Stunting Jadi Perhatian Megawati, PDIP Bentuk Forum Kedaulatan Kesehatan dan Dapur Sehat

Laporan jurnalis Tribunnews.com Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) meluncurkan Forum Kedaulatan Kesehatan dan Dapur Sehat untuk Pertumbuhan Stunting (dashat).

Pembentukan forum dan dapur kesehatan merupakan upaya untuk memastikan kedaulatan Indonesia di bidang kesehatan.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Kesehatan Ribka Tjitaning saat rapat koordinasi bidang kesehatan di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (18/07/2024).

“Kami berharap setelah dicanangkannya Forum Kedaulatan Kesehatan, forum ini dapat membawa manfaat bagi banyak orang dan saling melengkapi. Forum ini bukan hanya PDI Perjuangan saja, tetapi juga milik bangsa Indonesia,” kata Ribka.

“Forum Kedaulatan Kesehatan ini merupakan kesempatan untuk berkomunikasi di bidang kesehatan. Mari kita berdaulat di bidang kesehatan agar kesehatan Indonesia tidak diatur oleh negara lain. Kita harus mempunyai kesempatan untuk berdaulat di bidang kesehatan sendiri,” ujarnya dikatakan. ditambahkan.

Sementara penciptaan masakan sehat, kata Rebekah, karena persoalan budidaya menjadi perhatian Ketua Umum PDIP.

“Kalau Badan Penanggulangan Bencana PDIP punya dapur umum, bidang kesehatan sudah membentuk dapur sehat anti pertumbuhan, yang disingkat dashat. Stunting jadi kekhawatiran PDIP. Makanya Bu Megawati angkat bicara selalu berkembang,” imbuhnya. Rebecca.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri turut serta dalam agenda tersebut secara daring. Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hadir langsung bersama Ketua DPP Wiryanti Sukamdani, Wakil Sekjen PDIP Yuke Yurike dan sejumlah anggota DPR RI.

Rebecca mengatakan, persoalan kesehatan sangat sulit. Ini bukan hanya tentang dokter dan petugas kesehatan, tetapi juga masalah hukum di industri kesehatan.

Rebecca mencontohkan obat impor yang mahal.

“Kita masih punya kendala dengan obat-obatan, kita harus mulai mempertimbangkan dan meninggalkan obat-obatan budaya Barat, kita mulai mandiri. Toh, kita sudah puluhan tahun merdeka. Parasetamol masih impor,” kata Mbak, perwakilannya. Ning. nama panggilan.

Menurutnya, perlu adanya edukasi dan kesadaran di bidang kesehatan, misalnya mengenai perawatan pasien dan biaya pengobatan tanpa penjelasan yang memadai. Belum lagi kasus penolakan pasien karena RSUD yang antara lain mendapat anggaran dari negara.

“RSUD dibiayai negara, tapi pasien menolak berobat ke rumah sakit yang mendapat anggaran negara,” kata Rebeka.

Berbagai permasalahan sektor kesehatan tersebut akan dibahas dalam Forum Kedaulatan Kesehatan.

Terkait gagasan pembentukan forum tersebut, Sekjen Hasto Kristiyanto mengatakan hal tersebut mendapat sambutan positif.

“Ide forum ini sangat bagus. Juga untuk menyehatkan masakan. Di bidang kesehatan kita bergerak sendiri,” ujarnya.

Hasto menambahkan, terciptanya forum tersebut adalah tentang kekuatan gagasan, seperti yang diajarkan oleh presiden pertama RI, Soekarno. Juga seberapa besar imajinasi dan tekad untuk melakukan hal tersebut guna memperbaiki permasalahan kesehatan di Indonesia.

Hasto mendorong rakor ini mempertimbangkan aspirasi berbagai bidang kesehatan yang relevan dengan politik partai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *