: Istana Negara Ibu Kota Kepulauan (IKN) Kaltim. dan Istana Merdeka di Jakarta

Perayaan 17 Agustus di IKN merupakan peristiwa istimewa karena baru pertama kali terjadi dan sekaligus menandakan peningkatan kesiapan infrastruktur sebagai pusat pemerintahan.

Laporan sementara dari IKN Septriana menyebutkan, akhirnya bisa lancar digunakan untuk perayaan HUT ke-79 RI. Hal itu tak lepas dari dukungan banyak pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *