Jokowi Akui Tak Mudah Membangun Ibu Kota Negara, Salah Satu Tantangannya Memindahkan ASN

Jurnalis Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, IKN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan membangun ibu kota negara sebesar Indonesia bukanlah perkara mudah. 

Pengumuman tersebut disampaikan Jokowi pada Rabu (25/9/2024) saat peletakan batu pertama Hotel d’prima di Ibu Kota Kepulauan (ICN) Kalimantan Timur.

“Membangun rumah itu sangat sulit, bukan sekedar membangun ibu kota negara yang besar seperti Indonesia. Itu bukan hal yang mudah, bukan tugas yang mudah,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku banyak kesulitan dan kendala yang dihadapinya dalam membangun Ibukota Kepulauan (ACC). 

Menurut Jokowi, salah satunya dimutasi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).  Presiden Jokowi pada acara peletakan batu pertama Hotel dprima di ibu kota nusantara (ICN), Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024). (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Perpindahan ASN ke IKN memerlukan perhitungan yang matang, begitu pula dengan persiapan infrastruktur.

“Kita mau mutasi PNS kita, ASN kita, kita semua harus hitung-hitungan. Anaknya tidur dimana, anak sekolah dimana, kalau sakit, rumah sakitnya siap atau tidak, Sabtu dan Sabtu Minggu. , di mana sebaiknya anak-anak bermain di akhir pekan,” ujarnya

Oleh karena itu, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya membangun ekosistem di bidang TIK. 

Dengan demikian, kehidupan di ICN dapat berjalan seperti di ibu kota negara lainnya.

“Ini ekosistem yang ingin kita bangun agar bisa berfungsi dalam kehidupan sehari-hari seperti ibu kota negara lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Presiden menilai peluang kerja di ICN sangat terbuka. 

Apalagi setelah dibukanya Bandara Nusantara di IKN, pembangunannya akan selesai Desember mendatang.

“Saya coba sendiri, meski belum maksimal, akhir Desember akan selesai, saya melihat prospek perekonomian di ibu kota nusantara ini sangat cerah,” ujarnya. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *